Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung pada Perusahaan Manufaktur

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur berpengaruh terhadap kas atas pembayaran gaji dan upah diakhir periode. Beban tenaga kerja terdiri dari biaya rekrut karyawan, upah dan kesejahteraan serta kewajiban perusahaan terkait kesehatan dan keselamatan kerja.

Contoh biaya apa saja yang termasuk biaya tenaga kerja produksi adalah seluruh pengeluaran perusahaan berkaitan dengan pembuatan barang pesanan dan barang proses. Biaya tidak langsung adalah pengeluaran kas yang tidak berkaitan dengan proses pembuatan barang jadi seperti beban keamanan dan asuransi.

Biaya konversi adalah pengeluaran perusahaan untuk merubah bahan baku menjadi barang sesuai spesifikasi pelanggan. Biaya produk adalah pengeluaran perusahaan yang berkaitan dengan bahan baku dan biaya tenaga kerja agar barang dan jasa kena pajak dapat didistribusikan kepada pemesan barang.

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung pada Perusahaan Manufaktur

Pengertian Biaya Tenaga Kerja

Pengertian biaya tenaga kerja adalah seluruh pengeluaran perusahaan untuk membayarkan upah dan gaji serta tunjangan atas pemanfaatan sumber daya manusia. Biaya tenaga kerja terdiri dari biaya tenaga kerja langsung dan biaya tenaga kerja tidak langsung pada perusahaan manufaktur dan dagang.

Perbedaan biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung adalah dapat dilihatnya biaya atas pembuatan produk secara langsung. 3 kegiatan dalam akuntansi biaya terdiri dari pencatatan distribusi upah, pencatatan utang gaji, pembayaran hak karyawan dan pelunasan hutang pajak penghasilan orang pribadi.

Biaya tenaga kerja terdiri dari beban perekrutan karyawan, gaji dan upah serta tunjangan keahlian masing-masing divisi. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses mengharuskan seseorang pelanggan membayarkan uang muka atas pesanan yang telah masuk di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Bedanya Karyawan Kontrak dan Karyawan Tetap

Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur diberikan sebagai dasar pembuatan laporan manajemen. Bedanya akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan adalah kewajiban dalam penerbitan laporan keuangan selama beberapa waktu sesuai kebijakan perusahaan.

Biaya tenaga kerja langsung dalam produksi meliputi seluruh pengeluarah atas pemanfaatan sumber daya manusia ketika proses pembuatan barang. Biaya tetap dan biaya variabel akan dijadikan dasar dalam penetapan harga jual produk untuk memperoleh keuntungan maksimal selama proses produksinya.

Contoh soal biaya tenaga kerja tidak langsung terjadi pada PT Rafinternet yang memproduksi infusion set. Adapun pengeluaran kas untuk membayarkan upah dan gaji karyawan adalah upah karyawan produksi sebesar Rp 40.000.000, upah satpam Rp 10.000.000, upah administrasi perusahaan Rp 5.000.000. Tentukan jumlah biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsungnya?

Baca Juga: Manfaat Tenaga Kerja Bagi Perusahaan

Cara Menghitung dan Jurnal Biaya Tenaga Kerja

Cara menghitung dan jurnal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur mengharuskan seluruh karyawan diperhitungkan sebagai pemanfaatan sumber daya manusia. Gaji manajer termasuk biaya tetap dan biaya tidak langsung apabila tidak berkiatan proses produksi.

Contoh biaya apa saja yang termasuk biaya produksi terdiri dari biaya gaji borongan, gaji karyawan shif dan karyawan non shif. Gaji manajer pemasaran tidak termasuk biaya tenaga kerja langsung. Komponen biaya tenaga kerja langsung terdiri dari pendistribusian upah dan pembayaran pajak penghasilan.

Contoh perhitungan biaya tenaga kerja langsung hanya mempertimbangkan biaya konversi dan biaya produk. Biaya variabel dan biaya tetap dipertimbangkan dalam rangka penentuan harga pokok produksi. Adapun metode perhitungan biaya tenaga kerja pada perusahaan manufaktur sebagai berikut:

Keterangan Biaya Tenaga Kerja Langsung Biaya Tenaga Kerja Tidak Langsung
Upah Produksi Rp 40.000.000
Upah Satpam Rp 1.000.000
Upah Admin Perusahaan Rp 5.000.000
Jumlah Rp 40.000.000 Rp 6.000.000

Baca Juga: Fungsi dan Macam-Macam Tenaga Kerja

Demikian contoh soal biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung pada perusahaan manufaktur. Penggunaan tenaga kerja adalah memudahkan mengkonversi bahan baku menjadi barang jadi sesuai spesifikasi yang diminta oleh pelanggan. Sistem akumulasi biaya akan menentukan harga pokok produksi.

0 Response to "Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung pada Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel