Contoh Soal dan Jawaban Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban obligasi dimiliki untuk diperdagangkan bertujuan agar entitas mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan biaya perolehannya. Cara menghitung biaya perolehan obligasi adalah menjumlahkan total pengeluaran perusahaan untuk membiayai aktivitas bisnisnya ketika mendapatkan kasnya.

Contoh penjualan obligasi dengan premium dan diskonto merupakan materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Obligasi tersedia untuk dijual artinya entitas membeli surat hutang dengan tujuan dijual kembali dimasa mendatang yang waktunya tidak dapat ditentukan dengan jelas.

Obligasi dimiliki untuk diperdagangkan, obligasi tersedia untuk dijual dan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang informasi keuangan perusahaan. Apa saja jenis obligasi yang pernah dikeluarkan oleh pemerintah seperti convertible bond dan callable bond.

Contoh Soal dan Jawaban Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan

Pengertian Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan

Pengertian obligasi dimiliki untuk diperdagangkan adalah surat hutang yang dibeli perusahaan untuk diperdagangkan dalam jangka waktu pendek. Kekayaan yang diatribusikan investasi sekuritas hendaknya dipertahankan agar dapat membelanjakan seluruh informasi keuangan selama satu periode yang berjalan.

Definisi obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan obligasi tersedia untuk dijual seharusnya diungkap pada catatan atas laporan keuangan untuk memaksimalkan jumlah laba yang didapatkan perusahaan. Investasi dalam obligas adalah pembelian surat hutang perusahaan lain untuk menerima imbal balik berupa bunga.

Perbedaan obligasi tersedia untuk dijual dan obligasi dimiliki untuk diperdagangkan adalah kapan waktu yang tepat untuk melepaskan surat berharga tersebut. Biaya perolehan obligasi harus dipenuhi agar entitas tidak mengalami kerugian ketika menentukan harga jual obligasi dan tingkat suku bunga pasar yang berlaku.

Baca Juga: Cara Input Barang dan Jasa Baru di Accurate

Contoh Soal Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan dan Jawabannya

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan jawabannya menjadi dasar bagi wajib pajak menyampaikan spt pph pasal 4 ayat 2 yang berlaku. Spt pph pasal 4 ayat 2 wajib dilaporkan ketika entitas melakukan pemungutan pph final atas pemberian obligasi dari wajib pajak orang pribadi dan badan usaha.

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan menjadi solusi bagi entitas yang ingin mendapatkan keuntungan selain dari bunga. Cara menghitung bunga obligasi dapat disesuaikan tingkat bunga pasar dan kurs yang berlaku. Kurs jual obligasi adalah nilai tukar yang disepakati oleh para penanam modal di pasar modal.

Contoh soal premium obligasi dan diskonto obligasi terjadi ketika PT Rafinternet memberikan bunga sebesar 8% untuk surat hutang senilai Rp 92.000.000. PT Rafinternet membeli obligasi yang telah berjalan selama 2 bulan dengan kurs 97. Bagaimana cara menghitung harga jual obligasi dan pendapatan bunga yang ditetapkan?

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Jurnal Pembelian Obligasi Premium dan Diskonto

Jurnal pembelian obligasi premium dan diskonto dapat ditentukan berdasarkan harga jual obligasi yang berlaku. Obligasi premium adalah surat hutang dimana harga jual lebih besar dibandingkan nilai nominal. Obligasi diskonto adalah surat hutang dimana harga jual lebih kecil dibandingkan nilai nominal yang diterbitkan.

Contoh jurnal pembelian obligasi dengan premium dan diskonto berdasarkan kurs yang berlaku adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 October 2021Investasi Obligasi Rp 89.240.000
Piutang bunga obligasi Rp 1.226.667
Kas Rp 90.466.667

Jurnal Penerimaan Pendapatan Bunga Obligasi

Cara menghitung bunga obligasi dimiliki untuk diperdagangkan bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang informasi keuangan yang harus dilaporkan ke manajemen. Mengapa perusahaan melakukan investasi sekuritas obligasi dan saham dikarenakan adanya pendapatan bunga dan hak kontrol entitas lain.

Adapun jurnal penerimaan pendapatan bunga obligasi berdasarkan contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31 December 2021Piutang bunga obligasi Rp 3.680.000
Kas Rp 3.680.000

Jurnal Penjualan Investasi Obligasi

Jurnal penjualan investasi obligasi diberlakukan ketika entitas telah memperhitungan biaya perolehan surat berharga. Tujuan penerbitan obligasi adalah membantu meningkatkan sumber daya modal perusahaan tanpa harus mengubah pemilikan saham entitas sesuai akta pendirian yang disepakati.

Contoh jurnal penjualan investasi obligasi dimiliki untuk diperdagangkan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31 December 2021Kas Rp 512.000.000
Investasi Obligasi Rp 89.240.000
Laba penjualan obligasi Rp 422.760.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penjualan Secara Kredit dan Tunai

Demikian contoh soal dan jawaban obligasi dimiliki untuk diperdagangkan bagi perusahaan manufaktur dan jasa. Penerbitan obligasi hendaknya dilakukan oleh lembaga keuangan atau trustee agar perusahaan penerbit bertanggungjawab mengembalikan harta kekayaan yang dipinjam dari pihak ketiga.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel