Contoh Perhitungan Aset Pajak Tangguhan dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan diatur pada psak 46. Ruang lingkup psak 46 terdiri dari pembayaran pajak penghasilan final yang tidak berkaitan dengan hibah serta kredit pajak investasi. Nilai residu dan metode penyusutan aktiva tetap dapat mengakibatkan perbedaan kontemporer.

Contoh soal aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan terutama ketika informasi keuangan telah diaudit oleh auditor. Audit adalah proses memeriksa kewajaran saldo laporan keuangan berdasarkan standar auditing yang telah berlaku di indonesia.

Contoh pajak kini dan pajak tangguhan mengakibatkan entitas mendapat fasilitas tidak membayarkannya pajak penghasilan badan usaha. Deductible expance adalah biaya yang dapat langsung mengurangi penghasilan kena pajak perusahaan selama satu tahun seperti biaya produksi dan kerugian selisih kurs mata uang asing.

Contoh Perhitungan Aset Pajak Tangguhan dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Pengertian dan Contoh Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Pengertian pajak kini adalah penghasilan kena pajak yang seharusnya dibayarkan perusahaan ketika mendatangkan informasi keuangan dari aktivitas bisnisnya. Kegiatan menyerahkan informasi keuangan hendaknya dijalankan sesuai kebijakan bisnis selama operasional perusahaan berlaku diperiode berjalan.

Pengertian dan contoh pajak kini dan pajak tangguhan bertujuan agar entitas membayarkan seluruh informasi keuangan sebagaimana tarif pajak yang berlaku. Penyebab terjadinya perbedaan kontemporer adalah nilai residu dan metode penyusutan yang digunakan perusahaan berbeda dengan aturan umum perpajakan.

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan harus diakui pada laporan posisi keuangan sebagai aset atau liabilitas. Pajak penghasilan final adalah pajak yang akan berhenti pelaporannya ketika sudah dilaksanakan pembayaran serta mendapatkan bukti potong pph final dan tidak dapat dikreditkan sebagai kredit pajak tahunan.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Pajak Tangguhan dan Jawabannya

Contoh soal pajak tangguhan dan jawabannya perlu mempertimbangkan aspek pembayaran tagihan dari nasabah. Diakhir periode akuntansi, perusahaan wajib melakukan penilaian kembali aset pajak tangguhan serta adanya kemungkinan laba kena pajak yang dapat dipulihkan periode mendatang.

Contoh perhitungan aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai tagihan diakhir periode. Perusahaan harus mengungkapkan agregat pajak kini dan pajak tangguhan secara terpisah guna mengevaluasi penghasilan dan omzetnya.

Contoh soal aset dan liabilitas pajak tangguhan akan terjadi ketika PT Rafinternet menyetujui proses pembelian kendaran mobil seharga Rp 400.000. Estimasi umur manfaat selama 3 tahun yang diterapkan kebijakan akuntansinya. Bagaimana cara menghitung aset pajak tangguhan ketiga mobil memiliki umur manfaat selama 4 tahun?

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya

Contoh Perhitungan Aset Pajak Tangguhan dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Contoh perhitungan aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan harus berkaitan dengan tarif berlaku saat transaksi dicatat. Beban yang dapat dikurangkan dari penghasilan kena pajak terdiri dari biaya produksi dan biaya selisih kurs mata uang asing berlaku saat transaksi dan akhir periode laporan keuangan.

Contoh perhitungan liabilitas pajak tangguhan dan aset pajak tangguhan perlu memperhitungkan nilai residu dan metode penyusutan yang digunakan. Dalam perpajakan hanya mengakui metode garis lurus dan metode saldo menurun berganda yang dapat digunakan sebagai metode penyusutan aktiva tetap berwujud.

Cara menghitung aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan berdampak pada prosedur manajemen laba perusahaan. Pengertian manajemen laba adalah proses menaikkan atau menurunkan sejumlah keuntungan tertentu agar kinerja perusahaan sesuai target manajemen. Adapun cara menghtiugn aset pajak tangguhan adalah

Nilai Nominal Rp 400.000
Lama penyusutan akuntansi3
lama penyusutan fiskal4
Keterangantahun 1tahun 2tahun 3tahun 4
Penyusutan berdasarkan akuntansi Rp 133.333 Rp 133.333 Rp 133.333
Penyusutan berdasarkan fiskal Rp 100.000 Rp 100.000 Rp 100.000 Rp 100.000
Aset Pajak tangguhan Rp 33.333 Rp 33.333 Rp 33.333 -Rp 100.000

Baca Juga: Cara Menghitung Dividen yang Diterima Pemegang Saham

Demikian contoh perhitungan aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan sesuai akuntansi perpajakan dalam akuntansi keuangan menengah. Setiap tambahan manfaat ekonomis yang dapatkan wajib pajak perlu adanya pemotongan penghasilan untuk membantu negara sesuai iuran yang tidak mendapatkan balas jasa langsung.

0 Response to "Contoh Perhitungan Aset Pajak Tangguhan dan Liabilitas Pajak Tangguhan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel