Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa akan terjadi ketika perusahaan akan menerbitkan saham. Modal disetor dan modal dasar harus ditentukan pada akta pendirian sehingga ketika modal dasar lebih besar daripada modal disetor diharuskan memperbarui akta pendirian perusahaan.

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham akan mengakibatkan perusahaan mendapatkan keuntungan yang diakui sebagai agio saham. Disagio saham adalah kerugian yang berasal dari penjualan saham dibawah nilai pari. Pembagian dividen saham dan dividen tunai menjadi tujuan dari pembeli saham.

Jurnal penerbitan saham biasa dan saham preferen tentunya terjadi ketika perusahaan mencatat transaksi penjualan saham baik pesanan ataupun melalui lembaga penjamin. Metode pencatatan pembelian saham adalah metode proporsional dan metode inkremental. Jurnal pemesanan saham diperbolehkan sebab investor membeli saham langsung dari perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa


Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pencatatan Penerbitan Saham

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham akan berkaitan dengan proses pembelian saham dari lembaga penjamin atau underwriter sampai ke para investor. Modal dasar adalah jumlah maksimal modal yang dapat disetorkan ke perusahaan sesuai dengan akta pendirian.

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham seharusnya memakai jasa underwriter untuk mengatasi adanya kerugian ketika perusahaan tidak mampu menjual saham di pasar bursa. Penjualan saham diatas nilai pari akan mengakibatkan perusahaan memperoleh keuntungan yang disebut agio saham.

Contoh soal pencatatan penerbitan saham preferen dan saham biasa akan mengakibatkan adanya hak suara dalam memilih anggota dewan komisaris. Pembagian dividen tunai dan dividen saham harus memperoleh ijin dari dewan komisaris agar proses pendistribusian laba ditahan perusahaan dapat berjalan maksimal.

Baca Juga: Contoh Soal Wesel Berbunga dan Wesel Tanpa Bunga

Contoh Soal Dividen Saham dan Jawabannya

Contoh soal dividen saham dan jawabannya menjadi hasil dari investasi yang dilakukan di perusahaan. Penerbitan saham akan dimulai dengan pembelian saham oleh bank kepada perusahaan yang diteruskan ke para investor. Pesanan saham akan mengakibatkan perusahaan tidak mendapatkan keuntungan dan kerugian sebab biasanya akan disesuaikan dengan nilai pari saham.

Contoh soal dividen saham dan dividen tunai menjadikan pengakuan adanya jumlah modal yang ada diperusahaan. Pembagian dividen tunai akan mengakibatkan jumlah modal diperusahaan berkurang. Pembagian dividen saham tidak akan mengakibatkan jumlah modal berkurang dan tidak akan meningkatkan jumlah liabilitas jangka pendek.

Contoh soal saham preferen manajemen keuangan akan mengakui adanya pesanan saham oleh investor langsung ke perusahaan tanpa melalui lembaga penjamin. Saham treasury dalam laporan keuangan akan diakui sebagai ekuitas dan bukan sebagai aset perusahaan.

Baca Juga: Penjualan Obligasi Dengan Diskonto dan Premium

Contoh Soal Modal Saham dan Laba Ditahan Perusahaan

Contoh soal modal saham dan laba ditahan perusahaan akan mengakibatkan adanya keuntungan yang harus dibagikan kepada para pemegang saham. Penerbitan saham dalam akuntansi berguna untuk menambah jumlah modal perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari.

Contoh soal modal saham dan laba ditahan akan mengakibatkan perusahaan harus membagikan dividen tunai, dividen saham dan dividen properti sebagai imbal balik atas modal dipinjamkan. Modal disetor tidak boleh melebihi modal dasar kecuali perusahaan melakukan perubahan akta pendirian.

Jurnal penerbitan saham preferen dan saham biasa akan terjadi pada PT Rafinternet yang mengeluarkan saham biasa senilai Rp 80.000.000 yang dijual dengan harga Rp 150.000.000. Penjualan saham preferen dengan nilai par sebesar Rp 5.000 sebanyak 300 dengan kurs 110. Buatlah jurnal pembelian saham oleh investor?

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/11/2020Kas Rp 151.650.000
Saham Biasa Rp 80.000.000
Agio Saham Biasa Rp 70.000.000
Saham Preferen Rp 1.500.000
Agio Saham Preferen Rp 150.000

Demikian contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa semoga dapat membantu mengatasi modal saham dan laba ditahan di perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel