Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Akuntansi Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi hendaknya dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk mengakui penghasilan perusahaan. Pendapatan adalah kekayaan yang berasal dari penyerahan barang dan jasa kepada pelanggan sesuai nilai kesepakatan.

Contoh kasus pengakuan pendapatan diakui pada saat proses produksi dan penjualan dapat menjadi dasar bagi entitas mengukur kinerja keuangannya. 5 langkah proses pengakuan pendapatan diakui saat entitas telah menandatangani kontrak kerjasama pelaksanaan kegiatan bisnis sesuai kegiatan operasionalnya.

Penilaian persentase penyelesaian dalam pengakuan pendapatan menjadi upaya entitas mendapatkan penghasilannya. Pendapatan kontrak kontruksi dapat diakui secara proporsional dan pada akhir periode akuntansi menggunakan kebijakan informasi keuangan terutama penghasilan yang diinginkannya.

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Akuntansi Keuangan

Bagaimana Prinsip Pengakuan Pendapatan Akuntansi Saat Penjualan dan Proses Produksi

Bagaimana prinsip pengakuan pendapatan akuntansi saat penjualan dan proses produksi didasarkan pada penerapan kebijakan keuangan perusahaan. Kapan perusahaan menggunakan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai bergantung pada jangka waktu kerjasama bisnis yang diselenggarakan.

Mengapa pengakuan pendapatan diakui saat penjualan dan proses produksi dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk segera melunasi hutangnya. Termin pembayaran adalah jangka waktu kerjasama yang didapatkan oleh pelanggan atas credit score yang dimilikinya setelah melaksanakan pembayaran secara tunai.

Bagaimana prinsip pengakuan pendapatan akuntansi saat proses produksi dan saat penjualan dapat dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecurangan informasi keuangan. Pemalsuan pembukuan layaknya dijadikan dasar untuk mengetahui nilai kontrak yang didasarkan pada kondisi keuangannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Unit Ekuivalen Setiap Unsur Biaya Produksi

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Akuntansi Keuangan dan Jawabannya

Contoh soal pengakuan pendapatan akuntansi keuangan dan jawabannya harus diketahui agar entitas mendapatkan keperluan bisnisnya. Bisakah pengakuan pendapatan pada penjualan ditunda dapat terjadi ketika entitas tidak mengetahui nilai akhir dari penyelesaian kerjasama penyerahan barang dan jasanya.

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan akuntansi keuangan terjadi ketika entitas memindahkan hak milik dan risiko serta manfaat barang kepada pelangganya. Biaya yang berhubungan dengan perolehan penghasilan harus dapat diukur dengan handal sesuai pembentukkannya.

Contoh soal pengakuan pendapatan terjadi ketika PT Rafinternet berhasil memperdagangkan barang senilai Rp 902.000.000. PT Rafinternet memberikan diskon terlebih dahulu sebelum terjadinya pembayaran oleh pelanggan dengan termin 2/10, n/30. Bagaimana jurnal pengakuan pendapatan dan pemotongan diskonnya?

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuatif

Jurnal Pengakuan Pendapatan dan Pemberian Potongan Harga

Jurnal pengakuan pendapatan dan pemberian potongan harga terjadi ketika pelanggan telah memastian membeli barang perusahaan. Penghasilan akan terjadi ketika entitas memberikan barang, penyerahan jasa, memperdagangkan aktiva tetap bahkan menjual hak pakai aset tetap tak berwujud yang dimilikinya.

Jurnal pengakuan pendapatan adalah jurnal pencatatan atas terjadinya penghasilan yang ada di perusahaan untuk menentukan keberlangsungan bisnisnya. Entitas diwajibkan menerapkan PSAK 72 tentang pendapatan kontrak kontruksi untuk membangun relasi dengan perusahaan lainnya atau pelanggan.

Jurnal pemberian potongan harga bergantung pada termin pembayaran yang diberikan. Termin pembayaran merupakan waktu yang disepakati untuk menyerahkan kas dan setara kas sebagai metode pelunasan piutang dagang. Adapun jurnal penjualan dan pemberian potongan harga oleh perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Piutang Rp 981.195.600
Diskon Penjualan Rp 18.040.000
PPN Keluaran Rp 1.984.400
Penjualan Barang Rp 902.000.000
PPN Keluaran Rp 99.220.000

Baca Juga: Cara Menghitung Dividen Saham dan Contoh Soal

Demikian contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan akuntansi keuangan dan pengantar akuntansi. Penjualan bill and hold kapan pendapatan diakui dalam situasi ini ketika kemungkinan besar pengiriman barang dilaksanakan dan barang yang berada ditangan penjual dapat diidentifikasi dengan jelas.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan Akuntansi Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel