Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal accounting rate of return dan pembahasannya dilaksanakan agar perusahaan dapat menggunakan laba untuk menutup investasi modal awal. Perbedaan metode diskonto dan nondiskonto terletak pada dipergunakannya konsep nilai waktu uang dari sebuah transaksi dimasa lampau perusahaan.

Bedanya payback period, accounting rate of return, internal rate of return dan net present value terdapat pada diakuinya suku bunga efektif dan tingkat inflasi. Kriteria penilaian investasi modal agar dapat diterima dan ditolak manajer harus dapat mengestimasikan dampak risiko ketidakpastian tuntutan ekonomi.

Contoh soal arr accounting rate of return akuntansi manajemen investasi jangka panjang akan memperlihatkan keuntungan pembelian aktiva tetap. Laba ditahan menjadi prioritas dalam transaksi akuntansi terutama berkaitan dengan alokasi aktiva tetap berwujud dan aset tetap tak berwujud.

Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Pengertian Accounting Rate of Return

Pengertian accounting rate of return atau metode pengembalian akuntansi adalah penggunaan laba bersih tahun berjalan untuk menutup biaya investasi jangka panjang. Arus kas operasi tidak dipergunakan karena mengandung risiko kehilangan aset, penurunan nilai aktiva tetap bahkan terjadi piutang tak tertagih.

Definisi accounting rate of return atau arr dalam akuntansi manajemen investasi adalah informasi penggunaan laba setelah pembayaran pajak untuk menutup biaya investasi aktiva tetap. Metode pengembalian akuntansi termasuk metode nondiskonto artinya tidak menggunakan konsep nilai waktu uang.

Pengertian accounting rate of return menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mencapai tujuan pemegang saham untuk melunasi biaya pembuatan dan pelaksanaan investasi. Aktiva adalah kekayaan yang disetorkan pemilik ke entitas dalam bentuk kas, setara kas dan pinjaman pihak ketiga diluar perusahaan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Net Present Value (NPV)

Contoh Soal Arr dan Jawabannya Pdf

Contoh soal arr dan jawabannya pdf dapat terjadi terutama ketika brainly menginvestasikan modal awal berupa kas dan setara kas. Modal adalah kekayaan bersih yang dimiliki perusahaan tanpa melibatkan liabilitas. Rasio solvabilitas menunjukkan tingkat penggunaan hutang untuk operasional entitas.

Contoh soal accounting rate of return dan pembahasannya akan dipergunakan untuk menilai kelayakan investasi. Perbedaan payback period dan accounting rate terletak pada arus kas dan laba yang diperbandingkan dengan investasi. Manajer dapat menilai kelebihan dan kekurangan metode pengembalian akuntansi.

Contoh soal dan jawaban accounting rate of return berdampak pada tujuan pelaksanakan kegiatan operasional perusahaan. PT Rafinternet telah menginvestasikan kendaraan seharga Rp 19.600.000 dan diperolehnya laba tahun berjalan sebesar Rp 4.200.000. Bagaimana cara menghitung arr dalam investasi aktiva tetap?

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Jangka Panjang

Rumus Accounting Rate of Return

Contoh soal accounting rate of return harus mempergunakan rumus yaitu laba setelah pembayaran pajak dibandingkan dengan investasi modal awal. Kelebihan metode pengembalian akuntansi terdiri dari

  1. Tidak menggunakan konsep time value of money
  2. Kurang mempertimbangkan arus kas operasional dan hanya memperlihatkan laba atau keuntungan
  3. Kurang cocok digunakan untuk investasi jangka panjang

Cara Menghitung Arr Accounting Rate of Return

Bagaimana cara menghitung arr accounting rate of return dalam akuntansi manajemen investasi akan memperlihatkan penggunaan keuntungan untuk menutup biaya investasi. Kelebihan metode arr adalah mempersingkat waktu pertimbangan kelayakan investasi dengan mempergunakan data bagian akuntansi keuangan.

Perbedaan average rate of return dan accounting rate of return terletak pada kebijakan pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Kriteria penilaian investasi arr dipertimbangkan pada keuntungan yang didapatkan untuk membeli aktiva tetap agar dapat memperluas pangsa pasar penjualan produk baru.

Contoh soal accounting rate of return dapat dihitung dengan metode pengembalian akuntansi sebagai berikut:

Accounting Rate of Return = Rp 4.200.000 : Rp 19.600.000
Accounting Rate of Return = 21,42%

Baca Juga: Contoh Perhitungan Agio dan Disagio Saham Treasury

Demikian contoh soal dan cara menghitung rate of return dalam pengambilan keputusan investasi aktiva tetap. Pendapatan yang diterima dalam satu periode dapat dibandingkan biaya penyusutan untuk meminimalkan biaya yang terjadi sehingga perhitungan laba bersih dan arus kas tepat dilaksanakan.

0 Response to "Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Pembahasannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel