Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya akan berlaku bagi perusahaan yang lebih suka mengutamakan penerbitkan surat hutang dibandingkan mengeluarkan saham. Pembayaran bunga dan amortisasi menjadi keharusan apabila perusahaan memutuskan menggunakan dana milik pihak ketiga.

Contoh soal investasi obligasi dan jawabannya berlaku ketika perusahaan telah menerbitkan obligasi sehingga pembayaran bunga dan amortisasi harus dilakukan setiap periodenya. Penjualan obligasi dan penebusan obligasi menjadi persyaratan yang harus dipertimbangkan ketika perusahaan memerlukan dana untuk membiaya operasionalnya.

Contoh soal penjualan obligasi dan penebusan obligasi menjadi hal yang wajar dalam siklus sumber daya perusahaan. Pengertian obligasi menurut para ahli dan pertimbangan mengapa perusahaan menerbitkan surat hutang daripada penerbitan saham baru tentunya menjadi keharusan agar laba tahun berjalan dapat maksimal.

Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya


Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan dalam rangka memperoleh sumber daya modal baru untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan. Penerbitan obligasi tidak akan mengubah presentase modal di perusahaan bahkan dapat meningkatkan laba per lembar saham apabila perusahaan mendapatkan keuntungan tahun berjalan.

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah perjanjian antara perusahaan dengan pihak pemberi pinjaman tentang biaya bunga dan nilai nominal yang akan diberikan sebagai hutang jangka panjang. Perusahaan diwajibkan menyetorkan sejumlah uang selama beberapa periode untuk melunasi obligasi jangka panjang yang telah diterbitkan tersebut

Definisi obligasi menurut para ahli tidak terlepas dari nilai nominal obligasi, tanggal tahun tempo, bunga obligasi dan tanggal bunga berjalan yang telah diberlakukan. Obligasi diterbitkan dengan melakukan pencetakan dan penandatanganan perjanjian antara perusahaan dengan trustee atau wali amanat di bursa saham.

Baca Juga: Pengertian Liabilitas Jangka Panjang dan Liabilitas Jangka Pendek Menurut Para Ahli

Penjualan Obligasi Dengan Diskonto

Penjualan obligasi dengan diskonto adalah perusahaan yang menerbitkan obligasi telah menjualnya dengan tingkat bunga lebih rendah daripada tingkat bunga pasar yang berlaku. Oleh sebab itu, biasanya investor hanya akan membelinya dengan harga lebih rendah daripada nilai nominal obligasi tersebut.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya dapat menimbulkan selisih antara nilai nominal dengan harga jual yang lebih rendah daripada nilai nominal tersebut. Agar investor mau membeli obligasi, maka perusahaan harus menjual obligasi lebih rendah daripada nilai nominalnya.

Contoh soal obligasi jangka panjang tentunya melibatkan penjualan obligasi dengan diskonto. Seperti PT Rafinternet telah menjual obligasi sebesar Rp 95.000.000 dengan nilai diskonto sebesar Rp 5.000.000. Buatlah jurnal untuk mencatat penjualan obligasi dengan diskonto?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 Agustus 2020Kas Rp 90.000.000
Diskonto Obligasi Rp 5.000.000
Hutang Obligasi Rp 95.000.000

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Peristiwa Setelah Tanggal Neraca

Contoh Soal Amortisasi Diskonto Obligasi

Contoh soal obligasi akuntansi pengantar tidak terlepas dari penjualan obligasi dengan diskonto. Hal ini akan menimbulkan persoalan karena kas akan diterima lebih rendah daripada nilai nominal obligasi. Oleh sebab itu, perusahaan akan melakukan amortisasi untuk menanggung beban pemberian harga yang lebih rendah tersebut.

Contoh soal penebusan obligasi dan penjualan obligasi berlaku untuk setiap surat hutang yang telah diterbitkan oleh perusahaan. Agar menjamin bahwa perusahaan dapat melunasi hutangnya, maka perusahaan dapat meminta bantuan trustee atau wali amanat untuk mendistribusikan obligasi yang telah diterbitkan

Contoh soal amortisasi diskonto obligasi terjadi pada PT Rafinternet yang harus membayar bunga obligasi dan melakukan amortisasi obligasi selama 5 tahun. Perjanjian obligasi mensyaratkan bahwa perusahaan dapat melakukan pembayaran bunga selama 6 bulan. Buatlah jurnal penyesuaian pembayaran bunga obligasi?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 Agustus 2020Beban Bunga Rp 1.583.333
Diskonto Obligasi Rp 83.333
Kas Rp 1.500.000

Baca Juga: Pengertian Efisien, Efektif dan Ekonomis Dalam Manajemen Keuangan

Demikian contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya semoga dapat membantu menentukan jenis hutang jangka panjang yang harus dibayarkan lebih dari satu tahun.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel