Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan pembahasannya dilaksanakan agar dapat menerangkan secara tepat kelebihan penjualan kredit. Pengertian penjualan kredit menurut para ahli adalah penjualan yang dilakukan perusahaan kepada pelanggan yang akan dibayarkan kemudian harinya.

Metode penghapusan piutang terdiri dari metode cadangan kerugian piutang dan metode penghapusan langsung. Pembentukan akun cadangan kerugian piutang berfungsi sebagai dasar pertanggungjawaban perusahaan untuk mengecilkan jumlah penghasilan kena pajak dan pengurangan biaya pajak terutang tahunan.

Kelebihan dan kelemahan penghapusan piutang langsung berakibat pada omzet penjualan yang dilaporkan. Omzet penjualan dijadikan dasar dalam menentukan penghasilan kena pajak yang dipotongkan pajak penghasilan setiap tahunnya dan dilaporan pada surat pemberitahuan pajak tahunan badan.

Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Pembahasannya

Mengapa Perlu Dilakukan Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Mengapa perlu dilakukan penghapusan piutang tak tertagih berakibat pada dilaporkannya penghasilan yang tidak mungkin didapatkan perusahaan. Piutang dagang terjadi ketika perusahaan melakukan penjualan kredit dengan menerapkan otorisasi pemberian kredit oleh manajer kreditur perusahaan.

Transaksi penghapusan piutang akan dicatat ke dalam jurnal beban kerugian pajak dan cadangan kerugian piutang. Nilai piutang dagang harus dilaporkan sebesar nilai yang diharapkan dapat direalisasikan diakhir periode. Piutang dilaporkan sebesar nilai kotor piutang dikurangkan cadangan kerugian piutang yang dibentuk.

Penyebab penghapusan piutang tak tertagih oleh perusahaan dagang dan jasa diakibatkan tidak dimungkinkan piutang dapat dilunasi oleh lawan transaksi. Dua metode penilaian piutang didasarkan pada pembentukan cadangan kerugian piutang dan piutang dagang dihapus secara langsung di periode berjalan.

Baca Juga: Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka dan Pembahasannya

Contoh Soal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Jawabannya

Contoh soal penghapusan piutang metode langsung dan jawabannya menjadi pilihan bagi entitas untuk mengakhiri kerjasama penjualan barang dagang. Sistem pengendalian internal piutang dagang dapat diterapkan agar memperoleh kepastian tentang termin pembayaran yang disepakati dengan lawan transaksi.

Pencatatan transaksi penghapusan piutang akan dilakukan untuk mencegah terjadinya kegagalan pembayaran pelanggan setelah melewati termin pembayaran. Term of payment adalah jangka waktu yang disepakati dengan pembeli untuk dapat melakukan pembayaran berdasarkan kebijakan penjualan kredit.

Contoh soal dan jawaban penghapusan piutang metode langsung terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki piutang dagang terlapor sebesar Rp 42.600.000. Terdapat pelanggan yang tidak mungkin membayarkan tagihan sebesar Rp 4.200.000 karena dinyatakan bangkrut oleh pengadilan setempat?

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung

Jurnal penghapusan piutang metode langsung akan dibuat ketika terdapat keyakinan bahwa perusahaan tidak dapat membayarkan tagihan setelah melewati termin pembayaran. 2/10 n/30 artinya perusahaan diperkenankan mengklaim diskon sebesar 2% dalam waktu 10 hari dengan jangka waktu pelunasan 30 hari.

Metode penghapusan piutang tak tertagih metode langsung diwajibkan untuk memperoleh kepastian tentang jumlah barang yang diproduksi. Penyebab entitas melakukan penghapusan piutang adalah customer tidak mampu membayarkan tagihan atau terjadinya kebangkutan yang dialami oleh lawan transaksi.

Contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk menyakinkan tidak terjadi kerugian piutang tak tertagih. Maka, pencatatan yang dilakukan pada saat penerimaan penjualan barang dagang dan pencatatan ketika dilakukan penghapusan piutang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2021Piutang Usaha Rp 46.860.000
PPN Keluaran Rp 4.260.000
Penjualan Rp 42.600.000
05/08/2021Beban Kerugian Piutang Rp 4.200.000
Piutang Usaha Rp 4.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Pengakuan Piutang Dagang di Laporan Keuangan

Demikian contoh jurnal penghapusan piutang metode langsung dan pembahasannya semoga dapat menjadi pedoman dalam merangkai pertanyaan akuntansi pengantar. Piutang dagang dilaporkan sebesar nilai yang dapat direalisasikan oleh perusahaan ketika awal periode akuntansi berjalan periode mendatang.

0 Response to "Contoh Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung dan Pembahasannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel