Contoh Soal dan Metode Pencatatan Investasi dalam Saham

Konten [Tampil]

Contoh soal dan metode pencatatan investasi dalam saham diperlukan sebagai dasar perhitungan ekuitas ditahan perusahaan. Modal adalah kekayaan yang disetorkan oleh investor kepada perusahaan untuk menjalankan aktivitas bisnisnya sesuai arah tujuan pendirian persekutuan dan perseroan terbatas sesuai akta perusahaan.

Contoh soal investasi dalam saham akuntansi keuangan menengah bertujuan agar perusahaan dapat menghitung portofolio investasi. Pengertian investasi dalam saham adalah investasi yang dilakukan perusahaan dengan membeli hak kontrol milik entitas lain agar menciptakan hubungan afiliasi.

Pemilikan saham terdiri kurang dari 20%, diantara 20% sampai 50 % dan diatas 50%. Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 dan jawabannya akan memberikan informasi tentang pedoman pencatatan akuntansi yaitu metode biaya perolehan, metode ekuitas dan pembuatan laporan keuangan konsolidasi.

Contoh Soal dan Metode Pencatatan Investasi dalam Saham

Pengertian dan Metode Investasi dalam Saham

Pengertian investasi dalam saham adalah kegiatan perusahaan menggunakan aktiva lancarnya untuk membeli bagian dari ekuitas entitas lain. Hubungan afiliasi adalah hubungan antara induk perusahaan dan anak perusahaan ketika membina kegiatan operasional dalam rangka mencapai tujuan didirikannya entitas.

Metode pencatatan investasi dalam dapat menggunakan metode ekuitas dan metode biaya. Kapan metode ekuitas digunakan yaitu ketika perusahaan mengakui perubahan modal anak perusahaan setiap kali transaksi terjadi. Metode biaya adalah penggabungan usaha dengan mengakui pendapatan dan beban yang terjadi.

Akuntansi investasi dalam saham bergantung kepada persentase pemilikan saham atau hak kontrol induk perusahaan. Ketika induk perusahaan memiliki hak kontrol dibawah 20% mengakibatkan entitas harus mengakuinya dengan metode biaya. Ketika induk perusahaan memiliki hak kontrol diatas 20% dapat diakui dengan metode ekuitas.

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo

Contoh Soal Pemilikan Saham Kurang dari 20%

Contoh soal pemilikan saham kurang dari 20% perlu menggunakan metode biaya dalam perhitungan pendapatan dan penjualan. Metode biaya perolehan investasi dalam saham artinya perusahaan mencatat pengeluaran pembelian saham sebesar biaya perolehan dan menerima pendapatan ketika terjadi pembagian dividen.

Contoh soal dan metode pencatatan investasi dalam saham terdiri dari metode ekuitas dan metode biaya perolehan. Investasi jangka pendek artinya kekayaan yang diperuntukkan kegiatan investasi dalam rangka memperoleh penghasilan dari modal atau ekuitas yang disetorkan para nasabah.

Jurnal mencatat pembelian saham kurang dari 20% hanya akan menerima hak kontrol sesuai jumlah saham yang dimilikinya. Pencatatan pembelian saham terjadi pada PT Rafinternet yang membeli saham PT Sukses dengan nilai nominal saham sebesar Rp 45.000 sebanyak 6 lot dan menerima dividen sebesar Rp 600 per lot. Buatlah jurnal pembelian dan penerimaan dividen tahun berjalan?

Baca Juga: Cara Menghitung Hak Kontrol Induk Perusahaan

Jurnal Pencatatan Pembelian dan Penerimaan Dividen Metode Biaya (Cost Method)

Jurnal pencatatan pembelian saham dan penerimaan dividen metode biaya menjadi pedoman ketika entitas memiliki saham kurang dari 20%. Hak kontrol adalah hak untuk mengendalikan entitas lain sesuai persentase pemilikan saham atau hak untuk mengangkat dan mempengaruhi kebijakan keuangannya.

Hubungan afiliasi adalah keterkaitan antara induk perusahaan yang mampu membeli sebagian besar saham miliki anak perusahaan. Tujuan merger dan konsolidasi adalah menyatukan kekayaan dan mengurangi persaingan dipasar untuk menciptakan penghasilan secara bersama-sama setiap periodenya.

Metode pencatatan investasi dalam saham terdiri dari metode ekuitas dan metode biaya perolehan. Perusahaan harus mengukur tingkat persentase pemilikan saham sebelum memutuskan terjadinya penggabungan usaha. Adapun jurnal pembelian saham dan jurnal penerimaan dividen metode biaya sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2021Investasi Saham PT Sukses Rp 27.000.000
Kas Rp 27.000.000
(Jurnal Pembelian Saham Perusahaan Lain)
20/09/2021Kas Rp 306.000
PPh pasal 4 Ayat 2 Dibayar Dimuka Rp 54.000
Pendapatan Dividen Rp 360.000
(Jurnal Penerimaan Dividen)

Baca Juga: Cara Menghitung Pembelian Kembali Saham yang Beredar

Demikian contoh soal dan metode pencatatan investasi dalam saham untuk penggabungan usaha akuntansi keuangan lanjutan. Tujuan penggabungan usaha adalam memaksimalkan modal yang disetorkan para pemegang saham untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

0 Response to "Contoh Soal dan Metode Pencatatan Investasi dalam Saham"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel