Contoh Soal Hutang Jangka Pendek dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal hutang jangka pendek dan pembahasannya menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Kewajiban lancar dan penggajian harus segera dilunasi pada bulan berikutnya agar rasio liabilitas jangka pendek dan aktiva lancar perusahaan dapat menyesuaikan kebijakan akuntansinya.

Contoh soal essay dan pilihan ganda liabilitas jangka pendek berisikan materi tentang pengertian utang lancar, jenis-jenis hutang lancar, proses penerimaan pendapatan diterima dimuka dan penyetoran pajak penghasilan pasal 21. Kewajiban lancar dan penggajian menjadi tagihan bulanan yang harus segera dilunasi.

Contoh soal hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek harus disajikan berdasarkan tanggal jatuh tempo tagihan tersebut. Pertanyaan liabilitas jangka pendek dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi yang telah diterapkan dan bagaimana cara melunasi hutang lancar menggunakan kas dan aktiva selain kas.

Contoh Soal Hutang Jangka Pendek dan Pembahasannya


Pengertian Hutang Jangka Pendek dan Pelunasan Tagihan

Pengertian hutang jangka pendek menurut para ahli adalah kewajiban lancar yang terjadi ketika perusahaan melakukan transaksi dengan pihak ketiga dengan penjualan kredit atau menggunakan tenaga kerja manusia. Pendapatan diterima dimuka termasuk akun liabilitas lancar yang disajikan dalam laporan posisi keuangan.

Hutang jangka pendek dapat dilunasi dengan mengeluarkan kas dan setara kas, pertukaran hutang dengan aktiva selain kas, pertukaran hutang jangka pendek menjadi liabilitas jangka panjang bahkan perubahan hutang menjadi setoran modal di perusahaan tersebut. Saham adalah bukti investor menyerahkan modal perusahaan.

Pengertian liabilitas jangka pendek menurut para ahli adalah tagihan yang harus diselesaikan dalam waktu kurang dari satu tahun fiskal guna menghindari adanya resiko rasio likuidasi. Perusahaan yang memiliki hutang lebih besar daripada modal disetorkan mengindikasikan perusahaan kurang sehat.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisa Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Hutang Lancar dan Jawabannya

Contoh soal hutang lancar dan jawabannya akan terjadi ketika adanya kerjasama pembayaran cicilan antar lawan transaksi. Contoh transaksi liabilitas jangka pendek adalah penggajian karyawan, pembayaran hutang pajak masa, penerimaan pendapatan diterima dimuka bahkan cicilan hutang dagang.

Contoh soal hutang jangka pendek dan jawabannya akan memerlukan pelunasan dengan segera sebelum tanggal jatuh tempo. Apabila hutang tidak dibayarkan perusahaan biasanya entitas akan mengalami kesulitan dalam memesan barang kepada supplier atau memperoleh karyawan baru.

Penyajian liabilitas jangka pendek dalam laporan posisi keuangan diakui sebagai penambah passiva perusahaan. Aktiva perusahaan terdiri dari modal disetor dan hutang pihak ketiga. Perusahaan yang memiliki hutang jangka pendek belum terbayarkan mengindikasikan memiliki masalah keuangan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pendapatan Diterima Dimuka dan PPN

Contoh Soal Pilihan Ganda Liabilitas Jangka Pendek

Contoh soal pilihan ganda liabilitas jangka pendek menjadi materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Pembayaran hutang pajak harus dilakukan paling lambat tanggal 10 bulan selanjutnya dan harus dilaporkan maksimal tanggal 20 bulan selanjutnya untuk spt masa pajak.

Contoh soal pilihan ganda liabilitas jangka pendek harus segera dilakukan pelunasan sebelum melakukan transaksi selanjutnya. Akibat tagihan yang belum dibayarkan kepada supplier biasanya akan melakukan penolakan pesanan atau ditundanya pengerjaan pesanan sampai pembayaran diterima.

Contoh kasus liabilitas jangka pendek dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang akan melakukan payroll atas gaji karyawan. PT Rafinternet membayarkan gaji sebesar Rp 734.000.000 yang telah dipotongkan pph pasal 21 sebesar Rp 35.930.000 dan iurang bpjs ketenagakerjaan Rp 53.000.000.

Jurnal liabilitas jangka pendek dan penggajian dapat dilakukan pada akhir periode dan pembayaran hutang pph pasal 21 dan iuran bpjs ketenagakerjaan harus diselesaikan maksimal tanggal 10 bula berikutnya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/04/2021Beban Gaji Rp 734.000.000
Hutang PPH pasal 21 Rp 35.930.000
Hutang BPJS ketenagakerjaan Rp 53.000.000
Kas Rp 645.070.000
(Jurnal penggajian karyawan)
10/05/2021Hutang PPh pasal 21 Rp 35.930.000
Hutang BPJS Ketenagakerjaan Rp 53.000.000
Kas Rp 88.930.000
(Jurnal pelunasan hutang jangka pendek)

Baca Juga: Cara Menghitung Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal hutang jangka pendek dan pembahasannya semoga akuntan dapat memahami pilihan ganda dan soal essay akuntansi keuangan menengah dan akuntani pengantar. Pembayaran pajak penghasilan masa dan penggajian hendaknya segera dilakukan guna menghindari demo karyawan.

0 Response to "Contoh Soal Hutang Jangka Pendek dan Pembahasannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel