Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas Kecil dan Rekening Giro

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit kas kecil dan rekening giro menjadi metode pembayaran yang biasanya digunakan perusahaan untuk membayar tagihan bahkan pembelian perlengkapan perusahaan. Kertas kerja pemeriksaan kas dapat menggunakan tickmark sebagai supporting schedule dan top schedule.

Contoh soal audit atas saldo kas kecil dan rekonsiliasi bank menjadi keharuskan untuk mengetahui ada dan tidaknya salah saji dalam laporan keuangan. Praktikum audit kas dan setara kas menjadi materi pengauditan 1 yang diberikan oleh dosen karena mengingat bahwa terdapat risiko bawaan kas.

Pertanyaan tentang kas dan setara kas biasanya berupa kasus audit. Contoh soal kasus pemeriksaan kas dan setara kas akan memberikan informasi tentang jumlah kas kecil bahkan transfer bank yang dilakukan mendekati tanggal pelaporan keuangan guna melakukan manajemen laba.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas Kecil dan Rekening Giro


Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas Kecil

Contoh soal dan jawaban audit kas kecil tentunya harus mengevaluasi pengendalian internal perusahaan. Manajemen perusahaan yang menggunakan metode fluktuasi daripada metode imprest akan mengakibatkan indikasi kecurangan dan penyelewengan uang perusahaan ke rekening pribadi.

Contoh soal dan jawaban audit kas kecil terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki kas kecil sebesar Rp 7.980.000 yang dilaporkan dalam catatan atas laporan keuangan. Auditor telah melakukan pemeriksaan terhadap kasir kas kecil untuk menghitung jumlah kas yang terdapat disana.

Contoh soal audit kas kecil harus membandingkan antara jumlah kas kecil yang dipegang oleh kasir dengan kas kecil yang ada dilaporan keuangan. Apabila audit work paper menghasilkan informasi pemeriksaan kas kecil sebagai berikut.

KeteranganNominalJumlahTotal
Uang recehRp100870Rp87.000
Rp200480Rp96.000
Rp500400Rp200.000
Uang KertasRp5.00054Rp270.000
Rp10.00010Rp100.000
Rp20.00030Rp600.000
Rp50.00021Rp1.050.000
Rp100.00028Rp2.800.000
Total Kas OpnameRp5.203.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Audit Piutang Dagang

Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh soal kasus pemeriksaan kas dan setara kas tentunya diperlukan karena pengendalian internal perusahaan cukup baik. Mengapa penyelewengan dan kecurangan penggunaan kas dan setara kas sering terjadi karena kas memiliki risiko bawaan dimana setiap orang yang menggunakan kas dapat dengan mudah membelanjakannya.

Contoh kasus pemeriksaan kas dan setara kas seharusnya membandingkan antara jumlah kas yang dilaporkan dalam laporan keuangan dengan kas opname yang dilakukan auditor. Maka didapatkan hasil Rp 5.203.000 - Rp 7.980.000 sehingga adanya selisih kas yang menjadi beban sebesar Rp 2.777.000.

Contoh soal dan jawaban kasus pemeriksaan kas dan setara kas mengharuskan auditor memberikan audit adjusment karena tingkat materialitas sesuai dengan audit plan yang dibuat. Jurnal pemeriksaan kas dan setara kas harus diberikan kepada klien sebagai bentuk pemeriksaan akuntan publik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengevaluasi Pengendalian Internal Perusahaan Klien

Jurnal Audit Adjusment Kas dan Setara Kas

Jurnal audit adjusment kas dan setara kas adalah jurnal penyesuaian yang dibuatkan oleh auditor sebagai temuan audit yang dilakukannya. Audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik seharusnya dapat membantu membuat laporan audit independen sehingga opini audit laporan keuangan tidak salah diberikan.

Jurnal audit adjusment kas dan setara kas akan memberikan informasi tentang koreksi kesalahan yang dilakukan akuntan manajemen. Contoh studi kasus kas dan setara kas menjadikan tujuan dan prosedur pemeriksaan semakin mudah dilakukan.

Jurnal pemeriksaan kas dan setara kas dapat diusulkan oleh akuntan publik berikut ini.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020beban lain-lainRp2.777.000
Kas KecilRp2.777.000

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Audit Plan

Demikian contoh soal dan jawaban audit kas kecil dan rekening giro semoga dapat membantu menyusun prosedur audit dan perencanaan audit ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas Kecil dan Rekening Giro"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel