Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Joint Venture Metode Terpisah

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi joint venture dan jurnal pencatatan metode terpisah menjadi alokasi keuangan yang dilakukan managing partner dan para sekutu. Akuntansi keuangan lanjutan akan membahas tentang pengertian, macam-macam pencatatan akuntansi untuk perhitungan pembagian laba rugi setiap periodenya.

Jelaskan metode tidak terpisah dan metode terpisah dalam pencatatan joint venture atau perusahaan patungan dapat dilaksanakan mengikuti kebijakan perusahaan. Permasalah joint venture akan terjadi ketika sampai perjanjian kerjasama akan berakhir tetapi periode akuntansi tetap berjalan selama satu tahun.

Pertanyaan diskusi tentang joint venture diselenggarakan ketika para sekutu mau mengikat diri dalam sebuah perjanjian. Transaksi perusahaan patungan terdiri dari jurnal penyetoran kas, penggunaan kas untuk keperluan operasional, pengakuan laba atau rugi dan pembagian laba ketika memperoleh keuntungan.

Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Joint Venture Metode Terpisah

Contoh Joint Venture dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh joint venture dalam kehidupan sehari-hari hanya dapat dilaksanakan oleh pihak yang sudah memiliki usaha. Bagi sekutu yang tidak menyetorkan modal melainkan menyetorkan goodwill akan dinilai berdasarkan harga wajar pada saat penyerahan kekayaan ke perusahaan. Setoran kas akan dinilai sesuai nilai nominalnya.

Joint venture dalam diteruskan menjadi persekutuan firma atau persekutuan komanditer bergantung pada kelayakan usaha yang dilaksanakan. Kelebihan joint venture adalah kegiatan usahanya tidak akan mengganggu aktivitas operasional utama perusahaan dan dapat dijadikan pendapatan lain-lain periode berjalan.

Contoh joint venture dalam kehidupan sehari-hari harus memperlihatkan tambahan manfaat ekonomis yang menjadi tujuan perjanjian. Regulasi perusahaan patungan atau joint venture di indonesia telah diatur melalui peraturan pemerintah (pp), undang-undang (uu) bahkan surat ketetapan menteri sebagai berikut:

  • SK Menteri negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 15/SK/1994 tentang ketentuan pelaksanaan pemilikan saham dalam perusahaan yang didirikan dalam rangka penanaman modal asing.
  • UU Nomor 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing.
  • PP Nomor 7 Tahun 1993 tentang Pemilik Saham perusahaan penanaman Modal Asing

Baca Juga: Perbedaan Persekutuan Firma, Joint Venture dan Perseroan Terbatas

Pertanyaan Diskusi Tentang Joint Venture Perusahaan Patungan

Pertanyaan diskusi tentang joint venture perusahaan patungan dilandasi oleh transaksi pemodalan sistem kereta api yang ada di amerika serikat. Perusahan patungan akan mewajibkan para sekutu menyetorkan kas dan setara kas, bagi sekutu yang memiliki nilai lebih bisa tidak menyetorkan harta tertentu.

Pertanyaan tentang joint venture dan persekutuan tentu memiliki sebuah perbedaan yaitu penerapan prinsip keberlangsungan usaha. Perusahaan patungan biasanya tidak memiliki aktiva tetap tetapi persekutuan firma dapat menjalankan operasionalnya dengan melakukan pembelian aset tetap.

Apakah joint venture dapat diteruskan menjadi persekutuan firma atau persekutuan komanditer dapat diterapkan ketika masa perjanjian lebih dari satu periode akuntansi. Perjanjian kerjasama perusahaan patungan harus disertakan waktu berakhirnya kegiatan operasinal dan beberapa informasi sebagai berikut:

  • Tujuan dan struktur permodalan
  • Alamat korespondensi perusahaan
  • Pembagian keuntungan dan pertanggungjawaban liabilitas
  • Hak dan tanggungjawab para sekutu

Baca Juga: Contoh Perusahaan yang Melaksanakan Joint Venture di Indonesia

Contoh Soal Akuntansi Joint Venture Metode Terpisah dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi joint venture metode terpisah dan jawabannya harus diselenggarakan mengikuti kebijakan akuntansi di perusahaan. Kesepakatan perusahaan patungan berisikan permasalahan pembagian laba ketika usia joint venture melebihi satu periode akuntansi keuangan lanjutan.

Manfaat perusahaan melakukan joint venture adalah mengurangi penyetoran sumber daya dan menggunakan nilai lebih para sekutu. Pertanggungjawaban resiko jangka panjang dan tidak terdapatnya komitmen akan membantu permodalan perusahaan ketika menghasilkan laba rugi komprehensif.

Contoh soal dan jawaban akuntansi joint venture terjadi ketika perjanjian patungan antara PT Rafinternet dengan sekutu menghasilkan laba sebesar Rp 18.000.000. Pembagian laba rugi akan diselenggarakan dengan rasio 6:4. Buatlah jurnal pencatatan pembagian keuntungan periode berjalan?

Pencatatan Joint Venture PT. RafinternetPencatatan Joint Venture Sekutu Pertama
Keterangan Debit Kredit Keterangan Debit Kredit
Investasi Joint Venture Rp 7.200.000 Investasi Joint Venture Rp 10.800.000
Laba Joint Venture Rp 7.200.000 Laba Joint Venture Rp 10.800.000

Baca Juga: Contoh Perjanjian Perusahaan Patungan atau Joint Venture

Demikian contoh soal dan jurnal akuntansi joint venture metode terpisah dan tidak terpisah akuntansi keuangan lanjutan. Kelebihan dan kekurangan perusahaan patungan harus dimengerti sesuai karakteristik agar para sekutu berhasil melaksanakan hak dan kewajibannya ketika kegiatan operasional dimulai.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Joint Venture Metode Terpisah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel