2 Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas perusahaan manufaktur merupakan aktivitas pemeriksaan terhadap saldo kas kecil, rekening koran dan perbankan perusahaan. Internal control kas bertujuan agar perusahaan dapat memprioritaskan pelaksanaan pemakaian dana perusahaan selama satu periode.

Contoh kasus audit pemeriksaan kas dan rekening koran bank dapat diselenggarakan setelah seluruh dokumen pemeriksaan siap diberikan. Dokumen yang harus dipersiapkan untuk memeriksa kas adalah seluruh kegiatan perusahaan untuk mengevaluasi kegiatan bisnis selama satu periode akuntansi yang telah berjalan.

Kertas kerja pemeriksaan kas ditujukan bagi departemen yang berkaitan dengan pemakaian dana jangka pendek dan jangka panjang. Setoran modal pemegang saham dilaksanakan setiap kali aktivitas bisnis terjadi. Perusahaan manufaktur, dagang dan jasa perlu membuktikan adanya transaksi keuangan yang terjadi.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas Perusahaan Manufaktur

Pertanyaan dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Pertanyaan dan jawaban audit kas dan setara kas terdiri dari tujuan pemeriksaan dan prosedur pemeriksaan. Pengertian kas menurut para ahli adalah alat pembayaran tagihan yang sah dan bebas dipergunakan untuk melunasi invoice dari supplier dan berguna membiayai aktivitas normal perusahaan.

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas perusahaan manufaktur, jasa dan dagang dapat dilaksanakan untuk mempublikasikan laporan keuangan. Setiap perusahaan bertujuan agar dapat meningkatkan aktiva atau mengurangi liabilitas sehingga laba ditahan dapat dikumpulkan setiap periodenya.

Pertanyaan dan jawaban audit kas dan setara kas memerlukan bantuan informasi perihal metode pembayaran. Kas merupakan aset perusahaan yang memiliki risiko pengendalian dan risiko diselewengkan paling banyak. Kas merupakan jantung perusahaan untuk membiayai operasional entitas.

Baca Juga: Tujuan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas perusahaan manufaktur merupakan langkah perusahaan memeriksa kebenaran saldo cerukan bank dan setara kas. Karakteristik setara kas adalah aset yang dapat dikonversikan dengan segera menjadi tujuan perusahaan ketika membiayai aktivitas produksinya.

Contoh kasus audit kas dan setara kas dapat menjadi pedoman perusahaan ketika menjalankan aktivitas bisnis. Tujuan pemeriksaan kas adalah menilai keterjadian, kelengkapan, keakuratan dan ketepatan waktu pencatatan transaksi sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku di indonesia.

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas terjadi ketika KAP ABC memperoleh informasi perihal saldo kas kecil akhir periode di PT Rafinternet sebesar Rp 9.000.000. Hasil pemeriksaan lapangan dengan menjalankan prosedur cash opname dan dilaksanakan dengan kasir perusahaan adalah

Nominal Jumlah Subtotal
Rp100 10 Rp1.000
Rp200 97 Rp19.400
Rp500 6 Rp3.000
Rp1.000 26 Rp26.000
Rp2.000 68 Rp 136.000
Rp5.000 11 Rp55.000
Rp10.000 88 Rp 880.000
Rp20.000 55 Rp1.100.000
Rp50.000 87 Rp4.350.000
Jumlah Rp6.570.400

Baca Juga: Cara Membuat Audit Adjustment dari Kertas Kerja Pemeriksaan

Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan rekening giro bank bertujuan agar perusahaan dapat mengalokasikan informasi keuangan sesuai kebenarannya. Setiap pendapatan dan pengeluaran perusahaan wajib diatribusikan ke dalam sistem pengendalian internal sesuai siklus akuntansinya.

Cara membuat kertas kerja pemeriksaan kas bertujuan agar perusahaan dapat mengalokasikan informasi keuangan sesuai aturan yang berlaku. Internal control harus diperiksa untuk memudahkan proses administrasi keuangan sejalan dengan aktivitas perusahaan yang telah berlangsung satu periode.

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan setara kas dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis. Audit adjustment akan diberikan oleh kantor akuntan publik ketika mendapati adanya selisih prosedur pencatatan administrasi keuangan sebagaimana terlampir.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/12/2022Macam-Macam Beban Rp 2.429.600
   Kas Kecil Rp 2.429.600

Baca Juga: Contoh Soal Tes Masuk Kerja Staff Accounting

Demikian contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas perusahaan manufaktur, dagang dan jasa sesuai jenis usahanya. Kas kecil, rekening bank dan setara kas merupakan metode pembayaran paling efektif di perusahaan untuk mengevaluasi aktivitas produksi sebagaimana alur distribusinya.

0 Response to "2 Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel