Contoh Soal Saham Treasuri Dalam Laporan Posisi Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal saham treasuri dalam laporan posisi keuangan akan memberikan informasi tentang pembelian saham-saham yang sudah beredar oleh perusahaan. Perbedaan saham treasuri dan saham biasa adalah mekanisme jualbeli saham dengan nilai nominal yang berbeda. Saham diperoleh kembali dikategorikan sebagai ekuitas dan bukannya aktiva tetap perusahaan.

Contoh soal dan jawaban tentang pencatatan penerbitan saham akan menjadikan perusahaan yang telah membeli saham kembali mendapatkan hak suara bahkan pembagian dividen. Saham treasuri dalam laporan posisi keuangan tidak akan diakui sebagai aset melainkan diakui sebagai ekuitas perusahaan.

Perbedaan saham treasuri dan saham biasa hendaknya dikurangkan dari ekuitas normal perusahaan. Keuntungan dan kerugian sebagai akibat pembelian kembali saham tidak diakui sebagai komponen laba rugi sehingga harus diungkapkan secara terpisah dalam catatan atas laporan keuangan.

Contoh Soal Saham Treasuri Dalam Laporan Posisi Keuangan


Mengapa Perusahaan Membeli Kembali Saham Yang Beredar

Mengapa perusahaan membeli kembali saham yang beredar berkaitan dengan upaya meningkatkan laba per lembar saham (earning per share). Treasury stock adalah saham yang telah diterbitkan oleh perusahaan yang dimasa depan dibeli kembali dengan nilai nominal yang berbeda.

Alasan perusahaan melakukan treasury stock adalah mempengaruhi harga pasar agar permintaan saham meningkat. Keuntungan melakukan treasury stock adalah kepemilikan saham treasuri tidak akan memberikan hak suara pemegang saham dan dapat dijadikan sebagai pengurangan jumlah modal pemilik perusahaan.

Keunggulan dari pembelian kembali saham adalah akan meningkatkan jumlah permintaan saham di pasar bursa. Manfaat treasury stock bagi perusahaan yaitu mengurangi jumlah pemegang saham minoritas sehingga didapatkan pemegang saham yang berperan dalam kegiatan operasional di perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pencatatan Penerbitan Saham

Manfaat Treasury Stock Bagi Perusahaan

Manfaat treasury stock bagi perusahaan adalah meningkatkan permintaan saham sebab terjadinya pengurangan jumlah saham yang beredar. Keuntungan dan kerugian sebagai akibat dari adanya penjualan dan pembelian saham treasury tidak diperkenankan diakui sebagai laba rugi tahun berjalan.

Manfaat treasury stock bagi perusahaan adalah menggagalkan upaya melakukan pengambilalihan perusahaan karena penjualan saham yang lebih besar di pasar modal. Contoh soal kasus saham treasuri akan menjadikan para pemilik saham tidak dapat memberikan hak-hak ketika adanya rapat umum pemegang saham.

Manfaat treasuri stock bagi perusahaan adalah agar perusahaan dapat membagikan saham perusahaan sebagai imbal balik atas jasa karyawan. Keunggulan dari pembelian kembali saham adalah harga yang ditawarkan pada saham tersebut dapat dibawah nilai nominal saham yng diterbitkan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Contoh Soal Kasus Saham Treasuri

Contoh soal kasus saham treasuri tentunya tidak dapat mengakui adanya selisih keuntungan dan kerugian sebab adanya penjualan saham tersebut. Alasan perusahaan melakukan treasury stock harus dipertanyakan sebab menjadi indikasi adanya monopoli kepemilikan modal dalam suatu perusahaan.

Contoh soal saham treasuri dalam laporan posisi keuangan terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki jumlah saham beredar sebanyak 5.000 seharga @500. Apabila tanggal 3 januari 2020, PT Rafinternet melakukan reakusisi saham sebanyak 500 lembar dengan harga pasar @600. Buatlah jurnal pembalian kembali saham?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/01/2020Saham Treasuri Rp 300.000
Kas Rp 300.000

Agar contoh soal penjualan kembali saham treasuri dapat dilakukan, maka pada tanggal 4 februari 2020 PT Rafinternet menjual kembali treasury stock sebanyak 200 lembar dengan harga Rp 1.000. Jurnal penjualan kembali saham treasury adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/02/2020Kas Rp 200.000
Saham Treasuri Rp 120.000
Agio Saham Treasuri Rp 80.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Obligasi dengan Diskonto dan Premium

Demikian contoh soal saham treasuri dalam laporan posisi keuangan, semoga manfaat treasury stock bagi perusahaan dapat dirasakan terutama keuntungan dan keunggulan melakukan pembelian kembali saham bagi perusahaan besar. 

0 Response to "Contoh Soal Saham Treasuri Dalam Laporan Posisi Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel