Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan perkiraan laba rugi menjadikan akuntan publik dapat mengetahui jumlah laba tahun berjalan yang dikenakan pajak penghasilan badan. Pertanyaan pemeriksaan tentang perkiraan laba rugi berkaitan dengan beban pokok penjualan, keuntungan, biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi.

Contoh kasus pemeriksaan perkiraan laba rugi dimulai dengan pemahaman terhadap pengendalian internal perusahaan. Sistem pengendalian internal perkiraan laba rugi dapat dicegah dengan menggunakan dokumen bernomor urut tercetak dan setiap adanya transaksi harus diotorisasi oleh pejabat perusahaan yang berwenang.

Pertanyaan pemeriksaan tentang akun laba rugi seharusnya dilakukan dengan mempertimbangkan prinsip konservatisme dan perbandingan antara pendapatan dan beban pada periode yang sama. Akuntan publik diwajibkan dapat mencegah terjadinya masalah manajemen laba yang dilakukan dalam rangka mendapatkan kenaikan laba tahun berjalan.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi


Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Laba Rugi

Seberapa penting pemeriksaan atas perkiraan laba rugi tentunya akan berkaitan dengan proses pembayaran pajak penghasilan badan setiap tahunnya. Contoh kasus pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dimulai dengan mempertimbangkan penggunaan prinsip konservatime dan prinsip matching revenue againt cost.

Seberapa penting pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat berjalan dengan menggunakan adanya otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang. Setiap adanya pemeriksaan laba rugi harus diketahui jumlah dividen kas, dividen saham dan dividen property yang diberikan kepada para pemegang saham pada akhir tahun.

Seberapa penting pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan penghasilan tahun berjalan. Pertanyaan tentang pemeriksaan atas perkiraan laba rugi menjadi hal yang wajib dilakukan ketika mengeluarkan internal control questionnaires.

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pemeriksaan Atas Laba Rugi dan Alasan Pentingnya Audit Laba Rugi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan atas laba rugi dan alasan pentingnya audit laba rugi tentu berkaitan dengan penilaian kinerja perusahaan dalam tahun berjalan. Adanya laba tahun berjalan mengakibatkan adanya jumlah pajak penghasilan badan yang wajib disetorkan pada akhir bulan ke empat.

Contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi memungkinkan auditor mendapatkan jumlah pajak penghasilan badan yang terutang. Adanya penggunaan sistem informasi akuntansi berguna untuk menentukan gaji karyawan yang terutang pajak penghasilan pasal 21.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dilakukan sebelum akuntan publik mengevaluasi pengendalian internal yang ada diperusahaan. Kapan audit dilakukan? Audit dilakukan pada akhir periode pelaporan keuangan sampai akhir masa pekerjaan lapangan auditor.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas / Modal Pemegang Saham

Contoh Soal Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Contoh soal pemeriksaan atas perkiraan laba rugi menjadikan akuntan publik harus mendapatkan bukti audit yang tepat. Pada dasarnya pemeriksaan atas laba rugi telah dilakukan ketika memeriksa pos laporan keuangan berkaitan dengan neraca kerja perusahaan. Aktivitas audit dimulai dengan membuat perencanaan audit, audit prosedur dan audit tehnik.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat terjadi pada akhir periode laporan keuangan. Apa alasan perlu dilakukannya audit atas perkiraan laba rugi tentunya menyangkut pajak penghasilan yang harus dibayarkan pada akhir periode pelaporan keuangan.

Contoh kasus pemeriksaan tentang akun laba rugi terjadi pada PT Masraffi yang memiliki keuntungan setelah pajak adalah Rp 90.250.000. Apabila berdasarkan pemeriksaan auditor berhasil menemukan temuan audit sebesar Rp 4.750.000 menjadi pendapatan tahun berikutnya telah diakui tahun berjalan untuk meningkatkan laba. Oleh karena itu, akuntan publik dapat memberikan jurnal penyesuaian sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/20Laba DitahanRp 4.750.000
KasRp 4.750.000

Baca Juga: Apakah Tanggal Faktur, Surat Jalan, Invoice Harus Sama?

Demikianlah contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan perkiraan laba rugi semoga akuntan publik dapat menemukan temuan audit yang membantu proses mengevaluasi pengendalian internal yang ada diperusahaan

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel