Contoh Soal Kebijakan Akuntansi dan Perubahan Estimasi

Konten [Tampil]

Contoh soal kebijakan akuntansi dan perubahan estimasi menjadi hal yang dipertimbangkan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Kebijakan akuntansi adalah seluruh dasar yang digunakan perusahaan dalam mencatat transaksi. Perubahan estimasi adalah perubahan dasar yang digunakan perusahaan terhadap penilaian aktiva tetap.

Pertanyaan tentang kebijakan akuntansi, perubahan estimasi dan koreksi kesalahan menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Akuntan harus dapat mengungkapkan penerapan retrospektif dalam membuat jurnal perubahan estimasi akuntansi periode tersebut.

Contoh soal dan jawaban perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan menjadikan akuntan perusahaan merevisi laporan posisi keuangan yang telah diterbitkan. Koreksi kesalahan adalah penilaian terhadap kesalahan yang timbul dari pengakuan dan pengukuran transaksi keuangan perusahaan.

Contoh Soal Kebijakan Akuntansi dan Perubahan Estimasi


Pertanyaan Tentang Kebijakan Akuntansi

Pertanyaan tentang kebijakan akuntansi terjadi ketika laporan keuangan tahunan perusahaan telah diterbitkan. Bagi perusahaan, adanya perubahan laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi menjadikan ketidakkonsistenan perusahan melaporkan kinerja keuangan periode tersebut.

Pertanyaan dan jawaban kebijakan akuntansi seharusnya dapat mengakui dan mengukur elemen laporan keuangan secara andal. Penerapan prinsip konservatisme adalah prinsip yang memperkenankan perusahaan mengakui beban yang dapat diukur dengan andal tetapi tidak boleh mengakui pendapatan yang belum masuk.

Pertanyaan tentang kebijakan akuntansi harus menerapkan prinsip materialitas. Materialitas adalah kelalaian dalam menyampaikan mencatat transaksi akan menjadikan kesalahan dalam pengambilan keputusan yang bersifat ekonomis.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pajak Penghasilan

Pertanyaan Tentang Perubahan Estimasi dan Koreksi Kesalahan

Pertanyaan tentang perubahan estimasi dan koreksi kesalahan tentunya melibatkan penerapan retrospektif. Penerapan retrospektif adalah perubahan kebijakan akuntansi baru dimana dilakukan koreksi terhadap pengakuan dan pengukuran transaksi keuangan yang baru.

Pertanyaan tentang koreksi kesalahan dan perubahan estimasi mengharuskan perusahaan melaporkan dampak kumulatif terhadap perubahan kebijakan akuntansi. Entitas dianjurkan untuk mengubah laporan keuangan tahun sebelumnya dan menunjukkan adanya perubahan estimasi akuntansi yang dilakukan.

Pertanyaan tentang perubahan estimasi dan koreksi kesalahan mengharuskan perusahaan menyesuaikan saldo awal setiap komponen modal yang terpengaruh kebijakan akuntansi. Perbedaan jumlah yang disesuaikan harus disajikan seolah-olah terjadi kebijakan akuntansi baru yang diterapkan diperusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Transaksi Salam dalam Akuntansi Syariah

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan dapat terjadi setelah laporan keuangan diajukan untuk diaudit oleh akuntan publik. Ketika terjadi ketidakpraktisan penerapan prinsip retrospektif maka perusahaan dapat menjadikan dampak kumulatif terhadap laporan keuangan periode tersebut.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan menyebabkan adanya kecurigaan dari beberapa pihak berkepentingan. Perubahan metode penilaian persediaan dan perubahan masa manfaat aktiva tetap dapat menjadi permasalahan dalam pembayaran pajak yang dilakukan perusahaan.

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi, perubahan estimasi dan koreksi kesalahan terjadi pada PT Rafinternet yang menggunakan metode average sebelum tahun 2021. Kebijakan akuntansi PT Rafinternet diubah untuk menyesuaikan transaksi sehingga metode penilaian persediaan menjadi FIFO.

Adapun ringkasan data untuk penerapan kebijakan retrospektif adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020Persediaan Rp 95.000
Laba Ditahan Rp 95.000

Baca Juga: Contoh Soal Aktiva dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Demikian contoh soal kebijakan akuntansi, perubahan estimasi dan koreksi kesalahan semoga dapat membantu proses revaluasi dan penerapan retrospektif atas laporan posisi keuangan.

0 Response to "Contoh Soal Kebijakan Akuntansi dan Perubahan Estimasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel