Langkah-Langkah Membuat Rekonsiliasi Bank pada Myob Versi Terbaru

Konten [Tampil]

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank pada myob versi terbaru diperuntukkan bagi entitas yang ingin menyamakan saldo kas dengan rekening koran. Kas terdiri dari kas kecil dan rekening giro. Sistem pengendalian internal kas akan menerapkan sistem otorisasi ketika terjadi pengeluaran aktivitas pembiayaan.

Cara menggunakan modul banking di myob accounting merupakan aktivitas utama perusahaan karena setiap pembayaran dalam jumlah besar akan menggunakan rekening bank. Kas kecil atau patty cash diperuntukkan bagi pembayaran tagihan dalam nominal yang kecil dan menggunakan metode imprest atau fluktuatif.

Ketika melakukan rekonsiliasi bank kita perlu memperhatikan jumlah kas keluar dan kas masuk di rekening koran. Jurnal penyesuaian atas transaksi pendapatan bunga, biaya administrasi bank dan koreksi kesalahan pencatatan akan dibebankan ke perusahaan dan tidak dilakukan perbaikan di sisi perbankan.

Langkah-Langkah Membuat Rekonsiliasi Bank pada Myob Versi Terbaru

Cara Menggunakan Aplikasi Myob Lengkap dengan Gambar

Cara menggunakan aplikasi myob lengkap dengan gambar dibutuhkan bagi akuntan yang ingin mencatat aktivitas bisnis. Modul myob perusahaan dagang, perusahaan jasa dan manufaktur akan melaksanakan seluruh proses rekonsiliasi barang dagang dan hutang piutang yang ada di perusahaan sesuai keadaan yang sebenarnya.

Cara menggunakan modul banking, modul purchase, modul sales dan modul inventory menjadi aktivitas bisnis yang sering terjadi. Mengapa perusahaan melakukan rekonsiliasi bank? penyebab utamanya adalah adanya pendapatan dan biaya yang harus ditanggung ketika menggunakan jasa perbankan sebagai metode pembayaran.

Download modul myob accounting perusahaan dagang dan jasa menjadi materi komputer akuntansi. Program myob berasal dari negara australia dan dapat digunakan diindonesia. Contoh software komputer akuntansi selain myob terdiri dari accurate, zahir, beeaccounting, jurnal dan e-faktur pajak penghasilan.

Baca Juga: Download Program Myob Accounting Versi 18 Terbaru

Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank di Myob Accounting

Cara melakukan rekonsiliasi bank di myob accounting harus diselenggarakan dengan mengikuti kebijakan akuntansi yang berlaku. Kas dan setara kas menjadi aktiva tetap yang memiliki risiko bawaan dan risiko pengendalian sehingga harus diterapkan sistem pengendalian internal yang kuat.

Langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank pada myob accounting dimulai dengan meminta rekening koran. Catatan transaksi penerimaan kas dan penggunaan kas di rekening bank akan tercantum di rekening koran untuk memudahkan memilih transaksi yang belum dicatat di sisi perusahaan dagang tersebut.

Langkah membuat rekonsiliasi bank myob dan accurate memiliki persamaan karena harus menentukan date statement bank atau tanggal akhir periode pencatatan di bank. Setelah saldo out of balance bersaldo nol menunjukkan proses rekonsiliasi telah berjalan sesuai biaya dan pendapatan yang belum diakui.

Baca Juga: Cara Mencatat Transaksi Pembayaran Kas di Accurate

Cara Menghapus Rekonsiliasi Bank di Myob

Cara menghapus rekonsiliasi bank di myob perlu dilakukan ketika akuntan perusahaan melakukan kesalahan dalam proses penyesuaian saldo rekening bank. Penyebab terjadi perbedaan saldo kas dan rekening bank adalah penundaan waktu pencatatan dan kesalahan dalam mencatat aktivitas bisnis perusahaan.

Pay bills pada menu purchase digunakan untuk transaksi pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Received payment digunakan untuk transaksi penerimaan pendapatan lain-lain. Spend money digunakan untuk membayarkan biaya selain dari transaksi pembelian bahan baku melalui modul purchase.

Cara menghapus rekonsiliasi bank di myob memerlukan akun supervisor. Password default aplikasi myob adalah 123 dan password default aplikasi accurate adalah supervisor. Modul banking digunakan mencatat transaksi penerimaan kas dan pengeluaran kas yang berasal dari rekening giro perusahaan.

Baca Juga: Cara Memasukkan Saldo Awal Piutang dan Hutang pada Accurate

Demikian langkah-langkah membuat rekonsiliasi bank pada myob versi terbaru secara accurate dengan program zahir. Termin pembayaran dibuat sebelum perusahaan melaksanakan transaksi penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak. Piutang dan hutang harus diselesaikan sebelum proses likuidasi berlangsung.

0 Response to "Langkah-Langkah Membuat Rekonsiliasi Bank pada Myob Versi Terbaru"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel