Cara Menggunakan Modul Pembelian di Accurate Online dan Dekstop Versi 5

Konten [Tampil]

Cara menggunakan modul pembelian di accurate online dan dekstop versi 5 menunjukkan terjadinya aktivitas pembelian secara tunai dan kredit. Bagaimana cara membuat invoice dan surat jalan pada myob secara accurate akan memudahkan pencatatan sistem persediaan barang dagang milik perusahaan di periode berjalan.

Fitur pembelian pada accurate berisikan menu permintaan pembelian, pesanan pembelian, penerimaan barang dan faktur pembelian. Apabila perusahaan menerima barang tidak sesuai spesifikasi yang dimintanya dapat menggunakan fitur retur pembelian atas invoice dan surat jalan yang diterima oleh bagian gudang.

Cara membuat invoice dan surat jalan di accurate akan memudahkan proses pengiriman dan penagihan barang. Jurnal pembelian aktiva tetap secara tunai dan kredit dapat diinput pada fitur aset tetap. Fitur kas bank berfungsi untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran kas selain dari aktivitas utama perusahaan.

Cara Menggunakan Modul Pembelian di Accurate Online dan Dekstop Versi 5

Cara Input Pesanan Pembelian Barang di Accurate 5

Cara input pesanan pembelian barang di accurate 5 merupakan aktivitas mendatangkan bahan baku dari supplier kepada perusahaan. Permintaan pembelian barang dan aktiva tetap harus ditandatangani oleh pihak yang berwenang untuk memaksimalkan penerapan sistem pengendalian internal penggunaan dana kas kecil.

Cara memasukkan pesanan pembelian barang di accurate online didasarkan pada permintaan barang oleh masing-masing divisi. Pesanan pembelian berisikan informasi tentang jumlah barang yang diminta, nama supplier, estimasi waktu kedatangan barang dan spesifikasi produk yang diminta untuk dibelikan bagian purchasing.

Cara input transaksi pembelian barang di accurate 5 harus didasarkan pada aktivitas normal bisnis sejalan dengan operasional perusahaan. Penerimaan barang harus memiliki formulir tentang apa saja yang dibeli untuk membandingkan antara barang yang diterima dengan barang yang dipesanan setiap periodenya.

Baca Juga: Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Cara Menggunakan Modul Pembelian pada Accurate Online

Cara menggunakan modul pembelian pada accurate online dapat menjadi alasan bagi perusahaan menciptakan sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Internal control persediaan dapat diselenggarakan menggunakan metode perpetual dan sistem tender apabila membeli barang dalam jumlah besar.

Cara menggunakan modul pembelian di accurate dekstop 5 dimulai dengan permintaan pembelian, proses pesanan ke pelanggan, penerimaan barang pesanan oleh pihak gudang dan pembayaran tagihan oleh bagian keuangan. Bukti transaksi pembelian terdiri dari invoice daan faktur pajak masukan yang diterbitkan penjual.

Menu yang terdapat pada modul pembelian pada accurate dapat dimaksimalkan agar setiap transaksi pembelian terdapat pencatatannya. Penggunaan kas kecil untuk pembelian alat kantor harus dianggarkan agar dapat memaksimalkan anggaran biaya overhead pabrik dan biaya konversi bahan baku.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank di Myob Accounting

Cara Membuat Invoice Faktur Pembelian di Accurate

Cara membuat invoice faktur pembelian di accurate berperan sebagai alat bantu penjadwalan pembayaran tagihan kepada supplier. Modul pembelian accurate 5 diperuntukkan bagi perusahaan jasa, perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang untuk mencatat aktivitas penambahan bahan baku digudang.

Cara membuat faktur pembelian pada accurate perlu menyiapkan surat jalan pengiriman barang dan harga jual yang disepakati. Faktur pajak masukan dapat diserahkan perusahaan ketika sudah mencapai status sebagai pengusaha kena pajak dengan omzet lebih dari 4,8 miliar setiap tahun pajak yang berjalan.

Langkah-langkah membuat faktur pembelian di accurate dapat menggunakan modul penjualan dan persediaan untuk mengurangi jumlah barang yang diperjualbelikan. Setiap transaksi yang tidak berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran operasional akan dimasukkan ke modul kas. Adapun langkah-langkah membuat invoice di accurate adalah

  1. Pilih Modul Pembelian > Faktur Pembelian
  2. Mintalah surat jalan ke bagian inventory atau gudang
  3. Masukkan jumlah barang dan jenis barang yang dikirimkan ke pelanggan
  4. Input nomor seri faktur pajak untuk FP Masukan
  5. Klik simpan

Baca Juga: Cara Input Saldo Awal Penyusutan Aktiva Tetap Berwujud

Demikian cara menggunakan modul pembelian di accurate online dan dekstop versi 5 dalam materi komputer akuntansi. Software akuntansi selain accurate seperti zahir accounting, myob, dan jurnal. Masing-masing aplikasi mempunyai metode dalam mengalokasikan kebijakan keuangan di perusahaan.

0 Response to "Cara Menggunakan Modul Pembelian di Accurate Online dan Dekstop Versi 5"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel