Contoh Soal dan Jurnal Pendapatan Bunga Deposito Berjangka

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal pendapatan bunga deposito berawal dari transaksi pembukaan rekening giro, pengakuan pendapatan bunga, pencairan dana dan pelaporan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Deposito merupakan simpanan nasabah yang hanya dapat diambil pada waktu yang telah disepakati beserta bunganya.

Contoh soal deposito berjangka dan jawabannya brainly harus diselenggarakan karena akan dilaporkan sebagai aset perusahaan. Pendapatan bunga deposito akan diakui per bulan karena entitas menerapkan konsep akrual. Accural basic akan mengakui pendapatan dan biaya pada saat terjadinya transaksi tersebut.

Perbedaan deposito berjangka dan sertifikat deposito berkaitan dengan tanggal jatuh tempo dan hak untuk menjual aktiva tersebut. Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar dapat dicantumkan pada surat promes dan surat wesel yang dikeluarkan untuk melunasi hutang jangka pendek.

Contoh Soal dan Jurnal Pendapatan Bunga Deposito Berjangka

Biaya Pinalti Deposito Berjangka

Deposito merupakan simpanan nasabah yang hanya dapat ditarik pada waktu yang disepakati. Apabila seorang nasabah ingin mengambil investasi deposito sebelum jatuh tempo maka akan dikenakan biaya tambahan. Deposito 10 juta memperoleh bunga sebesar 5-8% bergantung kebijakan perbankannya.

Biaya pinalti deposito berjangka berkisar antara 1-3% karena nasabah menarik dana tidak pada waktu yang telah disepakati. Pengertian pajak penghasilan adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh wajib pajak yang tidak akan memperoleh manfaatnya secara langsung dan dipotongkan dari penghasilannya.

Deposito 10 juta dapat bunga sekitar 6%. Definisi deposito menurut para ahli adalah simpanan pemberi dana yang diinvestasikan pada waktu yang disepakati dan diadakannya pencairan dananya. Aktiva lancar adalah aset yang memiliki sifat likuid dan mudah dipergunakan untuk keperluan operasionalnya.

Baca Juga: Contoh Soal Selisih Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh Kasus Perhitungan Bunga Deposito Per Bulan

Contoh perhitungan bunga deposito per bulan wajib diselenggarakan terutama dalam pembukuan akuntansi keuangan menengah. Rumus penghasilan bunga dinyatakan dalam satuan tahun. Tingkat bunga deposito ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pemodal dan peminjamnya.

Contoh soal dan jurnal pendapatan bunga deposito berjangka harus diselenggarakan dalam rangka memperoleh keuntungan di tahun berjalan. Laporan kinerja keuangan mencerminkan seluruh pendapatan dan biaya yang diperoleh entitas dan dilaporkan melalui surat pemberitahuan tahunan pajak.

Contoh soal bunga deposito dan jurnal transaksi terjadi ketika seorang nasabah menyetorkan kas untuk ditukarkan dengan deposito berjangka 3 bulan. Nasabah memberikan kas sebesar Rp 119.000.000 dengan bunga 9%. Bagaimana jurnal transaksi pembukaan rekening dan pencairan dana deposito tersebut?

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Kebijakan Akuntansi Keuangan

Cara Menghitung Pendapatan Bunga Deposito Per Bulan

Cara menghitung pendapatan bunga deposito per bulan diselenggarakan ketika entitas telah menyiapkan npwp untuk melaporkan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2. Tarif pajak penghasilan untuk transaksi pendapatan bunga deposito adalah 20% dan wajib diberikan bukti pemotongan ketika pembayarannya.

Rumus pendapatan bunga deposito adalah nilai nominal dikalikan tingkat bunga pasar selama periode yang dilaluinya. Kelebihan dan kekurangan deposito berjangka adalah waktu penarikan dana yang hanya dapat dilakukan pada waktu yang disepakati beserta pembayaran bunga yang dibebankannya.

Pendapatan bunga deposito = Nilai nominal x jangka waktu x tingkat bunga pasar

Jurnal transaksi deposito berjangka terdiri dari pembukaan rekening, pencairan dana deposito, pendapatan bunga dan biaya pinalti yang dibebankan. Bukti pemotongan pajak penghasilan harus diberikan bersamaan dengan pembayaran hasil investasi perusahaan. Contoh jurnal deposito berjangka.

TanggalKeterangan Debit Kredit
10/08/2022Deposito Berjangka Rp 119.000.000
Kas Rp 8.500.000
(Pembukaan rekening deposito)
08/11/2022Kas Rp 121.142.000
PPh Pasal 4 Ayat 2 Dibayar Dimuka Rp 535.500
Deposito Berjangka Rp 119.000.000
Pendapatan Bunga Deposito Rp 2.677.500
(jurnal Pencairan Deposito)

Baca Juga: Contoh Kasus Deplesi Aktiva Tetap Tak Berwujud

Demikian contoh soal dan jurnal pendapatan bunga deposito berjangka semoga dapat membantu soal uas dan uts akuntansi keuangan menengah. Deposito termasuk akun aktiva dan pendapatan bunga deposito termasuk akun pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan entitas.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Pendapatan Bunga Deposito Berjangka"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel