Contoh Soal Akuntansi Transaksi Murabahah dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi transaksi murabahah dan pembahasannya tentunya melibatkan potongan harga dan denda yang harus dibayarkan. Pencatatan akuntansi murabahah adalah proses pembuatan laporan keuangan syariah dengan mempertimbangkan keuntungan yang didasarkan harga pokok penjualan barang.

Contoh kasus akuntansi murabahah dan penyelesaiannya dapat menentukan jumlah keuntungan berdasarkan dana yang dipinjam nasabah, keuntungan pertahun ditambah tingkat inflasi dan biaya tahun berjalan. Untuk transaksi apa sajakah murabahah cocok digunakan yaitu transaksi yang mengikuti prinsip syariah.

Pertanyaan tentang akuntansi transaksi murabahah akan berkaitan dengan pengakuan awal dan pembayaran angsuran setiap periodenya. Akuntansi murabahah untuk penjual dan pembeli dapat dilakukan dalam rangka mempertahankan prinsip syariah dalam melakukan transaksi jualbeli.

Contoh Soal Akuntansi Transaksi Murabahah dan Pembahasannya


Pertanyaan Tentang Transaksi Akuntansi Murabahah

Pertanyaan tentang transaksi akuntansi murabahah berkaitan dengan proses alokasi biaya yang dilakukan penjual dan harus diangsur oleh pembeli. Soal-soal tentang pembiayaan mudharabah adalah varian jualbeli dalam akuntansi syariah yang diperkenankan.

Pertanyaan tentang akuntansi murabahah dapat menentukan tingkat keuntungan berdasarkan total pinjaman, margin bank dan biaya yang dikeluarkannya. Murabahah dapat digunakan untuk transaksi yang melibatkan unsur syariah dalam proses jualbeli barang secara fisik atau digital.

Pertanyaan tentang transaksi murabahah biasanya melibatkan harga pokok penjualan dan margin yang disepakati. Apabila dalam pembelian barang penjualan terdapat diskon atau potongan harga maka penjual harus mengurangi biaya perolehan atau kewajiban yang dibebankan kepada pembeli.

Baca Juga: Pengertian Murabahah Menurut Para Ahli

Contoh Kasus Akuntansi Murabahah dan Penyelesaiannya

Contoh kasus akuntansi murabahah dan penyelesaiannya merupakan transaksi yang dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Laporan keuangan murabahah harus diterbitkan minimal satu tahun sekali agar dapat diketahui kinerja perusahaan. Untuk transaksi apa sajakah murabahah dapat digunakan yaitu transaksi yang melibatkan prinsip syariah.

Contoh soal transaksi murabahah dan penyelesaiannya dapat berkaitan dengan angsuran dan penentuan harga pokok penjualan. Apabila pembeli menyerahkan uang muka pembelian, maka penjual dapat  mengakuinya sesuai dengan jumlah yang diterima atau nilai wajar atas aktiva non kas yang diserahkan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi akd murabahah dan pembahasanya terjadi ketika PT Rafinternet akan membeli pesawat dengan harga Rp 692.000.000 padahal PT Rafinternet hanya memiliki kas sebesar Rp 428.000.000. Bank syariah hanya memberikan pinjaman ketika menerima tingkat inflasi 8% dan margin keuntungan bank sebesar 9%. Berapakah angsuran per bulan selama 2 tahun yang harus dilunasi?

Baca Juga: Contoh Soal Aktiva Tetap Diperoleh Dengan Membuat Sendiri

Pencatatan Jurnal Akuntansi Murabahah

Pencatatan jurnal akuntansi murabahah dapat dilakukan di pihak pembeli atau penjual. Murabahah adalah transaksi jual beli dimana masing-masing pihak sudah sepakat tentang harga pokok penjualan dan keuntungan yang dibebankannya.

Jurnal akuntansi murabahah adalah pencatatan yang dilaksanakan oleh pihak penjual atau pihak pembeli dalam rangka memperoleh keuntungan. Cara menghitung harga pokok penjualan dan angsuran murabahah sebagai berikut:

Harga Pokok Mobil Rp 692.000.000
Dibayar PT Rafinternet Rp 428.000.000
Dibayar Bank Syariah Rp 264.000.000
Margin Bank Rp 23.760.000
Stabilizer Inflasi Rp 42.240.000
Margin dan Stabiliser Rp 66.000.000
Sisa Angsuran Rp 330.000.000
Angsuran Per Bulan Rp 13.750.000

Jurnal akuntansi transaksi murabahah harus mengakui uang muka pembelian sebagai pengurang harga pokok penjualan. Stabilizer inflasi merupakan tingkat inflasi yang diperkirakan akan dialami oleh perbankan. Jurnal akuntansi murabahah untuk penjualan sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Piutang Murabahah Rp 264.000.000
Kas Rp 264.000.000
31/01/2021Kas Rp 11.000.000
Margin Murabahah Tangguhan Rp 2.750.000
Piutang Murabahah Rp 11.000.000
Pendapatan Margin Murabahah Rp 2.750.000

Baca Juga: Cara Menghitung Rugi Laba Penjualan Aktiva Tetap

Demikian contoh soal akuntansi transaksi murabahah dan pembahasannya semoga penjual dapat berkah atas membantu pembelian barang dan jasa sesuai dengan kesepakatan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Transaksi Murabahah dan Pembahasannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel