✓ Struktur Berita dan Jenis-Jenis Berita

Konten [Tampil]
Struktur Berita dan Jenis-Jenis Berita merupakan hal yang harus diperhatikan ketika menyusun berita, Nah rafinternet.com akan memberikan informasi mengenai Jenis-Jenis berita dan Struktur Berita.

Baca PENGERTIAN BERITA.

Struktur berita dan jenis berita

Struktur Berita.

Secara umum, struktur berita akan ada dalam setiap bagian berita. Adapun struktur berita adalah sebagai berikut;

  • Headline, biasanya lebih dikenal dengan istilah judul berita yang berguna sebagai informasi awal mengenai peristiwa yang akan diberitakan.
  • Deadline, merupakan tempat yang digunakan untuk menjelaskan nama media dan tempat serta tanggal peristiwa yang diberitakan.
  • Lead, sering dikenal dengan istilah teras berita, merupakan intisari dari sebuah berita yang akan diberitakan.
  • Body, lebih dikenali dengan badan berita atau isi berita yang menjelaskan peristiwa yang sedang berlaku.

Jenis-Jenis Berita.

Berdasarkan Struktur Berita, maka Jenis-Jenis Berita dalam jurnalistik dapat dibagi menjadi beberapa jenis berita yakni.
  • Straight News.
Pengertian Berita Langsung atau sering disebut Straight News adalah sebuah berita yang ditulis secara singkat dan lugas. Pada umumnya halaman depan surat kabar menggunakan beberapa berita langsung.

Jenis berita langsung itu ada beberapa yakni
  1. Soft News, adalah berita yang berisi informasi pendukung dan nilainya ada dibawah dari hard news.
  2. Hard News, adalah berita yang berisi informasi tentang hal-hal yang secara tiba-tiba. Atau dengan kata lain informasi yang sangat penting untuk disampaikan kepada khalayak banyak dengan segera.
  • Depth News.
Pengertian berita mendalam atau Depth News adalah sebuah berita yang mengalami perkembangan dalam informasi dasar sehingga anda dituntut untuk dapat memahami dan mendalaminya.
  • Investigation News
Berita Investigasi adalah sebuah berita yang mengalami pengembangan berdasarkan pada hasil penyelidikan atau penelitian dari berbagai sumber berita dan data yang disediakan.
  • Interpretative News.
Berita interpretative adalah sebuah berita yang disertai dengan penelitian dan pendapat dari para penulis atau reporternya.
  • Opinion News.
Berita opini adalah berita yang menyampaikan informasi mengenai pendapat seseorang mengenai sebuah hal. Pada umumnya, pendapat tersebut berasal dari ahli, cendekiawan dan pejabat 

Baca juga Pengertian Spam.

Nah Struktur Berita dan Jenis-Jenis berita telah saya sampaikan ya. 

0 Response to "✓ Struktur Berita dan Jenis-Jenis Berita"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel