Peristiwa Setelah Tanggal Laporan Posisi Keuangan

Konten [Tampil]

Peristiwa setelah tanggal laporan keuangan disebut subsequent event. Prosedur untuk melakukan review kejadian-kejadian setelah tanggal neraca dapat dilakukan agar menyesuaikan dengan tujuan pemeriksaan dan audit prosedur pemeriksaan subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan.

Apa yang dimaksud dengan peristiwa setelah tanggal neraca adalah kejadian-kejadian yang berkaitan dengan penggunaan kas dan setara kas untuk membiayai kinerja perusahaan. Tanggungjawab auditor terhadap subsequent event tentunya memastikan bahwa pendapatan dan beban tahun berjalan telah dicatat oleh perusahaan.

Pertanyaan pemeriksaan subsequent events dan penyelesaian pemeriksaan tentunya dapat disesuaikan dengan materi seperti sifat dan contoh subsequent events. Contoh kasus subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan menjadi tujuan akhir sebelum auditor memberikan opini audit terhadap laporan keuangan klien.

Peristiwa Setelah Tanggal Laporan Posisi Keuangan


Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca atau Laporan Posisi Keuangan

Apa yang dimaksud dengan peristiwa setelah tanggal neraca atau laporan posisi keuangan adalah kejadian-kejadian yang mempengaruhi transaksi perusahaan terutama bagian penerimaan kas dan pembayaan kas. Dampak subsequent event terhadap opini audit harus dibandingkan dengan penggunaan prinsip keberlangsungan usaha (Going Concern).

Subsequent events adalah transaksi yang dilakukan perusahaan setelah berakhirnya periode laporan keuangan tetapi laporan audit independen diberikan oleh akuntan publik. Peristiwa setelah tanggal laporan posisi keuangan dapat mengakibatkan keuntungan dan kerugian di perusahaan terutama bagian penerimaan kas dan pembayaran kas.

Contoh soal peristiwa setelah periode pelaporan menjadikan akuntan publik harus jeli untuk memisahkan kejadian yang memerlukan jurnal penyesuaian atau tidak. Prosedur untuk melakukan review kejadian-kejadian setelah tanggal neraca mencegah adanya indikasi perusahan melakukan kecurangan seperti manajemen laba atau windows dressing.

Baca Juga: Apakah Tanggal Invoice, Faktur Pajak dan Surat Jalan Harus Sama

Tanggungjawab Auditor Terhadap Subsequent Event

Tanggungjawab auditor terhadap subsequent event tentunya harus mempertimbangkan apakah transaksi yang terjadi mempengaruhi laporan keuangan tahun berjalan. Contoh peristiwa setelah tanggal neraca yang mempengaruhi laporan posisi keuangan tahun berjalan adanya adalah klien didapati mengalami kerugian sehingga dianggap tidak mampu melakukan pembayaran atas sisa hutang di perusahaan.

Tanggungjawab auditor terhadap subsequent event dikaitan dengan prosedur audit dan tujuan pemeriksaan subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan. Perbedaan subsequent payment dan subsequent collection tentunya berkaitan dengan penerimaan kas dan pengeluarkan kas sebagai pembayaran atas transaksi di perusahaan.

Subsequent payment adalah transaksi pembayaran yang dilakukan perusahaan atas tagihan pembelian barang dagang atau jasa setelah berakhirnya laporan keuangan tahunan perusahaan. Subsequent collection adalah transaksi penerimaan kas setelah tanggal laporan posisi keuangan dan biasanya tidak memerlukan jurnal penyesuaian karena tidak mempengaruhi laporan keuangan tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Contoh Soal Peristiwa Setelah Periode Pelaporan Keuangan

Contoh soal peristiwa setelah periode pelaporan keuangan memberikan informasi bahwa perusahaan menggunakan prinsip keberlangsungan usaha. Perusahaan harus menyusun laporan keuangan berdasarkan prinsip going concern apabila tidak ditemukan adanya indikasi bangkut atau melakukan likuidasi.

Contoh kasus peristiwa setelah tanggal neraca akan berdampak pada pemberikan opini audit laporan keuangan. Tanggungjawab auditor terhadap subsequent event diantaranya mempertimbangkan kejadian sebelum diotorisasinya laporan keuangan untuk terbit dengan menggunakan prinsip keberlangsungan usaha.

Contoh soal peristiwa setelah periode pelaporan keuangan menjadikan akuntan publik harus teliti dalam mempertimbangkan kejadian yang memerlukan penyesuaian atas transaksi yang berlangsung diperiode selanjutnya. Peristiwa kemudian adalah transaksi yang dilakukan sebelum klien memberikan surat pernyataan berlangganan kepada auditor sebagai tanggungjawab dalam pembuatan laporan keuangan.

Baca Juga: Komponen Laba Rugi Yang Perlu Diperhatikan dalam Pemeriksaan

Demikianlah peristiwa setelah tanggal laporan keuangan semoga dapat membantu proses penyesuaian atas transaksi yang telah dilakukan pada tahun berikutnya 

0 Response to "Peristiwa Setelah Tanggal Laporan Posisi Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel