Contoh Perhitungan Metode Goodwill Masuknya Anggota Sekutu Baru

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan metode goodwill masuknya anggota sekutu baru mengakibatkan perubahan terhadap komposisi modal perusahaan. Pembubaran dan likuidasi persekutuan dapat terjadi karena akta pendirian yang tidak sesuai dengan karakteristik firma pada periode tersebut.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan diakibatkan adanya anggota sekutu lama yang keluar dan masuknya anggota sekutu baru. Pemilik modal yang berbeda dengan akta pendirian mengakibatkan akuntan menggunakan metode goodwill dan metode bonus.

Metode yang digunakan untuk mencatat masuknya anggota sekutu baru dapat dilakukan sebagai upaya sekutu lama mempertahankan haknya. Perbedaan metode bonus dan metode goodwill adalah perubahan modal sekutu lama yang diakibatkan tambahan sekutu baru atau sekutu lama meninggal dunia.

Contoh Perhitungan Metode Goodwill Masuknya Anggota Sekutu Baru


Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dilakukan sebagai upaya firma mempertahankan hak anggota sekutu lama. Apa penyebab perubahan pemilikan persekutuan adalah pembubaran yang diakibatkan adanya perjanjian persekutuan, undang-undang yang berlaku bahkan putusan pengadilan.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan berisi tentang materi pendirian persekutuan, pembubaran dan likuidasi firma bahkan perubahan persentase pembagian laba rugi. Likuidasi akibat perubahan pemilik dapat terjadi karena firma menginginkan memperoleh tambahan modal untuk laba ditahannya.

Soal dan jawaban persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi bagian dari perubahan pemilikan firma. Pembubaran persekutuan adalah tindakan anggota sekutu untuk mengganti nama atau pemilik modal dengan mendirikan firma baru bersamaan dengan perubahan akta pendiriannya.

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Estimasi dan Kebijakan Akuntansi

Contoh Soal Penerimaan Anggota Persekutuan

Contoh soal penerimaan anggota persekutuan terjadi ketika sekutu baru masuk ke firma dalam rangka memperoleh laba. Firma yang mendapatkan keuntungan setiap periode akan menarik minat investor agar menambah kekayaan sehingga harta bertambah dan laba tahun berjalan yang diperoleh juga bertambah.

Contoh soal dan jawaban penerimaan anggota persekutuan dapat dilakukan sebagai upaya sekutu memperoleh tambahan modal dalam menjalankan kegiatan usahanya. Neraca saldo awal persekutuan hendaknya menyesuaikan dengan persamaan dasar akuntansi yang diperuntukan untuk menghitung pajak penghasilan.

Penerimaan anggota sekutu baru harus mematuhi kebijakan akuntansi yang diterapkan diperusahaan. Mengapa persekutuan menggunakan metode bonus dan metode goodwill dalam masuknya anggota sekutu baru karena timbulnya sekutu baru memiliki nilai lebih atau nilai kurang dari sekutu yang telah bergabung.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Cadangan Kerugian Piutang

Cara Menghitung Goodwil dan Bonus untuk Sekutu Firma

Cara menghitung goodwill dan bonus untuk sekutu firma dapat dilakukan sebagai upaya mendistribusikan persentase pembagian laba rugi persekutuan. Pembubaran firma akibat perubahan pemilik sering terjadi karena ketidakcocokan dengan bisnis atau usaha mengalami kerugian.

Contoh perhitungan bonus dan goodwill untuk sekutu baru dan sekutu lama bergantung pada kebijakan akuntasi yang diterapkan diperusahaan. Akuntansi keuangan lanjutan 1 difokuskan menjadi pencatatan yang dilakukan pada berbagai sektor bisnis terutama berkaitan dengan pembayaran pajak masa dan pajak tahunan.

Cara menghitung pembagian laba rugi persekutuan bergantung pada modal yang telah ditanamkan di firma. Pada Firma Anugerah yang dimiliki oleh stafakuntan dan manajerakuntan dengan modal sebesar Rp 523.000.000 dengan perbandingan 4:7. Apabila sekutu baru masuk ke perusahaan dengan menyetorkan mobil seharga Rp 200.000.000 dan akan memperoleh 32% hak modal.

Bagaimana cara mencatat transaksi masuknya anggota sekutu baru tentu memerlukan mekanisme perhitungan bonus dan goodwill yang diperoleh sekutu lama. Adapun cara menentukan adanya goodwill dan bonus bagi sekutu lama adalah:

Jumlah Modal Firma
- Dekraffi Rp 190.181.818
- Mbakraffi Rp 332.818.182
- Sekutu Baru Rp 200.000.000
Jumlah Modal Firma Baru Rp 723.000.000
Hak Sekutu Baru Rp 231.360.000
Nilai lebih Rp 31.360.000

Ayar jurnal transaksi yang dibuat oleh perusahaan sebagai akibat adanya sekutu baru masuk ke persekutuana adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
21/01/2021Kas Rp 200.000.000
Goodwill Rp 31.360.000
Modal Sekutu baru Rp 231.360.000

Demikian contoh perhitungan metode goodwill masuknya anggota sekutu baru dalam firma semoga dapat membantu akuntan dalam memahami materi persekutuan akuntansi keuangan lanjutan.

0 Response to "Contoh Perhitungan Metode Goodwill Masuknya Anggota Sekutu Baru"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel