Apakah Tanggal Invoice, Faktur Pajak, Surat Jalan Harus Sama?

Konten [Tampil]

Tanggal invoice dan faktur pajak harus sama dengan surat jalan karena batas waktu pembuatan faktur pajak adalah saat penyerahan barang kena pajak atau jasa kena pajak. Nilai invoice dan nilai faktur pajak berbeda seharusnya pelanggan mengajukan permintaan revisi faktur pajak sebelum spt masa ppn dilaporkan oleh PKP penjual.

Tanggal surat jalan berbeda dengan faktur pajak tentunya dapat terjadi ketika pengusaha kena pajak penjual kehabisan nomor seri faktur pajak. Hubungan invoice dengan faktur pajak adalah tanggal pembuatan dan nilai dasar pengenaan pajak yang harus dipungut oleh pengusaha kena pajak penjual.

Hubungan tanggal invoice, tanggal faktur pajak dan tanggal surat jalan adalah proses penentuan kapan waktu diharuskannya diterbitkan faktur pajak normal dan faktur pajak pengganti. Apabila tanggal faktur pajak lebih kecil dari tanggal surat jalan, maka PKP penjual dianggap telah melakukan transaksi fiktif dan melaporkan adanya faktur pajak tidak lengkap.

Apakah Tanggal Invoice, Faktur Pajak, Surat Jalan Harus Sama?


Tanggal Invoice dan Faktur Pajak Harus Sama dengan Surat Jalan

Tanggal invoice dan faktur pajak harus sama dengan surat jalan dapat menjadi dasar pembuatan faktur pajak. Penentuan kapan harus dipungut dan dibuatkan faktur pajak menjadi pedoman dalam proses pemungutan pajak pertambahan nilai kepada konsumen akhir.

Tanggal invoice dan faktur pajak harus sama dengan surat jalan seharusnya dilakukan untuk memastikan tidak adanya kerancuan data yang dioleh oleh akuntan perusahaan. Hubungan invoice dengan faktur pajak adalah nilai dasar pengenaan pajak dan jumlah kuantitas barang yang dijual oleh perusahaan kepada konsumen akhir.

Tanggal invoice dan faktur pajak harus sama dengan surat jalan menjadikan akuntan perusahaan tidak boleh kehabisan nomor seri faktur pajak. Cara meminta nomor seri faktur pajak diperlukan terutama ketika perusahaan menghadapi NSFP bukan diperuntukan penjual.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Tanggal Surat Jalan Berbeda Dengan Tanggal Faktur Pajak

Tanggal surat jalan berbeda dengan tanggal faktur pajak dapat terjadi ketika PKP penjual kehabisan nomor seri faktur pajak. Faktur pajak tanggal maju dan faktur pajak tanggal mundur terjadi ketika perusahaan melakukan revisi atas faktur pajak yang telah diberikan kepada pelanggan perusahaan.

Tanggal surat jalan berbeda dengan tanggal faktur pajak misalnya tanggal surat jalan adalah 13 Desember tetapi tanggal faktur pajak 18 Desember. Ini diperkenankan karena masih berada dalam masa pajak yang sama dengan tanggal penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak.

Tanggal surat jalan berbeda dengan tanggal invoice tentunya dikarenakan pengakuan adanya penjualan di perusahaan. Perusahaan sebaiknya mencatat penjualan pada saat yang sama ketika barang keluar dari gudang penjual. Tanggal faktur adalah tanggal dimana terjadi pemungutan pajak pertambahan nilai atas barang yang diperjualbelikan di daerah pabean.

Baca Juga: Solusi Tanggal Faktur Lebih Kecil Dari Tanggal Permintaan NSFP

Hubungan Invoice Dengan Faktur Pajak

Hubungan invoice dengan faktur pajak adalah nilai yang dicantumkan dalam tagihan yang dikirimkan kepada konsumen dijadikan sebagai dasar pengenaan pajak yang harus dipungutkan pajak pertambahan nilai. Nilai invoice dan nilai faktur pajak berbeda tidak tentunya terjadi sebab nilai pajak pertambahan nilai hanyalah sebesar 10% dari dasar pengenaan pajak yang dipungut oleh perusahaan.

Hubungan invoice dengan faktur pajak adalah tanggal invoice dijadikan sebagai tanggal faktur pajak. Tanggal faktur pajak adalah tanggal dimana perusahaan telah menyerahkan barang kena pajak dan jasa kena pajak ke konsumen akhir. Faktur pajak tanggal maju sering terjadi karena adanya kehabisan nomor seri faktur pajak sehingga tidak dapat menerbitkan faktur pajak keluaran.

Hubungan invoice, surat jalan dan faktur pajak adalah dasar untuk pemungutan pajak pertambahan nilai kepada konsumen akhir. Apakah tanggal faktur pajak harus sama dengan tanggal invoice tentunya batas penyerahan barang kena pajaklah yang menjadi tanggal faktur pajak.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Beban Dibayar Dimuka

Demikianlah tanggal invoice, tanggal faktur pajak dan tanggal surat jalan semoga dapat membantu proses permintaan nomor seri faktur pajak.

0 Response to "Apakah Tanggal Invoice, Faktur Pajak, Surat Jalan Harus Sama?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel