Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Perhitungan HPP

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya bahan baku dan perhitungan harga pokok produksi menjadi aktivitas awal sebelum perusahaan menentukan harga jual. Harga beli bahan baku cenderung meningkat setiap periodenya yang mengakibatkan entitas dapat mempersiapkan kas dan setara kas lebih untuk menciptakan produk barunya.

Cara menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik diprioritaskan pada pembayaran tagihan jatuh tempo. Unsur biaya produk harus dipenuhi agar setiap komponen barang memberikan kualitas dan kuantitas sesuai tujuan pembentukan persekutuan dan perseroan terbatas.

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku bertujuan agar perusahaan mengetahui nilai persediaan yang dikeluarkan ketika menciptakan produk sesuai spesifikasi pelanggan dan standar perusahaan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan memprioritaskan pembuatan kartu biaya produksinya.

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Perhitungan HPP

Sistem Pengolahan Bahan Baku

Sistem pengolahan bahan baku merupakan prosedur yang harus dilalui perusahaan dalam mengelola data laporan keuangan. Bahan baku merupakan biaya yang dikeluarkan dalam upaya mendatangkan bahan untuk kegiatan produksi. Sistem pengelolahan bahan baku perusahaan manufaktur terdiri dari

Perencanaan Produksi

Contoh soal biaya bahan baku dan perhitungan hpp harus direncanakan setiap bulannya agar entitas mendapatkan kepastian tentang kebutuhan bahan bakunya. Biaya pengiriman atau biaya angkut bahan baku dari gudang penjual ke gudang pembeli akan menaikkan harga pokok produksi setiap kali pengiriman dilaksanakan.

Permintaan Bahan dan Pesanan Pembelian

Permintaan bahan dan pesanan pembelian hanya dapat dilakukan pihak purchasing perusahaan. Manajer produksi dapat melakukan permintaan bahan sesuai nilai kebutuhan dan pengujian kualitas bahan yang dibelinya. Analisis roa dan roe menjadi analisis profitabilitas perusahaan setiap periodenya.

Laporan Penerimaan Barang di Gudang

Laporan penerimaan barang di gudang menjadi informasi awal tentang pemenuhan permintaan bahan dari supplier. Supplier akan mengirimkan barang sesuai jadwal yang diminta perusahaan dan terjadi pengujian kualitas bahan, apakah sudah sesuai standard bahan baku milik perusahaan ataukah belum.

Permintaan Bahan untuk Produksi

Cara menghitung biaya bahan baku melibatkan departemen gudang. Pihak gudang bertanggungjawab dalam aliran mutasi barang keluar masuk di gudangnya. Pihak gudang hanya diperkenankan mengeluarkan barang apabila mendapatkan instruksi dari manajer produksi sesuai aliran data keuangannya

Pembayaran Tagihan Jatuh Tempo

Prosedur pembayaran tagihan bergantung kepada termin pembayaran yang disepakati dengan supplier. Pemasok berhak mendapatkan kas dan setara kas atas barang dan jasa yang dipakai perusahaan. Biaya pengiriman atau biaya angkut harus diakui sebagai penambah harga pokok penjualan untuk mengurangi laba kotornya.

Baca Juga: Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya dilaksanakan setiap periodenya agar entitas mendapatkan kepastian harga jual barangnya. Harga pokok produksi harus dapat diminimalisir untuk meningkatkan omzet perusahaan dan menurunkan nilai liabilitas jangka panjang yang harus dikeluarkannya.

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku bertujuan agar manajer produksi mengetahui nilai persediaan akhir. Metode penilaian persediaan terdiri dari metode fifo, metode lifo dan metode average. Mutasi aliran bahan baku di gudang harus dapat dipertanggungjawabkan oleh kepala gudang untuk membuat laporannya.

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya terjadi ketika PT Rafinternet mempublikasikan kartu persediaan di gudang bahan baku. Kepala gudang memberikan kartu stock yang memuat informasi riwayat penerimaan barang dari supplier dan penjualan barang kepada pelanggan sebagai berikut:

TanggalKeteranganKuantitasBiaya per Unit
01/06/2022Stock Awal452 Rp 111
15/06/2022Beli256 Rp 112
17/06/2022Jual700
21/06/2022Beli457 Rp 114
27/06/2022Beli900 Rp 115
30/06/2022Jual1125

Baca Juga: Cara Menghitung Break Even Point dalam Rupiah

Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Masuk Pertama Keluar Pertama

Cara menghitung nilai persediaan akhir metode masuk pertama keluar pertama dapat dilaksanakan setiap periodenya untuk mencegah terjadinya pengeluaran tanpa adanya otorisasi. Sistem perpetual dan sistem periodik dapat digunakan oleh kepala gudang untuk mengetahui riwayat keluar masuknya barang di gudang.

Cara menghitung nilai persediaan akhir metode masuk pertama keluar pertama bertujuan agar kepala gudang mampu menunjukkan penerapan sistem pengendalian internal di perusahaan. Biaya pemakaian bahan baku harus diukur setiap kali proses produksi dilaksanakan. Metode fifo akan menurunkan biaya pokok penjualannya.

Contoh soal biaya bahan baku dan perhitungan hpp harga pokok produksi mewajibkan perusahaan mengetahui biaya produk. Biaya produk adalah kas yang dikeluarkan untuk menciptakan barang sesuai standar perusahaan. Adapun cara menghitung nilai persediaan akhir dan biaya bahan baku adalah

Qty Harga Subtotal
Persediaan Awal452 Rp 111 Rp 50.172
Pembelian
15/06/2022256 Rp 112 Rp 28.672
21/06/2022457 Rp 114 Rp 52.098
27/06/2022900 Rp 115 Rp 103.500
Barang tersedia untuk dijual Rp 234.442
Persediaan Akhir240 Rp 115 Rp 27.600
Biaya Bahan Rp 206.842

Baca Juga: Contoh Perhitungan Accounting Rate of Return

Demikian contoh soal biaya bahan baku dan perhitungan harga pokok produksi dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Entitas diwajibkan untuk melaporkan setiap informasi keuangannya setiap periodenya agar investor dapat menghitung tingkat profitabilitasnya.

0 Response to "Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Perhitungan HPP"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel