Audit Plan: Pengertian, Contoh Soal dan Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan

Konten [Tampil]

Audit plan sebagai dasar perencaan pemeriksaan yang dibuat akuntan publik. Pengertian, pertanyaan tentang perencaan pemeriksaan dan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat audit plan sebaiknya dijadikan sebagai contoh soal audit plan dan audit program dalam satu kasus.

Contoh soal penerimaan perikatan dan perencanaan audit memungkinkan auditor diberikan jumla dan tipe bukti audit. Audit plan adalah penerapan strategi pemeriksaan audit yang dilakukan oleh akuntan publik dalam bentuk penyelesaian masalah yang potensial terjadi secara tepat waktu.

Perbedaan audit plan dan audit program akan membuat auditor dapat menilai kualitas pengendalian internal perusahaan klien. Pertanyaan tentang audit plan biasanya berkiatan dengan penetapan tingkat risiko minimal terhadap tujuan audit terhadap laporan keuangan yang harus disesuaikan.

Audit Plan: Pengertian, Contoh Soal dan Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan


Isi Pokok Audit Program

Isi pokok audit program berkaitan dengan hal-hal tentang klien dan yang mempengaruhi klien beserta rencana yang digunakannya. Akuntan publik seharusnya penerapkan strategi audit yang dapat mengatur ruang lingkup pemeriksaan beserta waktu yang tepat untuk melaksanakan pemeriksaan pos laporan keuangan.

Isi pokok audit program berkaitan dengan jumlah dan tipe bukti audit yang digunakannya. Bukti audit akan berguna sebagai dasar untuk memberikan keyakinan tentang ada dan tidak adanya salah saji material dalam laporan keuangan.

Isi pokok audit program terdiri dari informasi tentang perusahaan klien seperti status hukum perusahaan dan kebijakan akuntansi, peraturan pemerintah akan membuat audit mengubah rencana pemeriksaan yang telah ditetapkan. Berikut ini dari audit plan sebagai berikut.

  1. Stuffing
  2. Waktu pemeriksaan
  3. Jenis jasa yang diberikan
  4. Bantuan dari klien

Perbedaan Audit Plan dan Audit Program

Perbedaan audit plan dan audit program berkaitan dengan waktu adalah audit plan disusun sebelum audit program dijalankan. Audit program menjadi prosedur audit yang digunakan untuk memeriksa laporan keuangan berdasarkan contoh soal perencanaan pemeriksaan.

Contoh soal audit plan dan audit program dalam satu kasus dapat terjadi karena audit program akan mencantumkan tujuan pemeriksaan dan prosedur yang dilakukan guna menghasilan laporan keuangan. Mengapa auditor membutuhkan pemahaman mengenai bisnis klien tentunya untuk memenuhi standar audit yang berlaku.

Perbedaan audit plan dan audit program akan membantu auditor dalam memberikan instruksi kepada asisten tentang pekerjaan dan tanggungjawab yang akan dilakukan. Kertas kerja pemeriksaan tahun sebelumnya akan memberikan informasi tentang struktur organisasi dan pos laporan keuangan yang terindikasi bertambah atau berkurang.

Baca Juga: Contoh Akibat Jeleknya Pengendalian Internal Perusahaan

Mengapa Auditor Membutuhkan Pemahaman Atas Industri Klien

Mengapa auditor membutuhkan pemahaman atas industri klien berkaitan dengan proses identifikasi dan penilaian terhadap data akuntansi yang diolah dan disimpan klien. Penilaian kewajaran pos laporan keuangan akan membuat pengalaman auditor bertambah karena memiliki informasi tentang satuan usaha klien.

Mengapa auditor membutuhkan pemahaman atas industri klien berkaitan dengan kertas kerja pemeriksaan yang dibuat. Contoh soal penerimaan perikatan dan perencanaan audit digunakan sebagai pertimbangan tentang kesesuaian dengan standar akuntansi yang berlaku.

Mengapa auditor membutuhkan pemahaman atas industri klien karena akuntan publik tidak diperkenankan untuk memilih klien dengan sembarangan. Adanya kemungkinan audit failure, audit risk dan business failure akan menyebabkan kegagalan perencanaan audit yang disusun.

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Perusahaan Klien oleh Auditor

Demikianlah pengertian audit plan, contoh soal audit plan dan audit program dalam satu kasus bahkan hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum menyusun perencaan audit.

0 Response to "Audit Plan: Pengertian, Contoh Soal dan Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel