Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan dagang dan contoh soal akuntansi pengantar dapat dijadikan bahan untuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Pada awal periode selanjutnya, akuntan manajemen diperkenankan membuat jurnal pembalik dalam rangka memudahkan pencatatan transaksi akuntansi.

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik diberlakukan agar catatan diperusahaan dapat disederhanakan. Fungsi dan tujuan pembuatan jurnal penyesuaian dan pembalik adalah mengakui piutang dan utang yang sebenarnya sudah menjadi hak dan kewajiban perusahaan untuk dilakukan pengakuan sesuai standar akuntansi.

Jurnal pembalik dibuat setiap awal periode dan jurnal penyesuaian dibuat setiap akhir periode dengan menggunakan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen adalah representasi setiap transaksi operasional perusahaan yang berakibat pada pencatatan keuangan dan kinerja keuangan tahun berjalan.

Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Contoh Soal

Fungsi dan Tujuan Pembuatan Jurnal Pembalik

Fungsi dan tujuan pembuatan jurnal pembalik adalah memudahkan akuntan dalam mengakui kewajiban dan hak periode berjalan. Apakah perusahaan dagang, jasa dan manufaktur diwajibkan membuat jurnal pembalik? tentu tidak. Entitas dapat melanjutkan transaksi menggunakan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses.

Pengertian jurnal pembalik menurut para ahli adalah jurnal umum yang dibuat perusahaan disetiap awal periode untuk membalikan informasi pada jurnal penyesuaian. Langkah pertama dalam membuat jurnal penutup adalah menghitung seluruh pendapatan dan biaya yang terjadi dan diakui sebagai ikhtisar laba rugi.

Tujuan dan fungsi jurnal pembalik harus dimanfaatkan agar perusahaan dapat menerapkan siklus akuntansi. Akun-akun yang memerlukan jurnal pembalik diantaranya beban dan penghasilan yang dibayar dimuka serta seluruh transaksi yang masih harus dibayarkan perusahaan diakhir periode sebelumnya.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa diperkenankan dibuat diawal periode untuk membalikkan transaksi jurnal penyesuaian. Transaksi yang memerlukan jurnal pembalik biasanya menggunakan metode akrual yaitu metode pencatatan ketika terjadinya transaksi tanpa mempertimbangkan kas dan setara kas yang diterima.

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan dagang dan jasa menjadi materi akuntansi pengantar. Siklus akuntansi terakhir yang dilakukan akuntan perusahaan adalah membuat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan. Jurnal pembalik tidak wajib dilakukan mengingat hanya mempermudah pencatatannya.

Contoh soal pembuatan jurnal pembalik terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki gaji karyawan yang terutang sebesar Rp 72.910.000. Kebijakan manajemen membayarkan gaji setiap tanggal 15 bulan selanjutnya sehingga akuntan perusahaan sudah membuat jurnal penyesuaian sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2021Beban Gaji Rp 72.910.000
Hutang Gaji Rp 72.910.000
(Jurnal penyesuaian pembayaran gaji karyawan)

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar

Bagaimana Cara Membuat Jurnal Pembalik di Awal Periode Akuntansi

Bagaimana cara membuat jurnal pembalik di awal periode akuntansi memerlukan informasi tentang jurnal penyesuaian yang sudah dibuat. Siklus akuntansi perusahaan dagang dimulai dari menganalisis bisnis sampai pembuatan jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan untuk keperluan perpajakan.

Cara menyusun jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang wajib diselenggarakan bagi entitas yang ingin menyederhanakan pencatatannya. Setelah jurnal penutup, maka perusahaan harus membuat laporan posisi keuangan. Adapun jurnal pembalik di awal periode yang harus di buat perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2021Hutang Gaji Rp 72.910.000
Beban Gaji Rp 72.910.000
(Jurnal pembalik hutang gaji karyawan)

Cara membuat jurnal pembalik dari jurnal penyesuaian diharapkan membantu perusahaan menyederhanakan pencatatan. Setelah jurnal pembalik dibuat, maka dianggap tidak terjadi pembebanan biaya gaji periode sebelumnya. Hal ini menyebabkan ketika pembayaran gaji akan muncul rekening beban gaji yaitu

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/06/2021Beban Gaji Rp 72.910.000
Kas Rp 72.910.000
(Jurnal membayar gaji karyawan)

Baca Juga: Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan

Demikian cara membuat jurnal pembalik perusahaan dagang dan contoh soal akuntansi pengantar. Jurnal penyesuaian kembali diharapkan menjadi dasar bagi perusahaan untuk melaporkan transaksi sesuai kejadian yang sebenarnya dalam rangka mempertanggungjawabkan dana investor perusahaan.

0 Response to "Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Contoh Soal"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel