Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan kas dan rekening giro bank bertujuan memudahkan pengguna untuk membayarkan tagihan yang telah jatuh tempo. Waktu terbaik untuk melakukan rekonsiliasi bank adalah satu hari setelah perusahaan menerima laporan rekening koran untuk periode pelaksanaan pemeriksaan.

Contoh kasus audit kas kecil dan penyelesaiannya menjadi aktiva tetap yang sering digunakan perusahaan. Kas kecil berfungsi melaksanakan pembayaran jangka pendek yang dimiliki perusahaan. Entitas berkewajiban melaksanakan penagihan piutang tak tertagih yang diselenggarakan perusahaan setiap periodenya.

Contoh jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank harus dikerjakan menyesuaikan aktivitas pendapatan dan biaya di perusahaan. Penyebab perbedaan saldo kas menurut catatan bank dan perusahaan adalah adanya perbedaan pengakuan tanggal terjadinya transaksi sejalan dengan aktivitas yang berlaku di perusahaan tersebut.

Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank

Pengertian Rekonsiliasi Bank dan Contohnya

Pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli adalah tindakan perusahaan menyamakan saldo laporan aliran kas masuk dan keluar sesuai rekening koran. Rekening koran adalah laporan bulanan yang diterbitkan pihak perbankan dan berisi informasi tentang mutasi aliran dana keluar masuk untuk pembiayaannya.

Apa yang dimaksud rekonsiliasi bank dan berikan contohnya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal hutang harus melaksanakan pembayaran tagihan nominal material dengan transfer bank dan tagihan nominal kecil dengan kas kecil sistem imprest atau fluktuasi.

Apa yang dimaksud dengan rekonsiliasi bank dan berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi karena ketika perusahaan menggunakan layanan bank maka akan mendapatkan pendapatan jasa giro dan dibiayai biaya administrasi atas penggunaan layanan bank seperti internet banking atau penerbitan cek.

Baca Juga: Contoh Berita Acara Cash Opname dari Kasir

Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank

Contoh kasus pemeriksaan kas dan rekening giro bank dimulai dengan memeriksan sistem pengendalian internal. Internal control berpengaruh untuk membiayai aktivitas utama perusahaan sejalan dengan prosedur pemeriksaan kas dan setara kas untuk memberikan bukti transaksi yang kuat.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan rekening giro akan terdapat perbedaan sewaktu perpindahan periode laporan keuangan. Rekening koran dipergunakan untuk membantu akuntan mencatat mutasi aliran dana sebagai pemasukan atau pengeluaran kas ketika membiayai aktivitas operasional perusahaan.

Contoh soal rekonsiliasi bank 2 kolom dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan saldo kas akhir sebesar Rp 55.610.000. Berdasarkan hasil perhitungan top schedule dan supporting schedule akuntan publik mendapatkan hasil Rp 58.200.000 yang dikarenakan belum dicatatnya pendapatan giro bank. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank tersebut?

Baca Juga: Contoh Uji Subtantif dan Uji Compliance Kas dan Setara Kas

Cara Membuat Ayat Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Cara membuat ayat jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank dan jawabannya hanya dilakukan pada pencatatan atas penerimaan dan pengeluaran yang ada di perusahaan. Adanya kemungkinan pendapatan jasa giro, pembebanan biaya administrasi dan cek kosong akan terjadi selama satu periode akuntansi.

Contoh kasus pemeriksaan kas dan rekening giro bank wajib diselenggarakan untuk memastikan validitas dan keakuratan pencatatan akuntansi perusahaan. Kesalahan pencatatan dalam rekonsiliasi bank diawali dengan adanya prosedur manipulasi data pembayaran untuk tagihan yang tidak seharusnya dibayarkan.

Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank disisi perusahaan bergantung transaksi yang terjadi. Deposit in transit dan outstanding check bukan menjadi proses penyesuaian pembiayaan di bank. Berdasarkan contoh kasus pemeriksaan kas dan rekening giro, maka akuntan publik dapat membuat jurnal sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Kas Rp 2.590.000
Pendapatan Jasa Giro Rp 2.590.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawabannya

Demikian contoh kasus pemeriksaan kas dan rekening giro bank untuk membantu membiayai aktivitas operasional perusahaan. Kas merupakan aset perusahaan yang rentan terhadap kecurangan dikarenakan dimilikinya risiko bawaan dan risiko pengendalian internal selama menjalankan transaksi keluar masuknya kas.

0 Response to "Contoh Kasus Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel