Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas menjadi pemeriksaan akuntan publik yang memiliki risiko bawaan. Pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas akan mengindikasikan pembuatan kertas kerja pemeriksaan dan pengendalian internal yang berlaku di perusahaan tersebut.

Pengendalian internal kas dan setara kas menjadi faktor penentu untuk memenuhi prosedur pemeriksaan dan tujuan audit internal perusahaan. Kasus pemeriksaan kas dan setara kas menjadi hal yang rumit sebab adanya risiko bawaan dan kas menjadi transaksi yang setiap hari berjalan di perusahaan.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas seharusnya dapat memperkecil risiko pengendalian terhadap kecurangan dan penyelewengan. Praktikum audit kas dan setara kas baik dilakukan sebelum melakukan pengujian terhadap item laporan keuangan lainnya.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas


Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas memungkinkan akuntan publik mendokumentasikan bukti audit yang diperolehnya. Praktikum audit kas dan setara kas dapat berbentuk soal rekonsiliasi bank atau pertukaran mata uang asing yang menimbulkan selisih laba atau rugi.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas terjadi ketika akuntan publik membuat audit tickmark. Pertanyaan tentang audit kas dan setara kas dapat dilakukan agar proses compliance test and substantive test dapat digunakan sebagai bahan perencaan audit.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas menjadi materi praktikum audit sebab calon akuntan harus mampu mendeteksi adanya sistem pengendalian internal yang buruk bahkan mengatasi pengendalian internal yang jelek di perusahaannya sendiri.

Baca Juga: Hubungan Antara Compliance Test dan Substantive Test

Pertanyaan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Pertanyaan pemeriksaan kas dan setara kas biasanya berkiatan dengan pengendalian internal untuk memastikan bahwa transaksi benar-benar terjadi, transaksi sudah dicatat bahkan transaksi didukung oleh bukti audit yang cukup.

Pertanyaan pemeriksaan kas dan setara kas akan memungkinkan calon auditor tau tanggungjawab audit terhadap kas dan setara kas cukup mengandung risiko. Risiko bawaan adalah risiko yang alami dari sifat akun laporan keuangan seperti uang dan surat-surat berharga milik perusahaan.

Pertanyaan pemeriksaan setara kas dan kas berkaitan prosedur pemeriksaan dimana auditor harus memahami dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan. Penerimaan dan pengeluaran kas di perusahaan harus membutuhkan internal control agar tidak terjadi penyelewengan penggunaan dana.

Baca Juga: Cara Membatalkan Faktur Pajak Masukan dan Keluaran Yang Sudah Di Upload

Contoh Kasus Audit Kas dan Setara Kas

Contoh kasus audit kas dan setara kas akan memberikan pengalaman bagi auditor untuk memahami bisnis dan lingkungan bisnis klien. Pemeriksaan kas dan setara kas perlu dilakukan karena adanya risiko bawaan dan transaksi berulang-ulang setiap harinya.

Contoh kasus audit kas dan setara kas terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki kas dalam bentuk mata uang asing sebesar $800 dengan nilai beli Rp 14.300 dan nilai jual Rp 16.500. Apabila laporan keuangan perusahaan menunjukan nilai kas valuta asing sebesar Rp 10.000.000, maka buatlah audit adjustment atas transaksi tersebut.

Contoh kasus audit kas dan setara kas menjadikan pertanyaan pengendalian internal yang kurang baik atas setara kas. Maka, cara membuat audit adjustment kas dan setara kas dilakukan dengan melihat nilai sesungguhnya ya.

Kas yang Diakui   KlienRp10.000.000
Kas yang SebenarnyaRp12.320.000
Laba Yang Harus DiakuiRp2.320.000

Jurnal audit adjustment yang harus dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020KasRp2.320.000
Laba Selisih KursRp2.320.000

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Perusahaan Klien oleh Auditor

Demikian contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas semoga dapat memahami pengertian kas dan pertanyaan kasus praktikum audit setara kas dan kas ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel