Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya menjadi salah satu bentuk surat berharga yang memberikan hak opsi bagi pemiliknya diakhir periode. Pengertian obligasi konversi adalah surat hutang perusahaan yang memberikan hak bagi pemiliknya untuk menukarkan dengan penyertaan modal diakhir periode pelunasan.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi mengakibatkan pertumbuhan informasi keuangan selama periode berjalan. Liabilitas keuangan dan instrumen ekuitas berakibat pada pertumbuhan ekonomi perusahaan ketika menjalankan aktivitas bisnisnya selama operasional berjalan sesuai standar akuntansi yang diterapkan.

Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif dikarenakan adanya kebutuhan dana untuk menjalankan aktivitas produksi tetapi entitas tidak mau mengubah hak kontrol pemegang saham lama. Hak opsi adalah hak pilihan bagi pemilik obligasi untuk menukarkan dengan saham atau menerima pembayaran pokok hutang.

Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya

Contoh Soal Utang yang Dapat Dikonversi

Contoh soal utang yang dapat dikonversi berakibat pada kenaikan jumlah saham yang beredar dipasar. Perlakuan akuntansi untuk obligasi konversi adalah pengungkapan secara sukarela tentang utang perusahaan yang harus dibayar diakhir periode berserta bunga pinjaman sesuai nilai wajar pada saat transaksi.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi diantaranya obligasi dan wesel tagih. Pelunasan obligasi sebelum masa jatuh tempo berakibat pada sebagian bunga yang tidak diterima oleh pemilik saham. Obligasi konversi adalah surat perintah penyerahan pinjaman kepada perusahaan diserta hak opsi atas pembayaran bunganya.

Contoh soal dan jawaban utang yang dapat dikonversi berakibat pada pemutusan hubungan kontrak dengan pemodal diakhir periode. Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif dikarenakan ingin menambah modal dengan memperkecil hak kontrol pemegang saham baru.

Contoh kasus obligasi konversi terjadi pada PT Rafinternet yang menerbitkan obligasi berjangka 1 tahun dengan bunga 8% dan nilai nominal Rp 9.120.000 sebanyak 10 lembar. Obligasi memberikan hak bagi pemilik untuk menukarkan dengan saham senilai Rp 12.000 sebanyak 100lembar, bagaimana jurnal yang harus dibuat?

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Jurnal Pencatatan Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

Jurnal pencatatan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo berakibat pada pengeluaran perusahaan ketika menciptakan penghasilan. Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah dan harus diungkapkan ketika menyusun catatan atas laporan posisi keuangan.

Jurnal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo artinya perusahaan harus membayarkan pokok hutang sesuai nilai nominal diakhir periode. Obligasi konversi adalah surat hutang yang menunjukkan adanya pinjaman kepada perusahaan dan diberikannya hak untuk dialihkan sebagai penyertaan modal di akhir periode.

Jurnal pencatatan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo harus diselenggarakan secara wajar dengan perhitungan dan pembayaran bunga obligasi. Bunga obligasi adalah bunga yang dibayarkan atas pemakaian harta milik pihak ketiga selama jangka waktu tertentu. Contoh soal obligasi konversi dapat dibuat jurnal sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Utang Obligasi Rp 91.200.000
Kas Rp 91.200.000

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud dan Jawabannya

Jurnal Pencatatan Obligasi Konversi Diakhir Periode

Jurnal pencatatan perubahan liabilitas keuangan menjadi instrumen ekuitas berakibat pada penurunan kepercayaan dari pemegang saham lama. Waran saham adalah situasi dimana pemegang saham lama diperkenankan mempertahankan hak kontrolnya dengan membeli saham baru yang akan diterbitkannya.

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya perlu mempertimbangkan kebijakan akuntansi keuangan menengah. Setiap pertumbuhan dan pertambahan kekayaan perusahaan harus diusahakan memperpanjang jangka waktu pelaksanaan kewajiban ketika perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif.

Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif dikarenakan adanya keinginan mengoperasikan perusahaan tanpa mengubah hak kontrol awal. Hak kontrol merupakan hak pengambilan keputusan investasi dan penggunaan kas ketika menjalankan aktivitas bisnisnya. Adapun jurnal pencatatan obligasi konversi pada akhir periode adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Agio Saham Biasa Rp 844.444
Utang Obligasi Rp 91.200.000
Saham Biasa Rp 1.200.000
Agio Saham Biasa Rp 90.844.444

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Persediaan Metode Fifo Periodik

Demikian contoh soal obligasi konversi dan jawabannya dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan kompensasi saham. Waran saham dan kompensasi saham diperlukan karena entitas ingin mendapatkan tambahan modal dalam menjalankan aktivitas bisnis selama operasional berlangsung.

0 Response to "Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel