Contoh Perhitungan Bagi Hasil Profit Sharing dan Revenue Sharing

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan bagi hasil profit sharing dan revenue sharing akan menentukan jumlah yang harus dibayarkan kepada pemilik dana. Cara penyelesaian kerugian dalam akad bagi hasil akan menentukan jumlah ditanggung oleh pengelola dana atau pemilik dana.

Perbedaan profit sharing dan revenue sharing akan menunjukan informasi tentang hasil investasi yang didapatkan. Cara menghitung nisbah bagi hasil pembiayaan musyarakah, mudharabah dan murabahan akan menentukan jumlah hasil yang didapatkan atas investasi yang dilakukan pemilik dana.

Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah memungkinkan pemilik dana mendapatkan bagi hasil sesuai akad perjanjian. Cara menghitung distribusi bagi hasil dapat menggunakan revenue sharing dan profit sharing menyesuaikan dengan tipe pengembalian modal oleh pengelola dana.

Contoh Perhitungan Bagi Hasil Profit Sharing dan Revenue Sharing


Perbedaan Profit Sharing dan Revenue Sharing

Perbedaan profit sharing dan revenue sharing dalam akuntansi syariah akan menunjukan tolak ukur bagi hasil investasi syariah. Konsep bunga konvensional akan berbeda dengan penerapan revenue sharing dan profit sharing yang dilakukan oleh pengelola dana syariah.

Penerapan revenue sharing pada bagi hasil akan menunjukkan hasil investasi yang lebih menguntungkan bagi pemilik dana sebab pemilik dana akan tetap memperoleh keuntungan ketika pengelola dana memperoleh penghasilan pada tahun berjalan.

Kelebihan dan kekurangan profit sharing dan revenue sharing berkaitan dengan akad perjanjian. Profit sharing lebih menguntungkan pengelola dana sebab pemilik dana tidak akan memperoleh bagi hasil ketika pada tahun berjalan menderita kerugian. Margin adalah selisih untung dari pembiayaan yang dilakukan pengelola dana dan pemilik dana.

Baca Juga: Contoh Soal Saham Treasury Dalam Laporan Posisi Keuangan

Cara Menghitung Nisbah Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah

Cara menghitung nisbah bagi hasil pembiayaan musyarakah mudharabah dan murabahan bergantung presentase kesepakatan pengelola dana dan pemilik dana. Nisbah dalam akuntansi syariah disebut bagi hasil atau apa yang diperoleh pemilik dana ketika mau meminjamkan kas dan setara kas untuk dikelola.

Cara menghitung nisbah bagi hasil pembiayaan musyarakah akan menjadikan pengelola dana harus membayar investasi pemilik dana. Implementasi profit sharing dan profit margin dalam margin bagi hasil akan memperhitungkan saldo rata-rata harian yang telah disalurkan dalam berbagai bentuk investasi.

Contoh soal profit sharing dan revenue sharing terjadi pada PT Rafinternet yang mengelola dana investasi mudharabah sebesar Rp 523.000.000 dan tabungan murabahah Rp 562.000.000. Apabila perusahaan memperoleh penghasilan sebesar Rp 214.000.000 dengan mengeluarkan biaya Rp 92.000.000. Bagaimana cara menghitung bagi hasil pembiayaan musyarakah tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Saham Preferen dan Saham Biasa

Jurnal Profit Sharing dan Revenue Sharing

Jurnal profit sharing dan revenue sharing akan diberikan ketika pengelola dana telah mengeluarkan kas dan setara kas untuk mengembalikan modal pemilik dana. Perbedaan nisbah bagi hasil menurut revenue sharing dan profit sharing akan menunjukkan informasi tentang tolak ukur pemberian keuntungan.

Jurnal profit sharing dan revenue sharing yang dibuat berdasarkan contoh soal dan jawaban bagi hasil musyarakah harus ditentukan presentase dana yang dikelola. Adapun presentase saldo rata-rata harian investasi pada PT Rafinternet adalah

Jenis Investasi Jumlah Presentase Saldo Rata-Rata Harian
- Tabungan Mudharabah Rp 523.000.000 48%
- Deposito Murabahah Rp 562.000.000 52%
Rp 1.085.000.000 100%

Cara menyelesaikan kerugian dalam akad bagi hasil dapat menggunakan metode revenue sharing. Pengertian revenue sharing menurut para ahli adalah pembagian hasil investasi berdasarkan pendapatan yang diperoleh tahun berjalan. Adapun contoh penerapan revenue sharing sebagai berikut:

Jenis InvestasiRevenue SharingPresentase Saldo Rata-Rata HarianBagi Hasil
- Tabungan Mudharabah Rp 214.000.000 48% Rp 61.892.350
- Deposito Murabahah Rp 214.000.000 52% Rp 66.507.650
100% Rp 128.400.000

Jurnal pembagian bagi hasil investasi musyarakah yang harus dicatat oleh pengelola dana sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/21Laba DitahanRp 128.400.000
   Kas BankRp 128.400.000

Baca Juga: Contoh Soal Depresiasi Metode Jumlah Angka Tahun

Demikian contoh perhitungan bagi hasil profit sharing dan revenue sharing semoga dapat membantu proses pembagian hasil investasi pemilik dana oleh pengelola dana.

0 Response to "Contoh Perhitungan Bagi Hasil Profit Sharing dan Revenue Sharing"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel