Contoh Soal Akuntansi Mudharabah Muthlaqah dan Muqayyadah Serta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi mudharabah muthlaqah dan muqayyadah serta jawabannya menjadi informasi atas catatan laporan posisi keuangan yang diberikan perusahaan. Nisbah bagi hasil investasi dapat dibagikan sesuai persentase keterlibatan pengelola modal dan pemilik dana ketika menjalankan operasional perusahaan.

Pertanyaan tentang pencatatan akuntansi mudharabah dapat disesuaikan dengan informasi jumlah setoran modal yang diberikan pemilik dana. Jurnal bagi hasil investasi mudharabah disesuaikan dengan informasi profit sharing dan revenue sharing yang didapatkan perusahaan atas investasi yang telah diserahkan ke perusahaan.

Contoh ilustrasi transaksi mudharabah dimulai dari akad yang disetujui antara pengelola usaha dan pemilik dana. Jenis usaha dan cara melangsungkan kegiatan usahanya harus disesuaikan perjanjian kerjasama. Makalah akuntansi mudharabah terdiri dari pembayaran tangguhan atas barang yang diserahkan kemudian hari.

Contoh Soal Akuntansi Mudharabah Muthlaqah dan Muqayyadah Serta Jawabannya

Ilustrasi Akuntansi Akad Mudharabah

Ilustrasi akuntansi akad mudharabah dimulai dengan perjanjian kerjasama yang disetujui oleh pihak bersepakat. Transaksi mudharabah terdiri dari mudharabah muqayyadah dan mudharabah muthlaqah. Pemilik dana dapat menentukan jenis usaha yang disepakati untuk memperoleh imbal balik atas investasinya.

Contoh ilustrasi transaksi mudharabah akan mengakui dana investasi sebagai setoran modal awal perusahaan. Mudharabah musytarakah mengakui jumlah setoran modal dari pengelola usaha sebagai tambahan piutang mudharabah dan pembagian laba rugi didasarkan persentase kepemilikan investasi tersebut.

Ilustrasi akuntansi mudharabah dapat mengalami penurunan nilai sebelum kegiatan usaha dimulai. Penyebab akad mudharabah dibatalkan adalah kegagalan pemberian imbalan bagi pemilik dana atas pinjaman yang diberikan untuk membangun sebuah usaha dan margin yang diberikan terlalu kecil.

Baca Juga: Rukun dan Syarat Akad Mudharabah

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Mudharabah

Contoh soal dan jawaban akuntansi akad mudharabah menjadi bagian dari akad bisnis syariah. Pengertian mudharabah menurut para ahli adalah perjanjian kerjasama antara pemilik modal dan pengelola usaha untuk menjalankan kegiatan tertentu yang berpedoman pada akad transaksi syariah.

Pertanyaan tentang akuntansi mudharabah berkaitan dengan penurunan jumlah investasi akan terjadi ketika kekayaan perusahaan yang disetorkan mengalami kegagalan pembayaran. Kesalahan dalam mengelola dana investasi mudharabah dapat menjadi penyebab dibatalkan dan tidak sahnya akad bisnis syariah.

Contoh soal akuntansi akad mudharabah dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang bekerjasama dengan rekan bisnis yang menyetorkan kas sebesar Rp 111.000.000 dan Rp 55.000.000. Laba yang didapatkan periode berjalan adalah Rp 185.000.000. Berapakah profit sharing dan revenue sharing yang didapatkan pengelola dana?

Baca Juga: Penyebab Akad Mudharabah Dibatalkan dan Tidak Sah

Contoh Perhitungan Profit Sharing dalam Akad Akuntansi Mudharabah

Contoh perhitungan profit sharing dalam akad akuntansi mudharabah dapat menjadi pertimbangan bagi investor untuk mengalokasikan modalnya. Pengertian profit sharing adalah pembagian hasil usaha yang didasarkan pada laba yang didapatkan. Laba ditahan adalah keuntungan perusahaan atas operasionalnya yang belum dibagikan.

Akad mudharabah akan berakhir sebelum kerjasama belum jatuh tempo akan mengakibatkan pengurangan piutang mudharabah diakhir periode. Kerugian tidak dibayarkannya piutang akan diakui sebagai penambah cadangan kerugian piutang dan pengembalian investasi yang dilakukan bank syariah.

Contoh soal pembiayaan akad mudharabah akan dilakukan sesuai standar akuntansi syariah. Transaksi mudharabah dan jurnalnya dapat diselesaikan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menyelesaikan transaksi bisnis. Contoh perhitungan profit sharing dalam membagikan hasil usaha atas operasional bisnis adalah

Keterangan Jumlah Persentase Bagi Hasil
PT Rafinternet Rp 111.000.000 66,87% Rp 123.704.819
Rekan Bisnis Rp 55.000.000 33,13% Rp 61.295.181

Baca Juga: Perbedaan Profit Sharing dan Revenue Sharing

Demikian contoh soal akuntansi mudharabah muthlaqah dan muqayyadah serta jawabannya yang menjadi materi akuntansi syariah. Akad bisnis syariah perlu dilakukan agar margin atau keuntungan yang didapatkan oleh pihak investor tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Syarat dan rukun harus dipenuhi sebelum menjalankan transaksi.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Mudharabah Muthlaqah dan Muqayyadah Serta Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel