Contoh Soal Nilai Nominal Obligasi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal nilai obligasi dan jawabannya tentunya bergantung pada bunga dan jumlah periode pembayaran obligasi jangka panjang. Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercantum dalam surat hutang yang diberisikan jangka waktu pelunasan dan tingkat bunga yang akan diberikan oleh perubahaan penerbit.

Contoh soal akuntansi keuangan menengah 2 tentang obligasi biasanya berkaitan penjualan, pelunasan, penentuan nilai nominal dan pembayaran bunga setiap periodenya. Penjualan obligasi dengan premi dan diskon menjadi hal yang wajar sebab adanya perbedaan antara tingkat bunga pasar dan bunga obligasi yang ditawarkan.

Contoh soal obligasi yang diterbitkan diantara tanggal bunga biasanya akan terjadi ketika perusahaan telah menerbitkan obligasi tetapi belum terjadi penjualan untuk beberapa periode dimasa depan. Penerbitan obligasi perusahaan akan diserahkan kepada perusahaan penjamin emisi atau underwriter agar dilakukan penjualan kepada masyarakat. Setiap pemegang obligasi akan mendapatkan sertifikat obligasi sebagai tanda perusahaan telah berhutang kepada pemilik obligasi tersebut.

Contoh Soal Nilai Nominal Obligasi dan Jawabannya


Pertanyaan Pilihan Ganda Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Pertanyaan pilihan ganda obligasi jangka panjang dan jawabannya akan memungkinkan seorang pemilik obligasi menjual obligasi sebelum masa jatuh temponya berakhir. Tingkat bunga pasar adalah tingkat bunga yang diminta oleh pemegang obligasi agar mau meminjamkan dana yang dimiliki ke perusahaan.

Contoh soal pilihan ganda obligasi jangka panjang dan jawabannya akan diawali dengan proses penerbitan sertifikat obligasi. Jenis obligasi terdiri dari obligasi atas nama dan obligasi atas unjuk. Pemegang obligasi atas nama tetap akan memperoleh pendapatan bunga walaupun serifikat obligasnya hilang, akan tetapi tidak mudah untuk dipindahtangankan ke orang lain.

Contoh soal pilihan ganda kewajiban jangka panjang akuntansi keuangan menengah biasanya berkaitan dengan hutang wesel dan hutang obligasi. Penentuan tingkat bunga pasar melibatkan prinsip time value money artinya nilai uang sekarang berbeda dengan nilai uang dimasa depan.

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Perbedaan Premi Obligasi dan Diskonto Obligasi

Perbedaan premi obligasi dan diskonto obligasi melibatkan adanya tingkat bunga pasar yang berlaku. Pemegang obligasi tentunya tidak mau membeli surat hutang apabila tidak terdapat keuntungan dari pembeliant tersebut. Amortisasi adalah cara untuk mengalokasikan suatu beban dalam beberapa periode yang dikehendaki oleh perusahaan.

Premium obligasi adalah penjualan obligasi yang miliki tingkat bunga pasar lebih rendah daripada tingkat bunga nominal. Artinya, jumlah bunga yang diberikan dipasar lebih rendah daripada jumlah bunga yang tercantum pada sertifikat obligasi yang telah diterbitkan.

Diskonto obligasi adalah penjualan obligasi yang memiliki tingkat bunga pasar lebih tinggi daripada tingkat bunga nominal. Perusahaan akan menanggung sejumlah beban bunga yang lebih besar daripada yang seharusnya dibayarkan sebab bunga pasar yang lebih tinggi menghasilkan uang bagi pemodal.

Baca Juga: Komponen Laba Rugi Yang Perlu Diperhatikan Ketika Audit

Contoh Soal Nilai Obligasi dan Jawabannya

Contoh soal nilai obligasi dan jawabannya akan memperlihatkan kemungkinan adanya penjualan obligasi yang tidak sesuai nilai nominalnya. Adanya tingkat bunga pasar yang berbeda dengan bunga berjalan membuat perusahaan mengalami adanya premi obligasi dan diskonto obligasi.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang menerbitkan obligasi sebesar Rp 6.000.000 pada tanggal 1 januari 2020. Apabila bunga obligasi yang ditawarkan adalah 9%, tetapi bunga pasar yang berlaku adalah 6% dengan masa jatuh tempo 3 tahun dan pembayaran bunga setahun sekali.

Cara menghitung nilai nominal obligasi harus mempertimbangkan nilai sekarang dari nilai nominal dan nilai sekarang dari pembayaran kupon. Adapun rumus nilai nominal obligasi dan rumus pembayaran kupon obligasi sebagai berikut.

Rumus Harga Jual Obligasi = (Nilai nominal x 1 (1+tingkatbungapasar)^periode)+(Nilai kupon x (1-((1+tingkatbungapasar^-periode)/1).
Harga jual obligasi = Rp 5.037.715 + Rp 2.753.700
Harga jual obligasi = Rp 7.791.415

Jurnal penjualan obligasi dengan premi sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2020Kas Rp 7.791.415
Hutang Obligasi Rp 6.000.000
Premi Obligasi Rp 1.791.415

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Demikian contoh soal nilai obligasi dan jawabannya semoga dapat mempertimbangkan bagaimana mendapatkan dana selain dari kewajiban jangka panjang.

0 Response to "Contoh Soal Nilai Nominal Obligasi dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel