Contoh Jurnal Khusus Penjualan Secara Kredit dan Tunai

Konten [Tampil]

Contoh jurnal khusus penjualan secara kredit dan tunai perusahaan dagang akan memastikan nilai ekonomis yang didapatkan perusahaan dimasa mendatang. Setiap tambahan informasi keuangan harus dapat membantu pengambilan keputusan oleh pemegang saham tentang arah tujuan investasi ke depannya.

Jurnal penjualan merupakan jurnal pencatatan atas penyerahan barang dan jasa kepada pelanggan sesuai nilai jual yang disepakati. Penjualan dapat berbentuk penjualan kredit, penjualan tunai dan penjualan konsinyasi sesuai kesepakatan diawal perjanjian dengan pelanggan atau komisioner perusahaan.

Contoh jurnal penjualan metode perpetual dan periodik disesuaikan aliran keluar masuknya barang digudang. Bagaimana cara menyusun jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas sesuai termin pembayaran yang disepakati dengan lawan transaksi baik pelanggan atau pemasok.

Contoh Jurnal Khusus Penjualan Secara Kredit dan Tunai

Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Metode Perpetual dan Periodik

Siklus akuntansi perusahaan dagang metode perpetual dan periodik dapat diselenggarakan menyesuaikan kebutuhan informasi persediaan barang digudang. Contoh soal audit persediaan dan pergudangan akan memeriksa sejauh maka temuan yang tidak sesuai spesifikasi perusahaan dalam penerapan sistem pengendalian internal.

Contoh soal siklus akuntansi perusahaan dagang diawali dengan adanya penerimaan bukti transaksi dari pemasok yang diolah menjadi akun harga pokok produksi. Bukti transaksi terjadinya penjualan barang adalah faktur penjualan, surat jalan pengiriman dan surat pesanan dari pelanggan sesuai tujuan pembongkarannya.

Siklus akuntansi perusahaan dagang harus diterapkan agar informasi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis di perusahaan. Internal control menjadi tugas utama agar seluruh kekayaan perusahaan dapat dipertanggungjawabkan sejalan dengan aktivitas bisnis yang ada sesuai pembentukan persekutuan tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Contoh Jurnal Khusus Penjualan Barang Secara Kredit dan Tunai

Contoh jurnal khusus penjualan barang secara kredit dan tunai bergantung kepada perjanjian diawal periode. Sistem pengendalian internal penjualan harus memisahkan antara bagian pembuat tagihan, pengiriman barang dan penagihan kas apabila diberikannya termin pembayaran secara kredit oleh perusahaan.

Contoh jurnal khusus penjualan secara kredit dan tunai disesuaikan standar akuntansi keuangan perusahaan. Penjualan diakui ketika entitas telah memperhitungkan dengan jelas total omzet yang didapatkan dari pelanggan dengan batas waktu pembayaran yang jelas sesuai kesepakatannya.

Contoh soal dan cara menyusun jurnal penjualan terjadi ketika PT Rafinternet berhasil memenangkan lelang untuk menjual barang sebanyak 12 buah dengan harga Rp 231.000. Harga pokok produksinya adalah Rp 42.000. Bagaimana cara membuat jurnal pencatatan dengan metode perpetual dan metode periodiknya?

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih dan Jatuh Tempo

Cara Menyusun Jurnal Penjualan dari Invoice

Cara menyusun jurnal penjualan dari invoice bukti transaksi dapat menyesuaikan sistem perpetual dan sistem periodik. Harga pokok produksi menjadi biaya barang yang diserahkan kepada pelanggan. HPP dihitung berdasarkan total harga pokok yang diserahkan sebanyak jumlah barang yang diserahkannya.

Cara menyusun jurnal penjualan diperlukan bukti transaksi seperti surat jalan, bukti pengeluaran barang dari gudang, surat pesanan pelanggan dan invoice tagihannya. Piutang akan diakui ketika pelanggan tidak mampu membayarkan pesanan secara tunai sementara barang telah dikirimkan terlebih dahulu.

Contoh jurnal khusus penjualan secara kredit dan tunai disesuaikan standar akuntansi keuangan yang berlaku di indonesia. Metode pembayaran adalah cara yang diterapkan perusahaan untuk menerima kas dan setara kas hasil penjualan barang. Maka, jurnal penjualan barang secara tunai sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/03/2022Kas Rp 3.076.920
HPP Rp 504.000
Penjualan Rp 2.772.000
PPN Keluaran Rp 304.920
Persediaan Rp 504.000
(Jurnal penjualan secara tunai

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Pokok Produksi (HPP)

Demikian contoh jurnal khusus penjualan secara tunai dan kredit dengan sistem perpetual dan sistem periodik di perusahaan dagang. Setelah proses jurnal dilakukan, entitas wajib melakukan posting ke buku besar untuk menghindari kecurangan dalam menetapkan saldo akhir setiap kali transaksi terjadi.

0 Response to "Contoh Jurnal Khusus Penjualan Secara Kredit dan Tunai"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel