Contoh Perhitungan Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan akan dikenakan bagi perusahaan yang berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Pengertian pengusaha kena pajak adalah entitas yang telah mencapai omzet penjualan sebagaimana diasumsikan pada ketentuan umum perpajakan yang mengatur kapan sebuah penghasilan diakui.

Contoh soal aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan diperuntukkan bagi wajib pajak yang menjalankan aktivitas bisnisnya. Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan seharusnya dijadikan dasar ketika perusahaan akan membayarkan tagihan yang jatuh tempo sesuai masa berlakunya informasi keuangan.

Bagaimana pengakuan pajak tangguhan dalam akuntansi pajak penghasilan final diberlakukan menyesuaikan aturan keuangan. Tujuan PSAK 46 adalah meminimalisir tidak dibayarkannya pajak penghasilan badan akibat perbedaan metode penyusutan dan nilai residu yang dilaporkan perusahaan.

Contoh Perhitungan Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Perbedaan Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Perbedaan pajak kini dan pajak tangguhan adalah setoran pajak yang dibayarkan dan diangsur ke otoritas pajak tertentu. Pajak adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh perusahaan atau orang pribadi tetapi tidak mendapatkan balas jasa secara langsung. Laporan keuangan memungkinkan entitas melaporkan kondisi keuangannya.

Bedanya pajak kini dan pajak tangguhan seharusnya menjadi dasar bagi wajib pajak mengasumsikan laporan keuangan sejalan aktivitas bisnisnya. Entitas diwajibkan memberikan informasi keuangan dengan benar agar dapat diperhitungkan total keuntungan dan kerugian akibat dilaksanakannya aktivitas produksi.

Perbedaan pajak tangguhan dan pajak kini telah diatur pada psak 46. Aset pajak tangguhan adalah jumlah pajak penghasilan yang sudah dibayarkan periode masa lampau dan dapat dipulihkan periode mendatang. Perbedaan kontemporer dan permanen mengakibatkan ditundanya pengambilan keputusan tertentu.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Perolehan Aktiva Tetap

Aktiva dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Pengertian aktiva pajak tangguhan menurut para ahli adalah jumlah pajak penghasilan yang dapat dipulihkan akibat adanya perbedaan kontemporer antara kebijakan akuntansi dan ketentuan umum perpajakan yang diterapkan. Pengambilan keputusan taktis diperlukan sebagai wujud pengungkapan laporan keuangan.

Pengertian liabilitas pajak tangguhan menurut para ahli adalah jumlah pajak penghasilan yang terutang di masa depan akibat adanya perbedaan kontemporer. Ruang lingkup psak 46 hanya berlaku untuk transaksi pemotongan pajak penghasilan final dan tidak berlaku untuk transaksi hibah atau kredit pajak investasi.

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan perlu diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan untuk distribusi pajak penghasilannya. Pajak kini adalah pajak yang harus dibayarkan perusahaan berdasarkan tarif pph yang berlaku atas penghasilan perusahaan selama satu tahun fiskal.

Baca Juga: Contoh Soal Selisih Kurs Mata Uang Asing

Contoh Soal Pajak Kini dan Pajak Tangguhan Beserta Perhitungannya

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan beserta perhitungannya layak dipertimbangkan sebagai materi akuntansi keuangan menengah. Perusahaan yang mengalami kerugian tahun berjalan tidak perlu membayarkan pajak dikarenakan tidak terdapatnya tambahan manfaat ekonomis atas kegiatan bisnisnya.

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan perlu mempertimbangkan kebijakan akuntansi selama satu periode akuntansi. Apakah beban pajak tangguhan dapat digunakan untuk mendeteksi adanya manajemen laba diperusahaan dapat dikaitkan dengan sistem pengendalian internal penjualan dan pembiayaan.

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan terjadi ketika PT Rafinternet mengadakan proposal pengajuan kendaraan kantor senilai Rp 80.000.000. PT Rafinternet memaksimalkan umur manfaat aset selama 3 tahun sementara ketentuan umum pajak diberlakukan selama 4 tahun. Bagaimana cara menghitung aset pajak tangguhannya?

Nilai Nominal Rp 80.000.000
Lama penyusutan akuntansi3
lama penyusutan fiskal4
Keterangantahun 1tahun 2tahun 3tahun 4
Penyusutan berdasarkan akuntansi Rp 26.666.667 Rp 26.666.667 Rp 26.666.667
Penyusutan berdasarkan fiskal Rp 20.000.000 Rp 20.000.000 Rp 20.000.000 Rp 20.000.000
Aset Pajak tangguhan Rp 6.666.667 Rp 6.666.667 Rp 6.666.667 -Rp 20.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Residu Aktiva Tetap

Demikian contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan dalam sistem informasi akuntansi keuangan. Aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan menjadi tanggungjawab perusahaan ketika sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak yang melaporkan informasi penghasilan ke dirjen pajak.

0 Response to "Contoh Perhitungan Pajak Kini dan Pajak Tangguhan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel