Cara Menghitung Break Even Point Metode Laba Operasi dan Margin Kontribusi

Konten [Tampil]

Cara menghitung break even point metode laba operasi dan margin kontribusi digunakan sebagai dasar alokasi keuntungan ditahun berjalan. Titik impas dalam akuntansi manajemen diakui dalam satuan jumlah unit terjual atau jumlah rupiah tahun berjalan ketika perusahaan menjalankan kegiatan operasionalnya.

Break even point menjadi materi akuntansi manajemen ketika membahas tentang analisis biaya volume dan laba. Analisis bep bermanfaat untuk menetapkan target penjualan barang agar perusahaan mendapatkan keuntungan. Harga pokok penjualan adalah batas minimal sebuah produk dipasarkan kepada pelanggan.

Contoh soal dan jawaban break even point dapat menjadi alokasi kemudahan seseorang melaksanakan kegiatan produksinya. Pendekatan laba operasi dan pendekatan margin kontribusi dijalankan sebagai upaya pertanggungjawaban penggunaan dana investasi jangka panjang dalam laporan posisi keuangan.

Cara Menghitung Break Even Point Metode Laba Operasi dan Margin Kontribusi

Pendekatan Laba Operasi dan Margin Kontribusi

Pendekatan laba operasi dan margin kontribusi bermanfaat untuk menyusun laba penjualan atas biaya variabel dan biaya tetap yang dikorbankan. Cara menurunkan bep dilakukan dengan meningkatkan harga jual barang atau menurunkan biaya produksinya agar perusahaan cepat memperoleh kembali modalnya.

Perbedaan pendekatan laba operasi dan margin kontribusi terletak pada macam-macam biaya yang digunakan untuk perhitungan. Laba operasi akan menggunakan percampuran biaya tetap dan biaya variabel. Margin kontribusi akan menggunakan biaya varibel ketika menilai tingkat pengembalian dana investasi.

Titik impas terdiri dari jumlah unit terjual dan jumlah rupiah penjualan dalam laporan laba rugi. Seluruh perusahaan berharap agar entitas mendapatkan laba operasi diatas nol dan tidak menanggung kerugian ketika produk jadi. Sistem perhitungan biaya berdasarkan proses akan memperhitungan harga pokok penjualan produk.

Baca Juga: Tabel Perbandingan Perhitungan Laba Operasi dan Margin Kontribusi

Contoh Soal Break Even Point dalam Unit Terjual

Contoh soal break even point dalam unit terjual bertujuan agar pihak marketing mengetahui berapakah yang harus diperjualbelikan untuk dapat klaim komisinya. Permasalahan risiko dan ketidakpastian tentu terjadi sebab adanya aktivitas margin of safety dan operating leverage atas sumber daya perusahaan.

Contoh kasus perhitungan bep kewirausahaan bertujuan agar calon enterpreneur mendapatkan informasi awal tentang risiko jualbeli barang. Pembuatan keputusan taktis dan keputusan investasi modal harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat terhindar dari kerugian akibat salah pengambilan keputusan.

Contoh soal dan jawaban break even point dapat dilakukan analisa biaya volume dan laba operasionalnya. Pendekatan margin kontribusi hanya memperhitungkan biaya variabel pembuatan produk. PT Rafinternet memiliki laporan laba rugi untuk pembuatan 800 pcs produk jadi oleh manager produksi yakni.

Sales 800 unit Rp 96.000.000
Variable Cost Rp (42.000.000)
Contribution Margin Rp 54.000.000
Fixed Cost Rp (11.000.000)
Earning Before Tax Rp 43.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Cara Menghitung Break Even Point Metode Laba Operasi dan Pembahasannya

Cara menghitung break even point metode laba operasi dan pembahasannya dilaksanakan untuk menjangkau lebih banyak pasar. Margin kontribusi adalah total penjualan perusahaan dikurangi biaya variabel pembuatan produk. Laba sebelum pajak merupakan dasar untuk pembayaran pajak penghasilan tahunan badan.

Bagaimana cara menghitung bep dalam menentukan harga jual dengan menggunakan pendekatan laba operasional akan berdampak pada pengambilan keputusan taktis. Keputusan taktis adalah pilihan yang dibuat oleh manager secara langsung dalam waktu yang singkat atas sebuah peristiwa di perusahaan.

Target laba dan pendapatan penjualan menjadi prioritas sebab adanya penjualan menyebabkan kas di perusahaan bertambah. Biaya tetap harus ditanggung walaupun terjadi penurunan dan peningkatkan jumlah kapasitas produksi. Adapun contoh perhitungan bep kewirausahaan essay dan pilihan ganda yaitu.

Unit yang harus terjual = Penjualan - Biaya Variabel - Biaya Tetap
= (120.000 x unit) - (Rp 52.500 x unit) - Rp 11.000.000
= (Rp 67.500 x Unit) - Rp 11.000.000
(Rp 67.500 x Unit) = Rp 11.000.000
Unit163

Baca Juga: Contoh Perhitungan BEP dalam Rupiah

Demikian cara menghitung break even point dengan metode pendekatan laba operasi dan margin kontribusi selama periode akuntansi. Activity based cost menjadi dasar penentuan harga pokok produksi sehingga entitas dapat menetapkan harga jual produk yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

0 Response to "Cara Menghitung Break Even Point Metode Laba Operasi dan Margin Kontribusi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel