Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar dari Persekutuan Firma

Konten [Tampil]

Contoh soal anggota sekutu keluar dari persekutuan firma menjadi pertanyaan akuntansi keuangan lanjutan. Karakteristik utama persekutuan adalah modal tidak dibagi berdasarkan saham melainkan dipertanggungjawaban atas seluruh harta milik sekutu walaupun sampai harta milik pribadinya.

Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan berkaitan dengan penyebab sekutu keluar dan pembagian persentase laba rugi baru setelah keluarnya anggota sekutu lama. Perbedaan pembubaran firma metode bonus dan metode goodwill bergantung pada pencatatan awal ketika sebuah firma didirikan oleh persekutuan.

Kesalahan apa saja yang sering terjadi pada saat likuidasi persekutuan yaitu menentukan realiasi dan likuidasi aktiva tetap. Kasus pembubaran persekutuan akan terjadi dengan menukar hak sekutu dengan kas dan setara kas, sekutu meninggal dunia bahkan sekutu mengambil modal yang sudah pernah ditanamkan.

Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar dari Persekutuan Firma

Pertanyaan tentang Pembubaran dan Likuidasi Persekutuan

Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan dan likuidasi persekutuan mengikuti kebijakan akuntansi yang diterapkan. Segala keuntungan dari penyetoran modal pribadi di persekutuan dan koperasi bukan merupakan objek pajak sehingga tidak akan dipotong pajak penghasilan tahunan badan.

Pertanyaan tentang perubahan anggota persekutuan akan menyebabkan firma dibubarkan secara hukum. Segala aktivitas yang menyebabkan perubahan akta pendirian maka firma akan dianggap berakhir. Karakteristik firma yang memiliki usia terbatas dikarenakan jangka waktu kerjasamanya pendek disebut limited life.

Pertanyaan tentang pembentukan dan pembubaran persekutuan menjadi tahapan dari kerjasama anggota sekutu dalam menjalankan operasionalnya. Yang bukan merupakan karekteristik persekutuan adalah perseroan terbatas dibentuk berdasarkan modal saham dan memerlukan izin pendirian yang cukup panjang.

Baca Juga: Pengertian dan Karakteristik Utama Persekutuan

Contoh Pembubaran Persekutuan Metode Bonus dan Metode Goodwill

Contoh pembubaran persekutuan metode bonus dan metode goodwill diperlukan sebagai sarana untuk memperhitungkan nilai lebih yang dimiliki anggota sekutu. Goowill adalah nilai lebih yang dimiliki sekutu daripada sekutu lain seperti ketenaran nama, ide bisnis bahkan memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Pembubaran persekutuan firma akuntansi keuangan lanjutan disebabkan karena adanya kebangkrutan atau pengunduran diri sekutu secara sukarela. Penyebab firma dibubarkan adalah sekutu meninggal dunia, perjanjian kerjasama berakhir, sekutu mengambil kembali modal yang disetorkan diawal periode.

Contoh soal pembubaran firma metode bonus terjadi pada Firma Rafinternet dimana tuan raffi mengambil kembal modal sebesar Rp 75.200.000. Laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif yang dilaporkan menunjukkan komposisi modal persekutuan sebelum pembubaran adalah

Nama Sekutu Modal Disetor
Raffi Rp 95.000.000
Adinda Rp 25.480.000
Ananda Rp 84.495.000

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dan Pembalik ketika Pendirian Firma

Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu dari Firma

Jurnal keluarnya anggota sekutu dari persekutuan wajib diselenggarakan ketika terdapat sekutu yang mengundurkan diri secara sukarela atau paksaan. Hutang internal dan hutang eksternal harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum persekutuan dilikuidasi atau dibubarkan secara hukum sesuai akta pendirian.

Cara menghitung bonus dan goodwill yang diterima sekutu bertahan dan sekutu yang keluar ditentukan berdasarkan persentase laba rugi. Faktor-faktor yang menyebabkan besarnya persentase laba rugi ditentukan berdasarkan tingkat partisipasi anggota sekutu ketika melaksanakan kegiatan operasional perusahaan.

Perhitungan Bonus Sekutu
Jumlah Modal Akhir Rp 95.000.000
Jumlah Kas yang Diberikan Rp 75.200.000
Selisih Rp 19.800.000

Pengunduran diri sekutu secara sukarena terjadi ketika meminta pengembalian modal atau menjual haknya ke sekutu lain. Pengunduran diri sekutu secara paksaan terjadi ketika anggota sekutu meninggal dunia. Adapun jurnal pengunduran diri sekutu menggunakan metode bonus dan metode goodwill sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2021Modal Raffi Rp 95.000.000
Modal Adinda Rp 13.200.000
Modal Ananda Rp 6.600.000
Kas Rp 75.200.000
(jurnal pengembalian modal sekutu)

Baca Juga: Penyebab Pembubaran atau Likuidasi Persekutuan

Demikian contoh soal anggota sekutu keluar dari persekutuan firma akuntansi keuangan lanjutan. Prosedur masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama hendaknya dicantumkan pada akta pendirian karena akan berpengaruh pada pembagian laba rugi yang didapatkan oleh masing-masing anggota sekutu.

0 Response to "Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar dari Persekutuan Firma"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel