Dasar dan Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik

Konten [Tampil]

Dasar dan cara menghitung biaya overhead pabrik diperlukan untuk menentukan jumlah harga pokok penjualan barang setiap periodenya. Selisih BOP timbul ketika perusahaan manufaktur membuat anggaran biaya overhead pabrik dibebankan dan disesuaikan dengan bop sesungguhnya pada periode tersebut.

Perbedaan overhead sesungguhnya dan overhead dibebankan berkaitan dengan proses penggaran biaya overhead pabrik. Contoh soal perhitungan biaya overhead pabrik berasal dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung yang menjadi dasar penentuan harga pokok produksi dan penjualan barang dagang.

Contoh soal dan cara menghitung biaya overhead pabrik dikaitan dengan faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan tarif bop aktual. Bedanya bop applied dan bop aktual tentu berhubungan dengan laporan laba rugi yang dijadikan dasar menetapkan pajak penghasilan badan tahunan.

Dasar dan Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik


Dasar-Dasar Perhitungan Biaya Overhead Pabrik

Dasar yang digunakan untuk menghitung bop terdiri dari beberapa metode diantaranya biaya tenaga kerja, jam kerja karyawan bahkan satuan produk yang dihasilkan. Perhitungan bop total didapatkan dari bop variabel ditambahkan bop tetap dan dibandingkan dengan jumlah produk yang diciptakan oleh perusahaan.

Karakteristik biaya overhead pabrik adalah seluruh pengeluaran perusahaan tidak dapat ditentukan dengan pasti sebab adanya pertimbangan biaya variabel. Pengertian biaya variabel adalah biaya yang akan bertambah setiap kali adanya pertambahan produk yang dihasilkan oleh perusahaan di periode tersebut.

Dasar-dasar perhitungan biaya overhead pabrik digunakan dalam menghitung kapasitas produksi. Kapasitas produksi adalah langkah yang digunakan untuk mempertimbangkan seluruh pengeluaran perusahaan untuk menjalankan kegiatan produksi setiap rencana yang telah digunakannya.

Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Sekutu Baru Metode Goodwill

Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik harus dilakukan dalam rangka menentukan harga jual produk tersebut. Departementalisasi bop berguna agar seluruh segmen produksi dapat mempertimbangkan pengeluaran dan penghasilan dari adanya kegiatan transfer pricing.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan dapat menjadi kegiatan brainly. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses harus dilaksanakan guna menghindari adanya kecurangan penggunaan sumber daya modal milik perusahaan.

Dasar yang digunakan untuk menghitung biaya overhead pabrik terdiri dari beberapa metode yang berguna untuk menetapkan kapasitas produksi. Penentuan kapasitas produksi yang digunakan perlu mempertimbangkan kewajaran atas laporan keuangan terutama kegiatan penjualan barang hasil produksi.

Baca Juga: Alokasi Biaya Departemen Pendukung ke Departemen Produksi

Contoh Perhitungan Biaya Overhead Pabrik

Contoh soal penentuan tarif biaya overhead pabrik berguna sebagai dasar alokasi perolehan perusahaan. Dibebankan dan tidaknya bop aktual harus disesuaikan dengan perhitungan biaya penyerapan penuh atau variabel mempertimbangkan produk yang diproduksi perusahaan.

Contoh perhitungan biaya overhead pabrik terjadi pada PT Rafinternet yang menganggarkan BOP dibebankan sebesar Rp 88.000.000. PT Rafinternet menetapkan dasar perhitungan biaya overhead pabrik sesungguhnya adalah jam mesin dan satuan hasil produksi. Bagaimana langkah perhitungan BOP aktualnya?

Cara Menghitung BOP Berdasarkan Jam Mesin dan Hasil Produksi

Langkah-langkah menghitung biaya produksi diantaranya mempertimbangkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan overhead pabrik. Bagi perusahaan manufaktur, bop berguna untuk membantu alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi yang tidak berhubungan dengan aktiva perusahan.

Bagaimana cara menghitung biaya overhead pabrik berdasarkan jam mesin hanya dilakukan dengan membandingkan antara anggaran BOP dibebankan dengan jam mesin yang digunakan. Maka, Rp 88.000.000 dibagi dengan jam mesin yaitu 50.000 jam maka didapatkan BOP per unit yaitu Rp 1760.

Penentuan dasar pembebanan bop harus menyesuaikan kewajaran penggunaan sumber daya perusahaan. Akuntansi biaya memperbolehkan perusahaan menentukan dasar tarif bop yang diinginkan menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan manufaktur tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Biaya Pokok Produksi 2 Departemen

Demikian cara menghitung dasar biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan semoga dapat membantu mengerjakan soal essay dan pilihan ganda tentang sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan. Apabila ada pertanyaan dapat disampaikan dikolom komentar.

0 Response to "Dasar dan Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel