Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Konten [Tampil]

Contoh soal pertukaran aset tetap yang memiliki substansi komersial diselenggarakan karena entitas memprediksi bahwa ketika melepaskan aset akan mendatangkan kerugian. Penjualan aktiva tetap akan mendatangkan laba dan rugi bergantung kepada jumlah kas yang diterima pada saat melepaskan aset tertentu.

Laba dan rugi pelepasan aset tetap berdampak pada kewajaran laporan keuangan terutama ketika entitas memiliki aktiva yang bernilai material. Alasan perusahaan menjual dan membuang aktiva tetap adalah kerusakan yang tidak dapat diperbaiki atau memerlukan biaya mahal serta diberikan kepada relasi bisnis.

Perbedaan antara aktiva tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial akan dibahas dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Karakteristik utama aset tetap adalah memerlukan biaya yang material ketika ingin mendatangkan aset untuk kegiatan produksi yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Pengertian dan Alasan Perusahaan Menukarkan Aktiva Tetap

Pengertian pelepasan aset tetap adalah prosedur perusahaan berkaitan dengan kekayaan untuk produksi dimana didapatkan informasi terjadinya kerusakan atau keausan. Aset tetap memiliki masa manfaat yang dihitung sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku serta kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Alasan perusahaaan menukarkan aset tetap sejenis dan tidak sejenis berdampak pada keberlangsungan usaha di kemudian harinya. Perusahaan manufaktur memerlukan mesin dan bangunan untuk melangsungkan kegiatan produksi sehingga pendapatan akan diterima perusahaan dan dipotongkan pajak penghasilan.

Bagaimana aset tetap diakui dan diukur dapat terjadi ketika entitas mempertanggungjawabkan penggunaan dana. Pemerikaan aktiva tetap memerlukan bukti transaksi seperti prosedur pemakaian aset, nilai penjualan dan nilai residu, keputusan para pemegang saham melalui rapat umum terbatas setiap periodenya.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Perbedaan Aset yang Memiliki Substansi Komersial dan Tidak Komersial

Perbedaan aktiva tetap yang mempunyai substansi komersial dan tidak komersial terletak pada kemampuan menghasilan keuntungan tanpa diperjualbelikan. Umur ekonomis adalah kemampuan puncak aset yang diperhitungkan berdasarkan jangka waktu pemakaian sampai berakhirnya penggunaan.

Pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis dapat terjadi sesuai kesepakatan dengan lawan transaksi. Pencatatan aktiva tetap pada saat perolehan dipengaruhi oleh pembayaran yang dilakukan dan biaya perolehan. Umur manfaat dan metode depresiasi harus ditentukan sebelum penggunaan mesin dan kendaraan.

Bedanya aset tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial terletak pada kemungkinan entitas memperoleh nilai wajar yang lebih tinggi kemudian hari. Uang muka pembelian kendaraan dan mesin termasuk akun aktiva karena entitas telah melakukan perjanjian pembelian aset tertentu.

Baca Juga: Contoh Kasus Laba Rugi Selisih Kurs Mata Uang Asing

Contoh Soal dan Jurnal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Contoh soal dan jurnal pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis akan dipotongkan pajak penghasilan badan ketika memperoleh keuntungan. Pengeluaran perusahaan selama masa manfaat akan dipertimbangkan sebagai capital expenditure dan revenue expenditure mengikuti kebijakan akuntansinya.

Contoh soal dan jawaban pelepasan aktiva tetap memerlukan sistem pengendalian internal dalam rangka mencegah terjadinya penjualan dan penghentian tanpa otorisasi. Karakteristik utama aset tetap adalah memiliki masa manfaat yang lebih lama daripada satu periode pencatatan akuntansi keuangan.

Laba rugi pertukaran aset tetap akan terjadi pada PT Rafinternet yang menukarkan tanah senilai Rp 55.000.000 dengan sebuah mobil seharga Rp 86.000.000 dan kas senilai Rp 23.000.000. Buatlah ayat jurnal pelepasan aktiva tetap yang harus dicatat pada laporan posisi keuangan periode berjalan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/03/2022Kas Rp 23.000.000
Mobil Rp 86.000.000
Tanah Rp 55.000.000
Laba Pertukaran Aset Rp 54.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya dan Akumulasi Penyusutan Aktiva Metode Fifo

Demikian contoh soal pertukaran aset tetap yang mempunyai substansi komersial baik aktiva sejenis dan tidak sejenis akuntansi keuangan menengah. Karakteristik utama aset tetap adalah biaya perolehan aset yang material dengan masa pakai melebihi satu tahun fiskal dan diatur dalam ketentuan umum perpajakan.

0 Response to "Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel