Contoh Soal dan Jawaban Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo bermanfaat untuk mengurangi biaya bunga setiap periode. Akuntansi keuangan menengah akan memberikan keuntungan bagi perusahaan yang menerbitkan obligasi diantaranya memperoleh tambahan modal dari pihak luar perusahaan atau eksternal.

Pertanyaan tentang obligasi jangka panjang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Penerbitan obligasi harus mendapatkan persetujuan dari trustee untuk memberikan kemudahan dalam alokasi pinjaman. Dalam obligasi harus memuat informasi tanggal dan bunga per periode yang harus dibayarkan.

Contoh soal premium obligasi dan diskonto obligasi akan terjadi ketika entitas telah meminta sejumlah dana untuk mengalokasikan ke lembaga keuangan. Tujuan penerbitan obligasi adalah memperoleh pinjaman pihak eksternal dan tidak mengubah komposisi modal pemegang saham dalam akta pendirian.

Contoh Soal dan Jawaban Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Apa itu Premium dan Diskonto Obligasi

Premium dan diskonto obligasi adalah kondisi dimana perusahaan harus mengembalikan sejumlah pinjaman diatas atau dibawah nilai nominal. Entitas lebih menyukai menerbitkan obligasi daripada saham dikarenakan akan mengurangi jumlah laba per lembar saham ketika dibagikan sebagai dividen orang pribadi.

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat keterangan meminjam sejumlah dana dalam jangka panjang dengan diberikannya bunga per tahun. Prinsip time value of money akan memperlihatkan sejauh mana keuntungan yang didapatkan oleh investor dari dana yang dijadikan pinjaman kepada perusahaan.

Obligasi dijual diantara dua tanggal bunga akan terjadi ketika entitas melakukan penjualan surat hutang selama bunga berjalan. Perusahaan penerbit obligasi akan membayarkan bunga selama satu semester melalui lembaga keuangan atau trustee. Bunga berjalan harus diakui sebagai milik perusahaan penerbit.

Baca Juga: Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenis Surat Hutang Perusahaan

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo berguna agar entitas dapat mengurangi jumlah pengeluaran biaya bunga. Bunga obligasi dapat dibayarkan per semesteran atau per tahun mengikuti perjanjian obligasi yang ditandatangani oleh penerbit dan pihak penjamin pinjaman seperti bank.

Contoh soal penerbitan dan pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo bertujuan untuk menghindari peningkatan suku bunga pasar. Tingkat suku bunga pasar adalah biaya yang mau dibayarkan oleh investor ketika menggunakan dana kas untuk melangsungkan kegiatan operasional perusahaan.

Contoh kasus obligasi jangka panjang terjadi pada PT Rafinternet yang menerbitkan obligasi sebesar Rp 82.000.000 dengan bunga 8% per tahun. Perusahaan akan membayarkan bunga pinjaman selama 6 bulan berturut-turut dari masa pemakaian kas tersebut. Buatlah jurnal penerbitan saham dan pelunasan obligasi tersebut?

Baca Juga: Perbedaan Saham dan Obligasi

Jurnal Penerbitan Obligasi dan Pelunasan Hutang Obligasi

Jurnal penerbitan obligasi dan pelunasan hutang obligasi akan ditunjukkan dalam transaksi di laporan posisi keuangan. Callable bonds adalah instrumen keuangan dimana perusahaan akan mengembalikan dana pinjaman sebelum masa jatuh tempo. Nilai nominal harus ditentukan ketika akad perjanjian dilaksanakan.

Mengapa perusahaan lebih suka menerbitkan obligasi daripada pinjaman bank dan menerbitkan saham? karena adanya pertimbangan keringanan bunga yang harus dibayarkan. Saham adalah bukti penyertaan kas untuk operasional perusahaan dan menerima imbal balik berupa dividen tunai atau properti.

Jurnal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo harus dilaporkan pada catatan atas laporan keuangan. Peristiwa setelah tanggal neraca menjadi pertimbangan untuk menentukan terjadinya transaksi kecurangan oleh perusahaan. Adapun jurnal pembayaran bunga obligasi dan penerbitan obligasi adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/12/2021Bank Mandiri Rp 82.000.000
Hutang Obligasi Rp 82.000.000
(jurnal penerbitan obligasi)
02/06/2022Hutang Obligasi Rp 82.000.000
Bunga Obligasi Rp 6.560.000
Bank Mandiri Rp 88.560.000

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Menurut Pajak

Demikian contoh soal dan jawaban pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo akuntansi keuangan menengah. Untuk menurunkan tingkat bunga pasar maka perusahaan dapat menggunakan pertimbangan konsep nilai waktu dari uang agar dapat mengembalikan pokok pinjamannya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel