Contoh Soal dan Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih berperan sebagai dasar menentukan jumlah penghasilan kena pajak yang dilaporkan pada spt tahunan badan. Penurunan nilai piutang dagang terjadi karena ketidakmampuan pelanggan membayarkan tagihan pada waktu yang disepakati sebelum jatuh temponya.

Cara menghitung piutang tak tertagih didasarkan pada persentase penjualan kredit dan persentase piutang dagang. Cadangan kerugian piutang dilaporan pada laporan posisi keuangan dan beban kerugian piutang diakui sebagai pengurang penghasilan bruto setelah penghasilan kotor dikurangkan harga pokok penjualan produk.

Tujuan membuat cadangan kerugian piutang adalah memudahkan perusahaan untuk meminimalisir beban kerugian atas ketidakmampuan pelanggan melunasi tagihannya. Taksiran piutang tak tertagih untuk kualitas piutang yang kurang lancar sebaiknya dikisaran antara 1-5% agar dimilikinya termin pembayaran yang baik.

Contoh Soal dan Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Pengertian dan Tujuan Cadangan Kerugian Piutang

Apa yang dimaksud dengan cadangan kerugian piutang? yaitu akun yang diperuntukkan untuk menaksir jumlah tagihan yang mungkin tidak mampu dibayarkan pelanggan. Penjualan kredit akan mengakibatkan terjadinya piutang dagang yang berakibat pada penambahan omzet penjualan barang kena pajak di tahun fiskal.

Tujuan membuat akun cadangan kerugian piutang adalah meminimalkan beban kerugian ditahun berjalan akibat kebangkrutan pelanggan perusahaan. Jika piutang tidak mampu ditagihkan perusahaan maka entitas akan mengalami kerugian yang diperkenankan diakui sebagai deductible expance di spt tahunan badan.

Cadangan kerugian piutang tak tertagih adalah akun kontra dari piutang dagang dan piutang lainnya. Cadangan hutang dan persediaan menurunkan atau mengurangi nilai asli dari piutang dagang dan persediaan barang. Persediaan terdiri dari persediaan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi.

Baca Juga: Cara Menilai Sistem Pengendalian Internal Perusahaan Menurut Auditor

Contoh Soal Taksiran Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh soal taksiran piutang tak tertagih dan jawabannya akan memungkinkan seorang akuntan mencatat persentase penjualan kredit yang tidak mampu terealisasikan diakhir periode. Cadangan kerugian piutang termasuk akun riil yang dilaporkan pada neraca saldo setiap periode berjalan.

Contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang memungkinkan entitas memperoleh keringanan pembayaran pajak terutangnya. Mengapa piutang dapat terjadi? karena adanya kebijakan pembayaran pesanan secara kredit yang menjadikan entitas memperoleh tambahan manfaat ekonomis di tahun berjalan.

Cara menentukan jumlah taksiran kerugian piutang terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan akun cadangan kerugian piutang sebesar Rp 500.000 dan piutang dagang sebesar Rp 94.200.000. Taksiran kerugian piutang ditetapkan sebesar 2% dari saldo piutang, buatlah jurnal penyesuaian beban kerugian piutang.

Baca Juga: Contoh Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung pada Perusahaan Manufaktur

Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang dan Perhitungannya

Jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang diakui sebagai akun riil. Akun riil adalah akun yang mencerminkan total kekayaan perusahaan dan sumber daya untuk memperoleh kekayaan tersebut berupa modal dan liabilitas. Modal adalah segala setoran pemilik ketika menginvestasikan dananya.

Cadangan kerugian piutang dalam neraca memungkinkan entitas meminimalkan jumlah beban diakhir periode. Beban kerugian piutang boleh diakui sebagai deductible expance ketika memenuhi syarat piutang tak tertagih seperti terdapatnya pertanyaan dari pengadilan negeri tentang kebangkutan usaha.

Jurnal penyesuaian untuk mencatat taksiran kerugian piutang tak tertagih wajib dilaksanakan terutama bagi entitas yang memberikan termin pembayaran secara kredit. Penjualan kredit berakibat penambahan omzet tetapi berisiko ketika pelanggan tidak mampu melunasi tagihan. Adapun jurnal beban kerugian piutang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/12/2021Beban Kerugian Piutang Rp 4.210.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 4.210.000
* Perhitungan = (Rp 94.000.000 * 5%) - Rp 500.000

Baca Juga: Contoh Soal Anggota Sekutu Keluar dari Persekutuan

Demikian contoh soal dan jurnal cadangan kerugian piutang tak tertagih akuntansi pengantar. Metode penghapusan piutang menurut perpajakan yang diperkenankan adalah metode tidak langsung dengan mengakui beban kerugian berdasarkan persentase dari penjualan kredit atau piutang dagang.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel