Bagaimana Cara Mengevaluasi Pengendalian Internal Klien Oleh Auditor

Konten [Tampil]

Bagaimana melakukan pengendalian internal dan evaluasi pengendalian internal berkaitan dengan proses dokumentasi bukti audit yang diperoleh auditor dalam memberikan opini audit laporan keuangan. Memahami dan mengevaluasi pengendalian internal klien menjadi faktor penting sebab auditor akan menentukan prosedur auditnya.

Mengapa seorang auditor harus memahami pengendalian internal klien berkaitan dengan pengujian yang akan dilakukan. Auditor akan melakukan compliance test untuk menguji dan evaluasi internal control.

Bagaimana cara auditor untuk menilai dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan klien berkaitan dengan proses dokumentasi terhadap prosedur audit yang dibutuhkan. Materi evaluasi sistem pengendalian internal menjadi pilihan bagi auditor dengan menggunakan internal control questionnaires, flow chart dan narrative.

Bagaimana Cara Mengevaluasi Pengendalian Internal Klien Oleh Auditor


Pengertian Evaluasi Pengendalian Internal

Pengertian evaluasi pengendalian internal merupakan tindakan auditor untuk memeriksa apakah sistem pengendalian internal klien berjalan sesuai dengan standar audit. Dokumentasi pengendalian internal perusahaan klien dapat diwujudkan dalam bentuk bagan alir, kuesioner dan tabel keputusan.

Pengertian evaluasi pengendalian internal adalah tindakan akuntan publik menilai sistem pengendalian internal yang telah disusun perusahaan guna memastikan apakah sesuai dengan komponen pengendalian internal coso atau iapi.

Pengertian evaluasi pengendalian internal berguna bagi keamanan aset perusahaan yang menyebabkan dipercayainya laporan keuangan serta dapat mempercepat proses pemeriksaan akuntan publik. Materi evaluasi sistem pengendalian internal berlangsung dengan memperhatikan jenis opini yang telah diberikan oleh akuntan publik.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Terhadap Induk dan Anak Perusahaan

Bagaimana Melakukan Pengendalian Internal dan Evaluasi Internal Control

Bagaimana melakukan pengendalian internal dan evaluasi pengendalian perlu dilakukan auditor guna menentukan prosedur audit dan perencanaan audit yang akan dilakukan. Tanggungjawab auditor dalam mendapatkan pemahaman pengendalian internal klien diharuskan sebelum perencanaan audit.

Mengapa auditor perlu memahami stuktur pengendalian internal klien tentunya akan menentukan kemungkinan kecurangan yang dapat terjadi serta dapat menentukan fee yang dikenakan atas jasa auditnya. Makalah pemahaman pengendalian intern perlu diketahui agar seorang auditor terhindar dari audit risk.

Kenapa auditor dipandang perlu memahami bisnis dan pengendalian intern kliennya sebab untuk menghindari adanya kesalahan dalam memberikan opini. Aktivitas pengendalian intern yang harus dipahami auditor dalam spi klien berhubungan dengan keamanan aset perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Dual Dating Laporan Audit Independen

Mengapa Auditor Perlu Memahami Struktur Pengendalian Intern Klien

Mengapa auditor perlu memahami struktur pengendalian intern klien berkaitan dengan fee yang dibebankan oleh auditor serta jangka waktu pemeriksaan akuntan publik. Komponen pengendalian internal coso harus selalu digunakan untuk evaluasi internal control perusahaan.

Memahami dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu

Internal Control Questionnaires

Internal control questionnaires menjadi metode evaluasi pengendalian internal perusahaan yang dilakukan auditor. KAP yang menggunakan ICQ hanya meminta klien menjawab apakah sistem pengendalian internalnya sudah berjalan atau belum.

Flow Chart

Flow chart adalah aliran dokumen yang berasal dari satu devisi ke devisi lain seperti sistem pembelian, sistem penjualan, sistem pengeluaran kas. Auditor menggunakan flow chart sebagai metode untuk mempercepat evaluasi internal control perusahaan dengan melihat kelemahan dan kelebihan spi klien.

Narrative

Narrative adalah tindakan klien menceritakan sistem pengendalian internal yang berjalan diperusahaannya. Auditor jarang menggunakan metode evaluasi internal kontrol klien ini sebab adanya indikasi kecurangan yang mungkin disembunyikan.

Baca Juga: Contoh Kasus Asersi Dalam Laporan Keuangan

Demikianlah bagaimana cara mengevaluasi pengendalian internal klien oleh auditor semoga dapat memahami mengapa auditor harus memahami bisnis klien dan spi yang dijalankan.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengevaluasi Pengendalian Internal Klien Oleh Auditor"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel