Contoh Soal Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Lama dan Masuknya Anggota Sekutu Baru

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru wajib dilakukan karena berkaitan dengan transaksi yang ada di perusahaan. Hal-hal yang menyebabkan pembubaran persekutuan harus dilakukan pencegahan agar terhindar dari kecurangan yang mungkin dilakukan entitas.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan berkaitan dengan pendirian firma, pembubaran firma dan perubahan pemilikan persekutuan karena adanya aktivitas operasional. Adanya pembentukan goodwill untuk sekutu baru dilakukan berdasarkan alokasi informasi keuangan yang ada diperusahaan.

Pencatatan keikutsertaan dan pengunduran diri sekutu dapat dilaksanakan setiap periodenya untuk mencegah terjadinya kecurangan yang mungkin dilaksanakan. Jika ada anggota sekutu baru masuk dan keluarnya anggota sekutu lama maka akan terjadi perubahan akta pendirian sesuai karakteristik firma yang memiliki usia terbatas.

Contoh Soal Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Lama dan Masuknya Anggota Sekutu Baru

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya pembagian laba rugi persekutuan ditentukan berdasarkan tingkat partisipasi sekutu dalam melaksanakan transaksi diperusahaan. Sekutu aktif akan menerima omzet lebih besar daripada sekutu pasif yang hanya menyetorkan dana di perusahaan tersebut.

Hal-hal yang menyebabkan pembubaran anggota sekutu yang keluar adalah sekutu meninggal dunia, sekutu meninggalkan indonesia untuk selama-lamanya, sekutu melakukan penjualan hak ke sekutu baru atau menerima pengembalian dana yang pernah diinvestasikan di perusahaan sesuai akta pendiriannya.

Penyebab utama sekutu dibubarkan adalah perpindahan hak sekutu lama ke sekutu baru dengan metode goodwill atau metode bonus. Bedanya metode goodwill dan metode bonus adalah diterimanya kas dan setara kas yang diperoleh perusahaan sebagai dasar alokasi keuntungan yang didapatkan dari selisih nilai buku dan kas.

Baca Juga: Cara Mengisi Saldo Awal Aktiva Tetap dan Penyusutan di Accurate

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan dan Jawabannya

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan dan jawabannya menjadi pertanyaan wawancara dan pilihan ganda tentang akuntansi keuangan lanjutan. Kondisi apa yang menyebabkan sebuah persekutuan dibubarkan adalah komposisi anggota sekutu yang tidak sesuai akta pendirian yang disepakati.

Mengapa sebuah persekutuan dibubarkan? karena entitas harus melaksanakan tanggungjawab dalam pencarian laba rugi atas omzet yang didapatkannya. Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan harga perolehan atau nilai wajar pada saat transaksi terjadi.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan dan jawabannya terjadi pada Firma Rafinternet yang mengembalikan modal sebesar Rp 70.000.000 kepada budi. Jumlah modal akhir masing-masing sekutu yang dilaporkan berdasarkan laporan posisi keuangan sebagai berikut

Nama Total Modal
Budi Rp 70.000.000
Anita Rp 59.500.000
Ciko Rp 94.010.000

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Cara Menghitung Goodwill dan Bonus Serta Jurnal Pencatatannya

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dilakukan agar sekutu dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dananya. Karakteristik persekutuan dimana tindakan sekutu mewakili sekutu lainnya adalah mutual agency. Unlimited liability artinya sekutu harus mempertanggungjawabkan hutang sampai hak pribadinya.

Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan informasi keuangan yang didapatkan perusahaan. Perubahan anggota sekutu berakibat pada laba yang harus dibayarkan perusahaan. Bubarnya persekutuan mengakibatkan dibubarkannya aktivitas bisnis yang ada diperusahaan.

Contoh soal metde goodwill dan metode bonus dalam pembentukan dan pembubaran persekutuan akan memperhitungkan selisih keuntungan yang didapatkan perusahaan. Firma dapat dibubarkan ketika sekutu meninggal dunia. Jurnal keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru yang harus dibuat firma rafinternet adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2021Modal Budi Rp 70.000.000
Kas Rp 70.000.000
(Jurnal Pengembalian Modal Tiya)

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Demikian contoh soal jurnal keluarnya anggota sekutu lama dan masuknya anggota sekutu baru dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Penyebab dan hal-hal yang mengakibatkan pembubaran atau likuidasi persekutuan wajib dihindari agar transaksi dapat berjalan tanpa merugian berbagai pihak yang terlibat.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Keluarnya Anggota Sekutu Lama dan Masuknya Anggota Sekutu Baru"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel