Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur dipergunakan menjadi dasar bagi perusahaan memprioritaskan pembayaran tagihan. Jurnal umum, jurnal khusus, jurnal penutup dan jurnal penyesuaian harus diberikan bukti transaksi yang valid agar dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa dibagi menjadi kelompok deferal dan kelompok akrual. Kelompok deferal artinya pembayaran tagihan yang telah dilaksanakan periode ini tetapi pengakuan pendapatan dan beban dilaksanakan dimasa mendatang sejalan dengan aliran dokumen perusahaan.

Jurnal penyesuaian dari neraca saldo bertujuan agar perusahaan dapat menentukan harga pokok produksi. Harga pokok penjualan merupakan harga dari barang dagang yang berhasil diperjualbelikan kepada pelanggan. Kelompok akrual artinya pendapatan dan beban telah dicatat tetapi penerimaan kas dimasa mendatang.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa salon dan jawabannya dilaksanakan setiap akhir periode. Akun-akun yang memerlukan penyesuaian dibagi menjadi kelompok akrual dan kelompok deferal. Pengertian jurnal penyesuaian adalah jurnal untuk menyesuaian saldo-saldo akun agar sesuai keadaan yang sebenarnya.

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo Awal

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo awal bertujuan agar seluruh akun mencerminkan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Perbedaan akun deferal dan akun akrual terletak pada pendapatan dan beban yang diakui periode sesuai dengan penerimaan kas dari penjualan tersebut.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa terdiri dari beberapa akun. Akun beban dibayar dimuka, pendapatan yang masih harus diterima, depresiasi dan beban yang masih harus dibayar harus diungkapkan secara wajar sesuai prinsip perbandingan antara pendapatan dan biaya atau matching cost againt revenue.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka terjadi ketika PT Kakraffi menerimaan pembayaran DP atas pesanan senilai Rp 85.000.000. Uang muka penjualan dibayarkan sebanyak 40% dan diakhir periode telah mampu memberikan barang yang dipesan secara keseluruhan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Kas Rp 34.000.000
   Pendapatan Diterima Dimuka Rp 34.000.000
(Jurnal pembayaran diterima dimuka)
31/12/2018Pendapatan diterima dimuka Rp 34.000.000
Kas Rp 51.000.000
Pendapatan Jasa Rp 85.000.000
(jurnal pengakuan pendapatan)

Baca Juga: Contoh Perhitungan Laba Rugi Selisih Kurs dalam Laporan Keuangan

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa salon diawali dengan menerapkan asersi manajemen. Bukti transaksi harus dianalisis untuk mengetahui akun yang terpengaruh. Transaksi adalah kejadian diperusahaan dimana melibatkan aliran kas masuk dan aliran kas keluar selama periode tertentu.

Jurnal penyesuaian beban perlengkapan dilaksanakan setiap akhir periode untuk menentukan tingkatan pengerjakan produk perusahaan. Beban pemakaian perlengkapan kantor dapat dilakukan inventarisasi untuk memudahkan proses perhitungan perlengkapan yang tersisa diakhir periode.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian pemakaian perlengkapan kantor akan terjadi ketika entitas mempublikasikan laporan keuangan. PT Kakraffi yang membeli perlengkapan sebesar Rp 55.000.000 dan perlengkapan yang tersisa diakhir periode adalah Rp 11.000.000. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaiannya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Beban perlengkapan Rp 44.000.000
Perlengkapan Rp 44.000.000
(Jurnal pemakaian perlengkapan)

Baca Juga: Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

Contoh soal jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus bertujuan agar biaya perolehan aset dapat dialokasikan secara wajar. Aktiva tetap adalah kekayaan perusahaan yang dipergunakan untuk membantu kegiatan produksi dan bernilai material dalam laporan posisi keuangan yang diterbitkan.

Jurnal depresiasi aset tetap dapat menggunakan metode garis lurus dan metode saldo menurun. Kebijakan akuntansi tentang penyusutan hendaknya disesuaikan dengan aturan perpajakan untuk menghindari adanya aktiva dan liabilitas pajak tangguhan ketika melaporkan spt tahunan badan.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyusutan aset tetap terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki kendaraan seharga Rp 74.000.000 yang disusutkan selama 8 tahun. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal penyusutan aktiva tetap untuk dilaporkan pada spt tahunan badan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Beban Penyusutan Kendaraan Rp 9.250.000
Akumulasi penyusutan Kendaraan Rp 9.250.000
(Jurnal depresiasi)

Baca Juga: Cara Menghitung Unit Ekuivalen dalam Process Costing

Demikian cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur untuk menyusun laporan posisi keuangan. Akun nominal dan akun riil harus dipertimbangkan untuk mengalokasikan secara wajar seluruh informasi keuangan yang didasarkan pada prinsip-prinsip akuntani berterima umum.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Salon dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel