20 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya

Konten [Tampil]

20 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya menjadi prioritas dalam proses pencatatan bukti transaksi. Jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal pengeluaran dan penerimaan kas menjadi salah satu bentuk jurnal khusus yang dibuat pada perusahaan dagang dengan menggunakan asersi manajemen.

Bagaimana cara membuat jurnal umum dan penyusutan di perusahaan dagang dan jasa harus melibatkan pencatatan proses akuntansi keuangan lanjutan. Prinsip akuntansi berterima umum mewajibkan entitas melaporkan seluruh informasi keuangan agar mendapatkan keakuratan sistem pengiriman barang dan penagihan.

Contoh soal akuntansi perusahaan dagang mulai dari jurnal umum sampai laporan keuangan akan melibatkan jurnal penyesuaian dan jurnal penutup. Siklus akuntansi perusahaan jasa diawali dengan penerbitan bukti transaksi yang mengakibatkan adanya arus kas masuk dan arus kas keluar dari brankas.

20 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya

Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Dagang dari Jurnal Umum Sampai Laporan Keuangan

Contoh soal akuntansi perusahaan dagang dari jurnal umum sampai laporan keuangan bertujuan agar entitas dapat membuat jurnal penyesuaian dan jurnal penutup. Siklus akuntansi merupakan prosedur pencatatan informasi keuangan agar dapat menghasilkan neraca saldo dan laba rugi sesuai periode pelaporan.

Contoh soal dan cara membuat jurnal umum perusahaan dagang mewajibkan entitas memungut pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan ketika berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Dasar pengenaan pajak harus dilaporkan menyesuaikan aturan perpajakan yang berlaku sesuai dengan tingkat keuntungan perusahaan.

Contoh soal jurnal penjualan perusahaan dagang dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan terjadinya penerimaan kas sebesar 40% dari total tagihan penjualan. Nilai penjualan yang disepakati adalah Rp 128.200.000. Buatlah jurnal umum dan jurnal khusus yang diperlukan untuk pencatatanya?

Baca Juga: Contoh Soal Cara Menghitung PPh Pasal 22 Bendaharawan Pemerintah

Cara Membuat Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Perusahaan Jasa

Cara membuat jurnal umum dan jurnal khusus perusahaan jasa dan dagang diperuntukkan bagi wajib pajak yang menghendaki adanya pelaporan informasi keuangan. Jurnal pembelian dan jurnal pengeluaran kas menjadikan entitas harus menerapkan sistem perpetual dan sistem periodik dalam menilai persediaan.

Bagaimana cara membuat jurnal umum dan jurnal khusus diawali dengan proses asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen merupakan pendapatan manajemen keuangan tentang klasifikasi akun dan proses pencatatan serta pengidentifikasian informasi keuangan selama satu bulan atau satu periode fiskal.

Langkah-langkah membuat jurnal khusus dan jurnal umum dimulai dari proses identifikasi bukti transaksi. Bukti transaksi harus menampilkan jumlah uang, jumlah barang dan harga barang yang disepakati dan metode pembayaran yang hendaknya dilaksanakan sesuai keinginan dari supplier dan pemasok.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Aktiva Tetap di Accurate

Contoh Transaksi Perusahaan Dagang dan Jasa Selama Satu Bulan

Contoh transaksi perusahaan dagang dan jasa selama satu bulan akan memprioritaskan pembayaran kepada supplier. Transaksi perusahaan dagang yang tidak ada di perusahaan jasa diantaranya pembayaran biaya ongkos kirim barang, penyesuaian saldo persediaan dan pengukuran nilai persediaan akhir.

20 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya bertujuan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan seluruh proses pengiriman barang dagang. Harga pokok produksi menjadi biaya utama pada perusahaan manufaktur yang dapat diturunkan nilainya sesuai kinerja keuangan perusahaan.

Contoh soal jurnal umum perusahaan dagang diawali dengan proses identifikasikan melalui persamaan dasar akuntansi. Sistem pembukuan berganda atau double entry system merupakan prosedur pencatatan transaksi dengan menggunakan dua akun yang terpengaruh. Adapun jurnal penjualan, jurnal pengiriman barang dan jurnal penerimaan uang muka sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Cash Rp 56.408.000
Payment Advice Rp 51.280.000
VAT Out Rp 5.128.000
(Receipt Down Payment Journal)
TanggalKeterangan Debit Kredit
06/08/2022Good Sending Rp 70.510.000
Finish Goods Rp 70.510.000
(Sending order to Customer)
25/09/2022Cash Rp 84.612.000
Payment Advice Rp 51.280.000
Cost of Good Sales Rp 70.510.000
Sales Rp 128.200.000
VAT Out Rp 7.692.000
Good Sending Rp 70.510.000
(Sales Journal)

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya

Demikian 20 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Agar proses analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi dapat berjalan, maka entitas wajib melaporkan seluruh informasi keuangan selama kegiatan operasional berlangsung.

0 Response to "20 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel