Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas hendaknya dilakukan agar pelaksanaan pembagian laba rugi dapat menyesuaikan akta pendirian yang baru. Bagi pemilik saham yang meninggal dunia akan mewariskan seluruh sahamnya kepada ahli waris yaitu istri atau anaknya

Contoh soal perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas harus segera dilakukan untuk meminimalisir pertanggungjawaban atas kerugian dan keuntungan yang didapatkan selama periode berjalan. Perubahan firma menjadi PT akan dilakukan perubahan terhadap akta pendirian menurut notarisnya.

Contoh kasus perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas akan berjalan dalam kehidupan sehari-hari. Firma akan dibubarkan ketika terjadi perubahan terhadap komposisi pemilik modal. Perseroan terbatas tidak akan dibubarkan karena memiliki pertanggungjawaban terpisah terhadap harta modal pemiliknya.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas


Contoh Akta Notaris Perubahan CV Menjadi PT

Contoh akta notaris perubahan cv menjadi pt tentu berkaitan dengan alokasi modal yang didapatkan perusahaan. Bagi persekutuan atau firma akan dilakukan perubahan karakteristik persekutuan terbatas dan perbedaan dalam pemberian dan pengakuan modal yang didapatkan oleh masing-masing sekutu.

Contoh akta perubahan cv menjadi pt harus disetujui oleh masing-masing pemegang saham. Pemberian saham harus didasarkan pada kontribusi masing-masing sekutu ketika mengadakan konsolidasi terhadap harta, hutang dan modal yang diberikan atas penjualan saham yang berlangsung di perusahaan.

Contoh akta notaris perubahan cv menjadi pt harus disahkan oleh menteri hukum dan ham untuk menjamin hak dan tanggungjawabnya. Perbedaan persekutuan dan perseroan terbatas akan nampak ketika adanya hak dan jaminan yang diberikan perusahaan sebagai perlindungan konsumennya.

Baca Juga: Kasus Hutang Jangka Pendek dan Pembahasannya

Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas PDF

Perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas akan dilakukan mengingat pertumbuhan omzet perusahaan dan pangsa pasarnya. Tujuan perseroan didirikan adalah memaksimalkan laba yang dapat diperoleh dari satu jenis usaha yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh pemegang saham.

Materi perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas akuntansi keuangan lanjutan dimana dapat terjadi goodwill. Pengertian goodwill menurut para ahli adalah selisih yang didapatkan dari penjualan aktiva menurut nilai buku dan harga yang ditawarkan oleh divisi marketing kepada pihak ketiga.

Contoh perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas dilaksanakan ketika akta pendirian telah dilakukan revisi. Perubahan status cv menjadi pt hanya dilakukan ketika sekutu telah memberikan modal yang dicantumkan sesuai dengan aktiva, liabilitas dan ekuitas yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Download Undang-Undang Tentang Perseroan Terbatas

Contoh Soal Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas

Contoh soal perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas akan dilaksanakan mengikuti aturan kebijakan akuntansi yang berlaku. Perbedaan nilai buku dan nilai wajar akan menghasilkan goodwill yang diberikan kepada masing-masing sekutu sesuai dengan persentase pembagian laba rugi persekutuan.

Contoh soal dan jawaban perubahan persekutuan menjadi PT Rafinternet yang membagikan laba rugi dengan status 6:4. Apabila pada akhir periode, PT Rafinternet berhasil menjual aktiva tetap dengan harga Rp 340.000.000. Adapun neraca saldo awal persekutuan firma akuntansi keuangan lanjutan adalah

Firma Masraffi
Kas Rp 87.333.333 Hutang Usaha Rp 262.000.000
Piutang Rp 218.333.333 Modal Masraffi Rp 43.666.667
Aktiva Tetap Rp 218.333.333 Modal Kakraffi Rp 218.333.333
Total Rp 524.000.000 Total Rp 524.000.000

Jurnal penyesuaian penjualan aktiva dan pembagian laba rugi persekutuan harus dilaksanakan setiap kali jualbeli terjadi. Adapun jurnal penyesuaian penjualan aktiva tetap yang diserahkan PT Rafinternet adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
31/20/21 Kas Rp 340.000.000
Aktiva Tetap Rp 218.333.333
Laba Penjualan Aktiva Tetap Rp 121.666.667
(Jurnal mencatatan penjualan aktiva tetap)
31/20/21 Laba Penjualan Aktiva   Tetap Rp 121.666.667
Modal Masraffi Rp 73.000.000
Modal Kakraffi Rp 48.666.667
(Jurnal pembagian laba rugi persekutuan)

Baca Juga: Contoh Soal Pengiriman Barang Dagang Antar Cabang

Demikian contoh soal perubahan persekutuan menjadi perseroan terbatas akuntansi keuangan lanjutan. Agar proses pencatatan akta pendirian berkaitan dengan laporan posisi keuangan yang berisi informasi tentang aktiva, liabilitas dan ekuitas berjalan baik. Akuntan harus menyelenggarakan sistem pengendalian internal kekayaan perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Persekutuan Menjadi Perseroan Terbatas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel