Langkah-Langkah Memasukkan Saldo Awal Supplier dan Customer di Myob

Konten [Tampil]

Langkah-langkah memasukkan saldo awal supplier dan customer di myob accounting merupakan aktivitas pertama yang wajib diselenggarakan pembisnis sebelum memulai transaksi. Perbedaan pelanggan dan pemasok berkaitan dengan pihak yang memberikan barang sebagai persediaan dan melakukan pembelian.

Cara input saldo neraca saldo awal pada laporan posisi keuangan meliputi informasi tentang saldo awal pemasok, penjual dan persediaan barang dagang. Pengertian neraca saldo adalah seluruh aktiva yang dimiliki perusahaan dan diterangkan berasal dari manakah sumber daya keuangan yang dimaksudkan tersebut.

Cara memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok pada myob accounting bertujuan agar perusahaan tidak kehilangan piutang dan hutang sebelum membuat database baru. Modul yang digunakan untuk input data pelanggan melalui easy setup assistant adalah modul list dan dapat memilih sub menu card atau kartu.

Langkah-Langkah Memasukkan Saldo Awal Supplier dan Customer di Myob

Pengertian Pelanggan dan Pemasok di Myob

Pengertian pelanggan menurut para ahli adalah pihak yang melakukan pembelian barang dagang atau jasa perusahaan. Pelanggan dapat meminta kebijakan penjualan kredit kepada perusahaan dengan menunjukkan keefektifitas pembayaran secara tepat waktu. Termin pembayaran menjadi tujuan penjualan kredit.

Pengertian pemasok menurut para ahli adalah pihak yang memberikan bahan baku dan tenaga kerja langsung agar entitas dapat memproduksi pesanan sesuai kriterianya. Menu yang digunakan untuk memasukkan saldo awal pemasok adalah menu card dan dapat mengisi buku besar pembantu piutang.

Perbedaan supplier dan customer adalah pihak yang mengakui adanya keuntungan dan kerugian selama aktivitas bisnis berjalan. Saldo normal piutang adalah debit dan saldo normal hutang dagang adalah kredit. Penjualan akan dipungut pajak pertambahan nilai ketika sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak.

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Tenaga Kerja Langsung

Cara Memasukkan Saldo Awal Customer dan Supplier pada Myob Accounting

Cara memasukkan saldo awal customer dan supplier pada myob accounting secara accurate memerlukan informasi tentang company profile. Ketika saldo awal dimasukkan, maka saldo awal harus sesuai total hutang dan piutang yang berada di neraca saldo atau laporan posisi keuangan.

Langkah-langkah memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok pada myob secara accurate akan berdampak pada daftar piutang tak tertagih. Piutang tak tertagih adalah piutang yang belum diterima perusahaan selama satu periode setelah termin pembayaran dilewati. Piutang tak tertagih dapat dihapus langsung dan melalui cadangan kerugian piutang.

Cara memasukkan saldo awal supplier dan customer dapat menggunakan menu list dalam laporan keuangan. Modul bagian atas di aplikasi myob menjadi prosedur utama yang harus dilakukan. Cara mengatur preferensi akan mencegah terjadinya transaksi ganda setiap kali pembayaran tagihan setiap periodenya.

Baca Juga: Perbedaan Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Langkah-Langkah Input Saldo Awal Piutang dan Hutang Milik Pelanggan dan Pemasok

Langkah-langkah input saldo awal piutang dan hutang milik pelanggan dan pemasok dapat didasari pada buku besar pembantu. Buku besar pembantu hutang dan piutang harus diselenggarakan karena akan memudahkan ketika entitas akan melakukan pembayaran tagihan yang jatuh tempo sesuai peruntukkannya.

Menu yang digunakan untuk memasukkan saldo awal akun pemasok dan pelanggan adalah menu list. Pemberian kebijakan penjualan kredit harus dilakukan penelusuran agar entitas dapat mengetahui ketepatan waktu pembayaran tagihan. Hutang terdiri dari liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek.

Cara mengentri saldo awal customer dan supplier harus didasarkan pada buku besar pembantu hutang dan piutang. Sistem pengendalian internal persediaan akan membantu perusahaan menciptakan sistem pengiriman barang dagang sesuai pesanan yang telah masuk. Adapun cara input saldo awal pelanggan adalah

  1. Siapkan detail nama pelanggan yang hendak diinput
  2. Masuk ke Modul List > Customer List
  3. Isilah nama pelanggan yang telah membeli pesanan
  4. Pilih modul Setup > Balance > Customer Balance
  5. Isilah saldo awal setiap customer dan supplier yang dimiliki
  6. Perlu diperhatikan, bahwa saldo awal harus sama dengan saldo di neraca saldo.

Baca Juga: Contoh Metode Pencatatan Investasi dalam Saham

Demikian langkah-langkah memasukkan saldo awal supplier dan customer di myob accounting secara accurate. Agar entitas dapat mempertanggungjawabkan seluruh pengeluaran dan pemasukan persediaan dalam transaksi jual beli, maka sistem pengendalian internal inventory harus diselenggarakan.

0 Response to "Langkah-Langkah Memasukkan Saldo Awal Supplier dan Customer di Myob"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel