Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Rahayu dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas bertujuan agar entitas dapat mempublikasikan seluruh mutasi aliran kas masuk dan aliras kas keluar sesuai penggunaannya.

Langkah-langkah menyusun laporan rekonsiliasi bank dan jawabannya dapat menjadi pedoman agar entitas dapat menjalankan kebijakan akuntansi keuangannya. Tahap-tahapan penyusunan rekonsiliasi bank dapat menjadi alasan bagi wajib pajak membuat laporan arus kas operasional, investasi dan pendanaan perusahaan.

Cara membuat rekonsiliasi bank diawali dengan permintaan penerbitan rekening koran sebagai dasar mutasi masuk dan keluarnya aliran dana perusahaan. Pemilikan lebih dari satu rekening giro mengakibatkan perusahaan mengeluarkan biaya administrasi dan pendapatan jasa lebih banyak.

Hal-Hal yang Mengakibatkan Perbedaan Pencatatan Kas Ditangan dan Kas Dibank

Penyebab terjadinya rekonsiliasi bank adalah terdapat keterlambatan waktu pengakuan transaksi antar pihak dan terjadinya salah pencatatan. Terdapat beberapa akun yang memerlukan jurnal penyesuaian ketika proses rekonsiliasi giro bank, perusahaan harus mengupayakan agar transaksi tetap berlangsung.

Pengertian Deposit in Transit dan Outstanding Check

Apa itu deposit in transit? Setoran dalam perjalanan adalah setoran yang telah dilaksanakan perusahaan pada akhir periode tetapi pihak perbankan akan mencatatnya dimasa berikutnya karena sudah berakhir masa pembukuan. Setoran dalam perjalanan akan menambah saldo di rekening bank ketika proses rekonsiliasi

Apa itu outstanding check? cek dalam perjalanan merupakan nomor cek atau bilyet giro yang telah digunakan perusahaan sebagai metode pembayaran tagihan tetapi pelanggan belum mencairkannya. Cek dalam perjalanan mengakibatkan saldo kas dibank terlalu banyak sehingga perlu dikurangi.

Akun-akun yang memerlukan jurnal penyesuaian setelah proses rekonsiliasi bank adalah pendapatan dan biaya yang dibebankan kepada perusahaan tetapi belum dicatat. Proses deposit in transit dan outstanding cek menjadi transaksi yang sering digunakan perusahaan setiap akhir periode akuntansi.

Baca Juga: Cara Menentukan Umur Ekonomis Aktiva Tetap Berwujud dan Jawabannya

Pengertian Non Sufficient Fund Check, Biaya Administrasi Bank dan Pendapatan Jasa

Non-sufficient fund check adalah cek yang telah dikeluarkan perusahaan dan mau dicairkan oleh pelanggan tetapi tidak terdapat saldo direkeningnya. Biaya penolakan cek akan dibebankan ke rekening penjual dan harus mengakui timbulnya piutang dan hutang ketika akhir periode pelaporan keuangan.

Biaya administrasi bank dan pendapatan jasa giro merupakan hal yang perlu dicatat perusahaan ketika proses rekonsiliasi bank. Contoh soal rekonsiliasi bank perusahana rahayu dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar terutama dalam internal control kas dan setara kas sesuai kebijakan perusahaan.

Cek kosong atau non sufficient fund merupakan tindakan yang illegal dan mengakibatkan rekening giro perusahaan dapat diblokir. Hal ini berakibat pada penurunan kepercayaan pihak perbankan dalam memberikan layanan penerimaan kas dan pembayaran secara online melalui internet banking.

Baca Juga: Cara Memasukkan Saldo Awal Persediaan di Accurate

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Rahayu dan Jawabannya

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jawabannya menjadi pembelajaran agar kas kecil dapat dipertanggungjawabkan. Siapa yang melakukan prosedur rekonsiliasi bank? yaitu pihak akuntan atau pihak yang tidak terlibat langsung dalam kegiatan pembayaran dan penerimaan kas melalui bank.

Contoh soal rekonsiliasi bank 8 kolom dan jawabannya akan mempertimbangkan beberapa macam proses analisis transaksi. Seluruh informasi keuangan harus dipublikasikan secara wajar untuk mencegah terjadinya kecurangan. Adapun riwayat transaksi pembayaran dan penerimaan melalui rekening koran adalah

TanggalKeterangan
1Outstanding cek sebesar Rp 90.150.000 dan deposit in transit sebesar Rp 115.150.200
2Biaya administrasi bank sebesar Rp 10.520.000 dan pendapatan jasa giro sebesar Rp 5.419.200
3Cek kosong sebesar Rp 85.000.000 dan pelunasan hutang tanpa konfirmasi sebesar Rp 45.000.000

Langkah-langkah prosedur rekonsiliasi bank dimulai dari proses penerimaan rekening koran dari perbankan. Setiap rekening bank yang dimiliki harus dikoreksi agar mendapatkan saldo yang sama dengan pencatatan. Adapun tahapan-tahapan laporan rekonsiliasi giro bank sebagai berikut:

Laporan Rekonsiliasi Bank
Kas per Buku Rp 821.620.000 Kas Bank Rp 751.519.000
2. Biaya Admin Bank Rp (10.520.000)1. Deposit in Transit Rp 115.150.200
2. Pendapatan Jasa Giro Rp 5.419.200 1. Check Belum Dicairkan Rp (90.150.000)
3. Pelunasan Hutang Rp 45.000.000
3. Cek Kosong Rp (85.000.000)
Saldo Akhir Rp 776.519.200 Saldo Akhir Rp 776.519.200

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Demikian contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan lanjutan. Bentuk-bentuk laporan rekonsiliasi bank berupa 2 kolom, 4 kolom dan 8 kolom menyesuaikan kebijakan akuntansi dan ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

0 Response to "Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Perusahaan Rahayu dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel