Contoh Soal Laba Rugi Selisih Kurs dalam Laporan Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal laba rugi selisih kurs dalam laporan keuangan dipublikasikan sebagai akibat transaksi import dan eksport yang dilaksanakan perusahaan. Bagaimana perlakukan selisih kurs menurut akuntansi dan perpajakan akan menghindarkan entitas dari denda dan sanksi administratif pembayaran pajak masa dan tahunan.

Bagaimana cara menghitung selisih kurs menurut perpajakan dan akuntansi akan diperhitungkan sebagai pendapatan dan biaya periode berjalan. Kerugian akibat perbedaan mata uang dalam valuta asing dapat dibebankan sebagai biaya fiskal untuk mengurangi jumlah pembayaran pajak penghasilan badan.

Perlakuan laba atau rugi karena selisih penyesuaikan kurs jual dan kurs beli yang ditetapkan per tanggal transaksi terjadi dan tanggal akhir laporan keuangan dapat menjadikan penghasilan lain-lain. PSAK 10 mengatur tentang pertukaran valuta asing ketika dilaksanakan transaksi import dan eksport barang dagang.

Contoh Soal Laba Rugi Selisih Kurs dalam Laporan Keuangan

Perlakuan Selisih Kurs Menurut Akuntansi dan Perpajakan

Perlakuan selisih kurs menurut akuntansi dan perpajakan memiliki perbedaan karena akan dipotongkan menjadi pajak penghasilan badan. Biaya fiskal adalah pengeluaran perusahaan yang diperkenankan untuk menjadi pengurang penghasilan bruto dan menjadi penentu penghasilan kena pajak yang dilaporkan entitas.

Perlakuan selisih kurs menurut akuntansi akan diakui nilai tukar valuta asing sebesar nilai pada saat transaksi berjalan. Kurs adalah nilai tukar mata uang asing yang dimiliki suatu negara terhadap valuta negara lain. Kurs terdiri dari kurs beli, kurs jual dan kurs tengah. Akuntansi akan menggunakan kurs bank indonesia.

Bagaimana perlakukan selisih kurs menurut perpajakan akan diakui sebagai pengurang penghasilan netto. Ketika perusahaan menghitungkan kewajiban pembayaran pajak maka akan menggunakan kurs menteri keuangan. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai rupiah melemah dan nilai dollar naik sebagai berikut:

  1. Kondisi perekonomian dan politik.
  2. Stabilitas perdagangan di suatu negara
  3. Permintaan dan penawaran produk tertentu

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penutup dan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Contoh Soal Laba Rugi Selisih Kurs dalam Laporan Keuangan dan Jawabannya

Contoh soal laba rugi selisih kurs dalam laporan keuangan harus menggunakan prinsip akuntansi berterima umum. Perbedaan soft currency dan hard currency terletak pada pembagian negara maju dan negara berkembang. Nilai dollar amerika termasuk hard currency disebabkan memiliki nilai stabil dan diperdagangkan secara internasional.

Contoh keuntungan selisih kurs mata uang asing menjadi pertimbangan untuk melaksanakan aktivitas di luar negeri. Pajak penghasilan transaksi di luar negeri akan dikenakan pph pasal 24 yang dapat dikreditkan ketika entitas mau melaporkan spt tahunan badan setiap akhir bulan ke empat dari tahun fiskal.

Contoh soal selisih kurs mata uang asing terjadi pada PT Rafinternet yang mengadakan pinjaman sebesar $5.200 dengan kurs bank indonesia sebesar Rp 5.100. Diakhir periode akuntansi, kurs bank indonesia mengalami penurunan menjad Rp 5.600. Berapakah kerugian selisih kurs yang harus dilaporkan?

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Mudharabah Muthlaqah dan Jawabannya

Cara Menghitung Selisih Kurs Mata Uang Asing di Laporan Keuangan

Cara menghitung selisih kurs mata uang asing di laporan keuangan menjadi pedoman ketika entitas menggunakan kurs jual dan kurs beli. Kurs jual adalah harga yang mau dibayarkan nasabah untuk membeli valuta asing dari perbankan. Kurs beli adalah harga yang mau dibayarkan bank untuk membeli valuta asing nasabah.

Apakah selisih kurs mata uang asing berpengaruh terhadap penyajian laporan keuangan bergantung pada materialitas transaksi tersebut. Materialitas adalah tingkat dimana kesalahan penyajian akan mengakibatkan ketidaksesuaian pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak manajerial perusahaan.

Cara menghitung laba rugi selisih kurs akan mempertimbangkan nilai valuta asing yang dipergunakan. Kerugian selisih kurs dapat diakui sebagai biaya fiskal. Deductible expance adalah pengeluaran perusahaan yang dijadikan pengurang penghasilan netto. Adapun contoh perhitungan rugi selisih kurs sebagai berikut;

Nilai CIF$5.200
Kurs Bank Indonesia Ketika Pembelian Rp 5.100
Nilai Transaksi Rp 26.520.000
Kurs Bank Indonesia Ketika Akhir Periode Rp 5.600
Nilai Transaksi Rp 29.120.000
Rugi Selisih Kurs Rp (2.600.000)

Baca Juga: Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan Barang Dagang

Demikian contoh soal laba rugi selisih kurs dalam laporan keuangan akuntansi keuangan menengah dan perpajakan. Kurs yang merupakan selisih antara kurs jual dan kurs beli dinamakan kurs tengah. Penghasilan yang diterima dari luar negeri akan memperoleh fasilitas penghindaran pajak berganda oleh pemerintah.

0 Response to "Contoh Soal Laba Rugi Selisih Kurs dalam Laporan Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel