Contoh Soal Perhitungan Utang Wesel Berbunga dan Wesel Tanpa Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tanpa bunga menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Pengertian wesel menurut para ahli adalah sebuah surat yang menunjukkan bahwa perusahaan mampu melakukan pengembalian kas dan setara kas dalam waktu yang disepakati dengan memberikan bunga tertentu.

Contoh jurnal penyesuaian wesel tagih dan wesel bayar tentunya membutuhkan informasi tentang bagaimana perusahaan dapat membayar liabilitas jangka pendek. Wesel bayar dan wesel tagih menjadi pendapatan dan beban yang harus diakui dalam satu periode akuntansi sebab adanya bukti transaksi yang valid.

Contoh soal pendiskontoan wesel tagih dan wesel bayar adalah proses dimana perusahaan menjual wesel yang diterima sebelum masa jatuh temponya selesai. Contoh liabilitas jangka pendek yang harus dilunasi diantaranya hutang wesel, hutang pajak, hutang gaji dan pendapatan diterima dimuka.

Contoh Soal Perhitungan Utang Wesel Berbunga dan Wesel Tanpa Bunga


Perbedaan Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Perbedaan wesel berbunga dan wesel tidak berbunga tentunya berkaitan dengan perolehan pendapatan pada akhir jatuh tempo pembayaran. Wesel tidak berbunga menurut para ahli adalah wesel yang tidak menyebutkan secara implisit tingkat bunga yang dikenakan kepada perusahaan. Tetapi, perusahaan tetap akan dikenakan pembayaran yang lebih besar dari nilai nominal wesel bayar tersebut.

Perbedaan wesel tidak berbunga dan wesel berbunga adalah pengakuan pada saat pencatatan transaksi di awal penerbitan wesel tersebut. Jurnal penyesuaian wesel berbunga akan diberikan setiap kali periode pembayaran dilakukan. Jurnal penerbitan wesel tidak berbunga akan mengakui beban bunga pada awal transaksi dilakukan.

Perbedaan wesel berbunga dan wesel tidak berbunga pada dasarnya bergantung pada langkah perusahaan membebankan bunga yang terjadi sebab adanya pembayaran hutang dengan wesel tagih atau wesel bayar. Liabilitas jangka pendek adalah kewajiban perusahaan mengembalikan manfaat ekonomis yang telah digunakan dari lawan transaksi.

Baca Juga: Sanksi Tidak Melapor SPT Masa PPN 1111

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya akan berkaitan dengan jurnal penyerahan wesel, jurnal penyesuaian beban bunga pada akhir periode dan jurnal pelunasan hutang wesel. Wesel mortgage adalah wesel yang memberikan jaminan properti apabila terjadi kegagalan pembayaran bunga pada tanggal jatuh tempo.

Contoh soal wesel tidak berbunga dan pembahasannya tentu melibatkan adanya pengakuan adanya beban bunga. Apabila pada akhir periode beban bunga wesel belum dibayarkan maka dapat diamortisasikan sesuai dengan umur periode dengan mengikuti prinsip konservatisme.

Hutang wesel adalah pembayaran hutang yang telah jatuh tempo dengan menggunakan wesel bayar sehingga dapat memperpanjang masa jatuh tempo pembayaran tagihan. Wesel tidak berbunga biasanya tidak menyebutkan bunga yang dibebankan ke perusahaan, tetapi langsung menyebutkan jumlah yang harus dibayarkan pada akhir jatuh temponya.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Peristiwa Setelah Tanggal Neraca

Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Contoh soal liabilitas jangka pendek dan jawabannya biasanya akan berkaitan dengan hutang wesel, hutang pajak, pendapatan diterima dimuka dan hutang gaji. Pembayaran hutang yang akan dilakukan dalam jangka waktu kurang dari satu periode maka dianggap sebagai kewajiban jangka pendek.

Contoh soal kewajiban jangka pendek akuntansi keuangan menengah telah terjadi pada PT Rafinternet menyerahkan wesel bayar sebesar Rp 75.000.000 dengan bunga 6% sebagai pembayaran atas transaksi penjualan kredit. Apabila jangka waktu wesel tersebut adalah 5 bulan, sementara bulan ke 3 menjadi akhir periode akuntansi. Bagaimana cara menghitung beban bunga yang harus dibayarkan?

Jurnal Pembayaran Hutang Usaha Dengan Wesel Bayar

Jurnal pembayaran hutang usaha dengan wesel bayar akan terjadi ketika akhir termin pembayaran debitur tidak bisa membayar hutangnya sehingga mengeluarkan wesel bayar. Adapun jurnal pembayaran hutang usaha dengan wesel adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/10/2020Hutang Usaha Rp 75.000.000
Hutang Wesel Rp 75.000.000

Jurnal Penyesuaian Beban Bunga Wesel Pada Akhir Periode

Jurnal penyesuaian beban bunga wesel pada akhir periode akan terjadi ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan pembayaran bunga bersamaan dengan pembayaran hutang wesel. Berdasarkan prinsip konservatisme yang memperbolehkan perusahaan mengakui beban yang belum terjadi tapi dapat diukur dengan handal.

Jurnal penyesuaian wesel bayar diperlukan pada akhir periode agar sesuai dengan prinsip matching cost againt revenue. Adapun jurnal penyesuaian beban bunga adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Bunga Rp 1.125.000
Hutang Bunga Wesel Rp 1.125.000

Jurnal Pelunasan Wesel Bayar dan Wesel Tagih Saat Jatuh Tempo

Jurnal pelunasan wesel bayar dan wesel tagih saat jatuh tempo menjadi kewajiban yang harus dipertimbangkan sebab perusahaan diharapkan telah mampu membayar tagihan dan bunga yang telah dijanjikan. Prinsip nilai waktu dan uang mengakui adanya kenyataan bahwa nilai uang sekarang lebih kecil daripada nilai uang masa mendatang.

Jurnal pelunasan wesel bayar dan wesel tagih bergantung pada wesel berbunga dan wesel tidak berbunga yang telah diakui perusahaan. Apabila pelunasan wesel berbunga, maka jurnal pelunasannya sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/01/2021Hutang Bunga Wesel Rp 1.125.000
Beban Bunga Rp 750.000
Hutang Wesel Rp 75.000.000
Kas Rp 76.875.000

Baca Juga: Contoh Soal Nilai Nominal Obligasi dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan utang wesel berbunga dan wesel tanpa bunga semoga dapat membantu menentukan bagaimana proses pembayaran wesel tagih dan wesel bayar.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Utang Wesel Berbunga dan Wesel Tanpa Bunga"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel